RPP Kelas 3 Tema 1 Subtema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

RPP Kelas 3 Tema 1 Subtema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
Pembelajaran 1 sampai 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan   

Kelas/Semester            :  III/1

Tema                           : 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup/

Subtema                      : 2  .Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Pembelajaran              : 1

Alokasi waktu             : 3 x 30 menit

Kompetensi Dasar      :

Matematika

Bahasa Indonesia

3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada

bilangan cacah.

3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang

konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup),pertumbuhan, dan perkembangan

makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

4.1Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

4.1 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan

(makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan

setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.

 

A.    Tujuan Pembelajaran

1.      Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi perbedaan pertumbuhan dan perkembangan dengan tepat.

2.      Setelah membaca, siswa dapat menjelaskan perbedaan pertumbuhan dan                                                               perkembangan dengan tepat.

3.      Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi pertumbuhan dan perkembangan dirinya dengan tepat.

4.      Setelah mengamati, siswa dapat menuliskan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan dirinya dengan tepat.

5.      Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dengan benar.

6.      Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari terkait penjumlahan dengan benar

B.  .Langkah Kegiatan

·         Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari dan siwa menyiapkan peralatan belajarnya

·         Siswa mengamati gambar tentang pertumbuhan dan perkembangan manusia.

·         Siswa membaca teks yang ada pada Buku Siswa dan membaca bacaan di bawahnya

·         Siswa melakukan wawancara kepada orang tua tentang pertumbuhan dan perkembangan

·         Siswa mengingat kembali cara penyelesaian soal penjumlahan.

·         Siswa mengamati penjelasan tentang cara penyelesaian soal penjumlahan dengan nilai bilangan ribuan.

·         Siswa dikenalkan dengan cara penjumlahan dengan teknik menyimpan.

·         Siswa diberi tugas mengerjakan soal latihan pada buku tugas

·         Siswa menyimak motivasi yang diberikan guru

·         Siswa mengakhiri pelajaran jarak jauhnya setelah menyelelesaikan semua tugasnya  dan mengemasi peralatan belajarnya

 

C.  Penilaian:

a.       Penilaian Sikap                          : Lembar Observasi

b.      Penilaian Pengetahuan              : Tes

c.       Penilaian Keterampilan             : Unjuk Kerja

d.      Bentuk Instrumen Penilaian      : Terlampir


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan   

Kelas/Semester            :  III/1

Tema                           : 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup/

Subtema                      :  2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Pembelajaran              : 2

Alokasi waktu             : 3 x 30 menit

Kompetensi Dasar      :

PPKN

PJOK

3.1 Memahami arti gambar

pada lambang negara

“Garuda Pancasila”.

 

3.1 Memahami kombinasi

gerak dasar lokomotor

sesuai dengan konsep

tubuh, ruang, usaha, dan

keterhubungan dalam

berbagai bentuk permainan

sederhana dan atau

tradisional.

4.1 Menceritakan arti gambar

pada lambang negara

“Garuda Pancasila”.

4.1 Mempraktikkan kombinasi

gerak dasar lokomotor

sesuai dengan konsep

tubuh, ruang, usaha, dan

keterhubungan dalam

berbagai bentuk permainan

sederhana dan atau

tradisional.

 

D.    Tujuan Pembelajaran

1.      Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi gerakan

merangkak dan berlari melalui permainan sederhana dengan benar.

2.      Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan merangkak dan berlari melalui permainan sederhana dengan benar.

3.      Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan manfaat bersatu dalam keberagaman di sekolah

4.      Setelah mengamati gambar, siswa dapat menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan di sekolah.

E.     Langkah Kegiatan

·         Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari dan siwa menyiapkan peralatan belajarnya

·         Siswa diajak bermain adu kecepatan berjalan merangkak dan berlari.

·         Siswa membaca teks tentang “Menghargai Perbedaan”.

·         Siswa berlatih menuliskan pendapatnya jika melihat perbedaan yang ada disekitar.

·         Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai pertambahan kekuatan tangan saat bayi dan sesudah besar.

·         Kuat dan lemah tenaga juga digunakan dalam melakukan gerak tangan pada sebuah tarian.

·         Siswa berlatih menunjukkan gerakan tangan sedang mendorong meja.

·         Lalu siswa mencoba menunjukkan gerakan tangan saat memegang kapas.

·         Siswa diberi tugas mengerjakan soal latihan pada buku tugas

·         Siswa menyimak motivasi yang diberikan guru

·         Siswa mengakhiri pelajaran jarak jauhnya setelah menyelelesaikan semua tugasnya  dan mengemasi peralatan belajarnya

 

F.   Penilaian:

e.       Penilaian Sikap                          : Lembar Observasi

f.        Penilaian Pengetahuan              : Tes

g.      Penilaian Keterampilan             : Unjuk Kerja

h.      Bentuk Instrumen Penilaian      : Terlampir

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan   

 Kelas/Semester            :  III/1

Tema                           : 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup/

Subtema                      :  2 .Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Pembelajaran              : 3

Alokasi waktu             : 3 x 30 menit

Kompetensi Dasar      :

Matematika

SBDP

3.1 Menjelaskan sifat-sifat

operasi hitung pada

bilangan cacah.

3.1 Mengetahui dinamika

gerak tari.

 

4.1 Menyelesaikan masalah

yang melibatkan

penggunaan sifat-sifat

operasi hitung pada

bilangan cacah.

 

4.1 Meragakan dinamika gerak

tari.

 

 

G.    Tujuan Pembelajaran

1.      Dengan melakukan kegiatan menari, siswa dapat mengidentifikasi gerak kuat dan lemah tangan dalam suatu tari dengan benar.

2.      Setelah mengamati contoh, siswa dapat memeragakan gerak kuat dan lemah tangan dalam suatu tari dengan percaya diri.

3.      Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi makanan yang baik untuk prose pertumbuhan dan perkembangan dengan tepat.

4.      Setelah membaca, siswa dapat menjelaskan pengaruh makanan pada proses pertumbuhan dan perkembangan dengan tepat.

5.      Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan teknik menyimpan dengan benar.

6.      Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari terkait penjumlahan teknik menyimpan dengan benar.

H.    Langkah Kegiatan

·         Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari dan siwa menyiapkan peralatan belajarnya

·         Siswa mengingat kembali gerakan tari yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

·         siswa diajak mempraktikkan gerakan tari yang digabungkan dengan sebuah nyanyian.

·         Siswa berlatih kembali untuk menyelesaikan soal penjumlahan dengan teknik menyimpan.

·         Siswa diberi tugas mengerjakan soal latihan pada buku tugas

·         Siswa menyimak motivasi yang diberikan guru

·         Siswa mengakhiri pelajaran jarak jauhnya setelah menyelelesaikan semua tugasnya  dan mengemasi peralatan belajarnya

 

I.     Penilaian:

i.        Penilaian Sikap                          : Lembar Observasi

j.        Penilaian Pengetahuan              : Tes

k.      Penilaian Keterampilan             : Unjuk Kerja

l.        Bentuk Instrumen Penilaian      : Terlampir


 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (RPPJJ)

(Disusun Berdasarkan SE Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan       :  

Kelas / Semester          :  3 ( TIGA ) / 1

Tema                          :  1

Sub Tema                   : 2 ( Pertumbuhan dan perkembangan manusia )

Pembelajaran               :  4

AlokasiWaktu               : 1 x Pertemuan (4 x 35 menit)

 

A.    KOMPETENSI DASAR (KD)& INDIKATOR

Bahasa Indonesia  --  Kompetensi Dasar (KD) :

3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri – ciri , kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembanganmahluk hidup yang ada dilingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan eksplorasi lingkungan.

4.4   Menyajikanlaporan tentang konsep ciri – ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembanganmahluk hidup yang ada dilingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif

PPKn--  Kompetensi Dasar (KD) :

1.1   Menerima arti bintang,rantai,pohon beringin,kepala banteng,padi dan kapas pada lambing negara “Garuda Pancasila”sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.1   Bersikap jujur,peduli,kasih saying,sesuai dengan sila sila pancasila dalam lambing Negara

3.1   Memahami arti Gambar pada lambing Negara

 

B.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Setelah membaca, siswa dapat  menjelaskan manfaat  makanan  pada  proses pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan benar.

2.       Setelah membaca, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang hubungan makanan dan kesehatan pada proses pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan tepat.

3.       Setelah   membaca,   siswa   dapat   mengidentifikasi  keberagaman   kebiasaan, kesukaan/hobi individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.

4.       Setalah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan benar.

5.       Setelah  mengamati  contoh,  siswa  dapat  menceritakan  pengalaman  adanya perbedaan  kebiasaan,  kesukaan/hobi  dalam  kehidupan  sehari-hari  di  rumah dengan benar.

 

 

C.    LANGKAH PEMBELAJARAN

Pendahuluan

  Siswa berdoa sebelum belajar

Inti

     Siswa membaca teks yang  ada pada buku.

      Siswa mendiskusikan mengenai  teks. Teks  menjelaskan mengenai pentingnya sarapan dengan makanan sehat sebelum pergi ke sekolah.

     Siswa berlatih menjawab latihan sesuai dengan teks yang  dibacanya.

     Siswa juga mengamati contoh sikap dalam menghadapi perbed

      Siswa menceritakan  makanan  kesukaannya. Mulai     dari   ciri-ciri,   rasa, bentuk, warna, dan alasannya.

 

Penutup

      Guru  dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.

       a.    Apa saja yang  sudah dipelajari pada hari ini?

b.   Bagaimana perasaan setelah melakukan kegiatan bermain kijang dan rusa?

c.   Apa kegiatan yang  paling disukai?

d.   Informasi apa yang  ingin diketahui lebih  lanjut?

e.    Bagaimana cara siswa mendapatkan informasi tersebut?

 

 

      Pertanyaan yang  diajukan guru dapat dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menuliskan jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku  tulis  khusus untuk refleksi.

 

 

D.    PENILAIAN

                     1.    Penilaian Sikap

Observasi selama kegiatan berlangsung (Lihat pedoman penilaian sikap).

2.    Penilaian Pengetahuan

 Menjawab pertanyaan sesuai teks bacaan.

Banyaknya soal sebanyak 7 buah

Nilai = (jawaban benar : 7) × 100

1)   Bermain tarik  tambang

2)   Karena Edo terjatuh

3)   Teman-teman membantu dan menghibur

 

 


 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (RPPJJ)

 (Disusun Berdasarkan SE Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan       :  

Kelas / Semester          :  3 ( TIGA ) / 1

Tema                          :  1

Sub Tema                   : 2 ( Pertumbuhan dan perkembangan manusia )

Pembelajaran               :  5

AlokasiWaktu               : 1 x Pertemuan (4 x 35 menit)

 

A.    KOMPETENSI DASAR (KD)& INDIKATOR

Bahasa Indonesia  --  Kompetensi Dasar (KD) :

3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri – ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup yang ada dilingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan eksplorasi lingkungan.

4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri – ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup yang ada dilingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif

PPKn  ---  Kompetensi Dasar (KD) :

1.1. Menerima arti  bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

2.1   Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan

sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila.

3.1   Memahami arti  gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila.

3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.

3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

4.1   Menceritakan arti  gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila.

4.3 Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.

4.4     Menyajikan bentuk- bentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar

Matematika  ---  Kompetensi Dasar (KD) :

3.1   Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

4.1   Menyelesaikan masalah yang  melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

 

B.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Setelah  membaca,  siswa  dapat  menjelaskan  manfaat  olahraga  pada  proses pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan benar.

2.     Setelah membaca, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang pengaruh olahraga pada proses pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan tepat.

3.     Setelah   membaca,   siswa   dapat   mengidentifikasi  keberagaman   kebiasaan, kesukaan/hobi  olahraga setiap individu dalam kehidupan sehari-hari  di  rumah dengan benar.

4.     Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga setiap individu dalam kehidupan sehari-hari di  sekolah dengan benar.

5.     Setelah  mengamati  contoh,  siswa  dapat  menceritakan  pengalaman  adanya perbedaan kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.

6.     Setelah  mengamati  contoh,  siswa  dapat  menceritakan  pengalaman  adanya perbedaan kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan percaya diri.

7.     Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil pengurangan dengan teknik tanpa meminjam dengan benar.

8.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan soal cerita sehari- hari yang berkaitan dengan pengurangan dengan teknik meminjam dengan benar.

C.    LANGKAH PEMBELAJARAN

Pendahuluan

  Siswa berdoa sebelum belajar

Inti

        Kegiatan dilanjutkan dengan membandingkan perbedaan kesukaan antarteman dan cara menghargai perbedaan.

        Siswa menjawab pertanyaan tentang pentingnya menghargai perbedaan dan manfaat bekerja sama.

        pengurangan tanpa teknik meminjam

 

 

Penutup

  Siswa menyimpan hasil belajarnya pada stopmap.

  Siswa berdoa selesai kegiatan.

 

D.    PENILAIAN

1.    Penilaian Sikap

Observasi selama kegiatan berlangsung (Lihat pedoman penilaian sikap)

 

 

2.    Penilaian Pengetahuan

a.    Menyampaikan pendapat tentang cara menghargai perbedaan.

Banyaknya soal  3 buah.

Nilai = (jawaban benar : 3) × 100

Jawaban sangat beragam sesuai pendapat siswa.

b.   Mengidentifikasi jenis olahraga kesukaan minimal 5 teman.

Nilai maksimal 100.

Nilai = Jumlah benar × 20 = 100

Jawaban bisa beragam sesuai dengan kondisi siswa.

 

 


 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (RPPJJ)

 (Disusun Berdasarkan SE Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan       :  

Kelas / Semester          :  3 ( TIGA ) / 1

Tema                          :  1

Sub Tema                   : 2 ( Pertumbuhan dan perkembangan manusia )

Pembelajaran               :  6

AlokasiWaktu               : 1 x Pertemuan (4 x 35 menit)

 

A.    KOMPETENSI DASAR (KD)& INDIKATOR

Bahasa Indonesia  --  Kompetensi Dasar (KD) :

3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri – ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup yang ada dilingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan eksplorasi lingkungan.

4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri – ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup yang ada dilingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif

Matematika  ---  Kompetensi Dasar (KD) :

3.1 Menjelaskan sifat – sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

4.1Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat – sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

PPKn--  Kompetensi Dasar (KD) :

1.3       Mensyukuri keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

2.3       Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.

3.3       Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.

4.3       Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.

 

B.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.         Setelah mengamati  gambar,  siswa dapat  menjelaskan pentingnya tidur dalam proses pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan benar.

2.         Setelah mengamati gambar, siswa dapat menuliskan cerita tentang kebiasaan yang baik  sebelum tidur dengan benar.

3.         Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman kebiasaan berdoa setiap individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.

4.         Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman kebiasaan berdoa setiap individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan benar.

5.         Setelah  mengamati  contoh,  siswa  dapat  menceritakan  pengalaman  adanya perbedaan kebiasaan berdoa dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.

6.     Setelah  mengamati  contoh,  siswa  dapat  menceritakan  pengalaman  adanya perbedaan  kebiasaan berdoa dalam kehidupan sehari-hari  di  sekolah dengan percaya diri.

7.          Setelah mengamati, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan dengan benar.

8.         Setelah  mengamati,  siswa dapat  menyelesaikan soal   cerita  sehari-hari  yang berkaitan dengan penjumlahan tanpa menyimpan dengan benar.

 

C.    LANGKAH PEMBELAJARAN

Pendahuluan

  Siswa berdoa sebelum belajar

Inti

       Siswa mengamati gambar berseri yang  ada di buku.

     Siswa berlatih membuat cerita sesuai gambar.

     Gambar menunjukkan cerita tentang kegiatan Siti sebelum tidur.

      Tidur  termasuk  faktor yang   mempengaruhi perkembangan dan  pertumbuhan manusia.

Setiap hari badan kita  melakukan kegiatan. Tubuh  kita  menjadi lelah dan butuh istirahat. Salah satu cara istirahat tubuh kita  adalah tidur. Saat tidur badan terasa lebih  santai dan tidak tegang. Manusia juga mengalami pertumbuhan saat tidur. Oleh  karena itu, kita perlu tidur yang  cukup untuk kesehatan tubuh kita, tidur juga tidak boleh terlalu lama, karena membuat badan menjadi lemas dan tidak sehat. Ada hal  yang  dilakukan sebelum tidur. Mencuci kaki, menggosok gigi, dan berdoa. Cara berdoa setiap agama berbeda-beda. Kita harus menghargai perbedaan.

     Siswa mengamati cara berdoa setiap agama melalui gambar.

     Siswa berlatih menceritakan cara berdoa sesuai agama yang  dianutnya.

     Siswa menulis pada tempat yang  tersedia.

 

      Siswa mengingat kembali cara menyelesaikan soal  pengurangan dengan teknik meminjam.

     Siswa berlatih memasangkan soal  dengan jawaban.

 

 

Penutup

  Siswa menyimpan hasil belajarnya pada stopmap.

  Siswa berdoa selesai kegiatan.

 

D.    PENILAIAN

1.    Penilaian Sikap

Observasi selama kegiatan berlangsung (Lihat pedoman penilaian sikap).

 

 

2.    Penilaian Pengetahuan: tes  tertulis

Latihan soal  matematika.

Jumlah soal  4 nilai  masing-masing adalah 25. Nilai = jawaban benar × 25

 

 

Kunci jawaban ada pada langkah-langkah kegiatan

 


 

Demikian apa yang dapat kami sampaikan tentang RPP Kelas 3 Tema 1 Subtema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia