Workshop Penulisan Soal HOTS

K3MIM Wonosobo gelar workshop penulisan soal HOTS yang diikuti oleh seluruh madrasah/ sekolah dasar Muhammadiyah se-Kabupaten Wonosobo pada 16 sd 18 Januari 2020 yang bertempat di MI Muhammadiyah Kertek Wonosobo.
Workshop penulisan soal hots sekolah dasar
workshop penulisan soal HOTS
Kegiatan worksop dibuka oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Wonosobo, diteruskan dengan kegiatan yang telah disusun oleh panitia workshop dengan jumlah peserta 90 orang guru perwakilan dari SD/MI Muhammadiyah dan Rifa'iyah se-Kabupaten Wonosobo.
Materi workshop penulisan soal ujian HOTS lebih spesifik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, Matematika dan Pendidikan Agama Islam (PAI).
presentasi penulisan soal hots
Presentasi oleh Bapak Yuwono 
"Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan soal yang jawabanya berupa analisis atau menghubungkan informasi 1 dengan informasi yang lain" tutur Bapak Yuwono selaku pemateri pada bidang matematika.

Soal HOTS juga mempunyai 6 level kesulitan, diantaranya

  • Soal tentang mengingat
  • Soal tentang pemahaman
  • Soal tentang mengaplikasikan
  • Soal tentang menganalisis
  • Soal tentang mengevaluasi
  • Soal tentang mengkreasi
Inti dari soal HOTS adalah soal yang dihubungkan dengan permasalahan yang ada real disekitar kita, dilingkungan kita yang biasa kita jalani dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan dari diadakanya workshop penulisan soal HOTS ini supaya semua guru yang ada dilingkungan sekolah Muhammadiyah Kabupaten Wonosobo mampu dalam membuat soal yang berkualitas secara mandiri, tidak tergantung dari orang lain.

Akhir dari kegiatan ini adalah peserta worksop membuat soal HOTS yang kemudian dikumpulkan dan dikelompokan yang kemudian di distribusikan ke masing-masing sekolah.

Semoga kualitas pendidikan di Indonesia dapat maju dan berkembang pesat, sepesat kemajuan teknologi dunia tanpa meninggalkan etos kejujuran, kesopanan dan etika.