RPP Kelas 3 Tema 1 Subtema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan :
Kelas/Semester : III/1
Tema : 1 Pertumbuhan dan Perkembangan
Makhluk Hidup/
Subtema : 2
.Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
Pembelajaran : 1
Alokasi waktu :
3 x 30 menit
Kompetensi
Dasar :
Matematika |
Bahasa
Indonesia |
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah. |
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat
hidup),pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan
dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan. |
4.1Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat
operasi hitung pada bilangan cacah. |
4.1 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk
hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat
efektif. |
A. Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah
membaca, siswa dapat mengidentifikasi perbedaan pertumbuhan dan perkembangan
dengan tepat.
2.
Setelah
membaca, siswa dapat menjelaskan perbedaan pertumbuhan dan
perkembangan dengan tepat.
3.
Setelah
membaca, siswa dapat mengidentifikasi pertumbuhan dan perkembangan dirinya
dengan tepat.
4.
Setelah
mengamati, siswa dapat menuliskan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan
dirinya dengan tepat.
5.
Setelah
mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dengan benar.
6.
Setelah
mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari terkait
penjumlahan dengan benar
B. .Langkah Kegiatan
·
Guru
menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari dan siwa menyiapkan
peralatan belajarnya
·
Siswa
mengamati gambar tentang pertumbuhan dan perkembangan manusia.
·
Siswa
membaca teks yang ada pada Buku Siswa dan membaca bacaan di bawahnya
·
Siswa
melakukan wawancara kepada orang tua tentang pertumbuhan dan perkembangan
·
Siswa
mengingat kembali cara penyelesaian soal penjumlahan.
·
Siswa
mengamati penjelasan tentang cara penyelesaian soal penjumlahan dengan nilai
bilangan ribuan.
·
Siswa
dikenalkan dengan cara penjumlahan dengan teknik menyimpan.
·
Siswa
diberi tugas mengerjakan soal latihan pada buku tugas
·
Siswa
menyimak motivasi yang diberikan guru
·
Siswa
mengakhiri pelajaran jarak jauhnya setelah menyelelesaikan semua tugasnya dan mengemasi peralatan belajarnya
C. Penilaian:
a.
Penilaian
Sikap : Lembar
Observasi
b.
Penilaian
Pengetahuan : Tes
c.
Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja
d.
Bentuk
Instrumen Penilaian : Terlampir
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan :
Kelas/Semester : III/1
Tema : 1 Pertumbuhan dan Perkembangan
Makhluk Hidup/
Subtema : 2 Pertumbuhan
dan Perkembangan Manusia
Pembelajaran : 2
Alokasi waktu :
3 x 30 menit
Kompetensi
Dasar :
PPKN |
PJOK |
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”. |
3.1 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. |
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”. |
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. |
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi
gerakan
merangkak dan berlari melalui permainan sederhana dengan benar.
2. Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan prosedur kombinasi
gerakan merangkak dan berlari melalui permainan sederhana dengan benar.
3. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan manfaat bersatu
dalam keberagaman di sekolah
4. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menceritakan pengalaman
berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan di sekolah.
E.
Langkah Kegiatan
·
Guru
menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari dan siwa menyiapkan
peralatan belajarnya
·
Siswa
diajak bermain adu kecepatan berjalan merangkak dan berlari.
·
Siswa
membaca teks tentang “Menghargai Perbedaan”.
·
Siswa
berlatih menuliskan pendapatnya jika melihat perbedaan yang ada disekitar.
·
Siswa
mendengarkan penjelasan guru mengenai pertambahan kekuatan tangan saat bayi dan
sesudah besar.
·
Kuat
dan lemah tenaga juga digunakan dalam melakukan gerak tangan pada sebuah
tarian.
·
Siswa
berlatih menunjukkan gerakan tangan sedang mendorong meja.
·
Lalu
siswa mencoba menunjukkan gerakan tangan saat memegang kapas.
·
Siswa
diberi tugas mengerjakan soal latihan pada buku tugas
·
Siswa
menyimak motivasi yang diberikan guru
·
Siswa
mengakhiri pelajaran jarak jauhnya setelah menyelelesaikan semua tugasnya dan mengemasi peralatan belajarnya
F. Penilaian:
e.
Penilaian
Sikap : Lembar
Observasi
f.
Penilaian
Pengetahuan : Tes
g.
Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja
h.
Bentuk
Instrumen Penilaian : Terlampir
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan :
Tema : 1 Pertumbuhan dan Perkembangan
Makhluk Hidup/
Subtema : 2 .Pertumbuhan
dan Perkembangan Manusia
Pembelajaran : 3
Alokasi waktu :
3 x 30 menit
Kompetensi
Dasar :
Matematika
|
SBDP |
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah. |
3.1 Mengetahui dinamika gerak tari. |
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah. |
4.1 Meragakan dinamika gerak tari. |
G. Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan
melakukan kegiatan menari, siswa dapat mengidentifikasi gerak kuat dan lemah
tangan dalam suatu tari dengan benar.
2.
Setelah
mengamati contoh, siswa dapat memeragakan gerak kuat dan lemah tangan dalam
suatu tari dengan percaya diri.
3.
Setelah
membaca, siswa dapat mengidentifikasi makanan yang baik untuk prose pertumbuhan
dan perkembangan dengan tepat.
4.
Setelah
membaca, siswa dapat menjelaskan pengaruh makanan pada proses pertumbuhan dan
perkembangan dengan tepat.
5.
Setelah
mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan teknik menyimpan
dengan benar.
6.
Setelah
mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari terkait penjumlahan
teknik menyimpan dengan benar.
H.
Langkah Kegiatan
·
Guru
menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari dan siwa menyiapkan
peralatan belajarnya
·
Siswa
mengingat kembali gerakan tari yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·
siswa
diajak mempraktikkan gerakan tari yang digabungkan dengan sebuah nyanyian.
·
Siswa
berlatih kembali untuk menyelesaikan soal penjumlahan dengan teknik menyimpan.
·
Siswa
diberi tugas mengerjakan soal latihan pada buku tugas
·
Siswa
menyimak motivasi yang diberikan guru
·
Siswa
mengakhiri pelajaran jarak jauhnya setelah menyelelesaikan semua tugasnya dan mengemasi peralatan belajarnya
I. Penilaian:
i.
Penilaian
Sikap : Lembar
Observasi
j.
Penilaian
Pengetahuan : Tes
k.
Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja
l.
Bentuk
Instrumen Penilaian : Terlampir
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (RPPJJ) (Disusun Berdasarkan SE
Mendikbud
Nomor: 14 Tahun 2019) |
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester :
3 ( TIGA ) / 1
Tema : 1
Sub Tema : 2 ( Pertumbuhan dan perkembangan
manusia )
Pembelajaran :
4
AlokasiWaktu : 1 x Pertemuan (4 x 35 menit)
A. KOMPETENSI DASAR (KD)& INDIKATOR
Bahasa Indonesia -- Kompetensi Dasar (KD) :
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep
ciri – ciri , kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembanganmahluk
hidup yang ada dilingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis,
visual, dan eksplorasi lingkungan.
4.4 Menyajikanlaporan
tentang konsep ciri – ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan
dan perkembanganmahluk hidup yang ada dilingkungan setempat secara tertulis
menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif
PPKn-- Kompetensi Dasar (KD) :
1.1 Menerima arti bintang,rantai,pohon beringin,kepala banteng,padi
dan kapas pada lambing negara “Garuda Pancasila”sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa
2.1 Bersikap
jujur,peduli,kasih saying,sesuai dengan sila sila pancasila dalam lambing
Negara
3.1 Memahami
arti Gambar pada lambing Negara
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca,
siswa dapat menjelaskan manfaat makanan pada
proses pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan benar.
2. Setelah membaca, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang hubungan makanan dan kesehatan pada proses pertumbuhan dan perkembangan
manusia dengan
tepat.
3. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi
keberagaman
kebiasaan, kesukaan/hobi individu dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dengan benar.
4. Setalah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi individu dalam kehidupan
sehari-hari di sekolah dengan benar.
5. Setelah mengamati contoh,
siswa dapat
menceritakan pengalaman
adanya perbedaan kebiasaan,
kesukaan/hobi dalam kehidupan
sehari-hari
di rumah dengan benar.
C. LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Siswa berdoa sebelum belajar
Inti
•
Siswa membaca teks yang ada pada buku.
• Siswa mendiskusikan mengenai teks.
Teks menjelaskan mengenai pentingnya sarapan dengan makanan sehat sebelum
pergi ke sekolah.
• Siswa berlatih menjawab latihan sesuai dengan
teks yang dibacanya.
• Siswa juga
mengamati contoh sikap dalam menghadapi perbed
• Siswa menceritakan
makanan
kesukaannya. Mulai dari ciri-ciri, rasa, bentuk, warna, dan alasannya.
Penutup
• Guru
dan siswa melakukan
refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
a.
Apa saja yang sudah dipelajari pada hari ini?
b. Bagaimana perasaan setelah
melakukan kegiatan bermain kijang
dan rusa?
c. Apa kegiatan yang paling disukai?
d. Informasi apa yang
ingin diketahui
lebih lanjut?
e. Bagaimana cara siswa mendapatkan informasi tersebut?
• Pertanyaan yang diajukan guru dapat dijawab
secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menuliskan jawaban pertanyaan
refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku tulis khusus untuk refleksi.
D. PENILAIAN
1. Penilaian Sikap
Observasi selama
kegiatan berlangsung (Lihat
pedoman penilaian sikap).
2. Penilaian Pengetahuan
Menjawab pertanyaan sesuai teks bacaan.
Banyaknya soal sebanyak 7 buah
Nilai = (jawaban benar : 7) × 100
1) Bermain tarik tambang
2) Karena Edo terjatuh
3) Teman-teman membantu dan menghibur
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (RPPJJ) (Disusun
Berdasarkan SE Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019) |
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester :
3 ( TIGA ) / 1
Tema : 1
Sub Tema : 2 ( Pertumbuhan dan perkembangan
manusia )
Pembelajaran :
5
AlokasiWaktu : 1 x Pertemuan (4 x 35 menit)
A. KOMPETENSI DASAR (KD)& INDIKATOR
Bahasa Indonesia -- Kompetensi Dasar (KD) :
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang
konsep ciri – ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan
perkembangan mahluk hidup yang ada dilingkungan setempat yang disajikan dalam
bentuk lisan, tulis, visual, dan eksplorasi lingkungan.
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri
– ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan
mahluk hidup yang ada dilingkungan setempat secara tertulis menggunakan
kosakata baku dalam kalimat efektif
PPKn --- Kompetensi Dasar (KD) :
1.1. Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng,
dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih
sayang sesuai dengan
sila-sila Pancasila
dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
3.1 Memahami arti gambar
pada
lambang negara
“Garuda Pancasila”.
3.3 Menjelaskan makna
keberagaman karakteristik
individu di lingkungan sekitar.
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
4.1 Menceritakan arti gambar
pada
lambang negara
“Garuda Pancasila”.
4.3 Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
4.4 Menyajikan bentuk- bentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar
Matematika --- Kompetensi Dasar (KD) :
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
4.1 Menyelesaikan masalah
yang melibatkan
penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada
bilangan cacah.
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca, siswa
dapat menjelaskan
manfaat olahraga
pada proses pertumbuhan dan perkembangan
manusia dengan benar.
2. Setelah membaca, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang pengaruh olahraga pada proses pertumbuhan
dan perkembangan manusia dengan tepat.
3. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi
keberagaman
kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga setiap individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
4. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga setiap individu
dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan benar.
5. Setelah mengamati contoh,
siswa dapat
menceritakan pengalaman
adanya perbedaan kebiasaan,
kesukaan/hobi olahraga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
6. Setelah mengamati contoh,
siswa dapat
menceritakan pengalaman
adanya perbedaan kebiasaan,
kesukaan/hobi olahraga dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan percaya diri.
7. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil pengurangan dengan teknik tanpa meminjam dengan benar.
8. Setelah mengamati
contoh, siswa dapat menyelesaikan soal cerita sehari- hari yang berkaitan dengan pengurangan dengan teknik meminjam dengan benar.
C. LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Siswa berdoa sebelum belajar
Inti
• Kegiatan dilanjutkan dengan
membandingkan perbedaan
kesukaan antarteman dan cara menghargai perbedaan.
• Siswa menjawab
pertanyaan tentang
pentingnya menghargai perbedaan dan
manfaat bekerja sama.
• pengurangan tanpa teknik
meminjam
Penutup
Siswa menyimpan
hasil belajarnya pada stopmap.
Siswa berdoa
selesai kegiatan.
D. PENILAIAN
1. Penilaian Sikap
Observasi selama
kegiatan berlangsung (Lihat
pedoman penilaian sikap)
2. Penilaian Pengetahuan
a.
Menyampaikan pendapat
tentang cara menghargai
perbedaan.
Banyaknya soal
3 buah.
Nilai = (jawaban benar :
3) × 100
Jawaban sangat beragam sesuai pendapat
siswa.
b.
Mengidentifikasi jenis olahraga kesukaan minimal
5 teman.
Nilai maksimal 100.
Nilai = Jumlah benar ×
20 = 100
Jawaban bisa beragam sesuai dengan
kondisi siswa.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (RPPJJ) (Disusun
Berdasarkan SE Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019) |
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester :
3 ( TIGA ) / 1
Tema : 1
Sub Tema : 2 ( Pertumbuhan dan perkembangan
manusia )
Pembelajaran :
6
AlokasiWaktu : 1 x Pertemuan (4 x 35 menit)
A. KOMPETENSI DASAR (KD)& INDIKATOR
Bahasa Indonesia -- Kompetensi Dasar (KD) :
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang
konsep ciri – ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan
perkembangan mahluk hidup yang ada dilingkungan setempat yang disajikan dalam
bentuk lisan, tulis, visual, dan eksplorasi lingkungan.
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri
– ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan
mahluk hidup yang ada dilingkungan setempat secara tertulis menggunakan
kosakata baku dalam kalimat efektif
Matematika --- Kompetensi Dasar (KD) :
3.1 Menjelaskan sifat – sifat operasi
hitung pada bilangan cacah.
4.1Menyelesaikan masalah yang melibatkan
penggunaan sifat – sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
PPKn-- Kompetensi Dasar (KD) :
1.3 Mensyukuri keberagaman karakteristik individu
di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman
karakteristik individu di lingkungan sekitar.
3.3 Menjelaskan makna
keberagaman karakteristik
individu di lingkungan sekitar.
4.3 Menyajikan
makna keberagaman karakteristik
individu di lingkungan sekitar.
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati gambar,
siswa dapat menjelaskan pentingnya tidur dalam proses pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan benar.
2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menuliskan cerita tentang kebiasaan yang baik
sebelum tidur dengan benar.
3. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman kebiasaan berdoa setiap individu
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
4. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman kebiasaan berdoa setiap individu
dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan benar.
5. Setelah mengamati contoh,
siswa dapat
menceritakan pengalaman
adanya perbedaan kebiasaan berdoa dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
6. Setelah mengamati contoh,
siswa dapat
menceritakan pengalaman
adanya perbedaan kebiasaan berdoa dalam kehidupan
sehari-hari di sekolah dengan percaya diri.
7. Setelah mengamati, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan dengan benar.
8. Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan soal cerita sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan tanpa menyimpan dengan benar.
C. LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Siswa berdoa sebelum belajar
Inti
• Siswa mengamati gambar berseri yang ada di buku.
• Siswa berlatih membuat cerita sesuai
gambar.
• Gambar menunjukkan cerita tentang
kegiatan Siti sebelum tidur.
• Tidur
termasuk faktor yang mempengaruhi perkembangan
dan pertumbuhan manusia.
Setiap hari badan kita melakukan
kegiatan. Tubuh kita
menjadi lelah dan butuh
istirahat. Salah satu cara istirahat tubuh kita adalah tidur. Saat tidur
badan terasa lebih santai dan tidak tegang.
Manusia juga mengalami
pertumbuhan saat tidur.
Oleh karena itu, kita perlu tidur
yang cukup untuk kesehatan tubuh kita, tidur juga tidak boleh terlalu lama,
karena membuat badan menjadi lemas dan tidak sehat. Ada
hal yang dilakukan sebelum
tidur. Mencuci kaki, menggosok gigi, dan berdoa.
Cara berdoa
setiap agama berbeda-beda. Kita harus menghargai perbedaan.
• Siswa mengamati cara berdoa setiap agama melalui gambar.
• Siswa berlatih menceritakan cara berdoa sesuai agama yang
dianutnya.
• Siswa menulis
pada tempat yang tersedia.
• Siswa mengingat kembali cara menyelesaikan soal pengurangan dengan
teknik meminjam.
• Siswa berlatih memasangkan soal
dengan jawaban.
Penutup
Siswa menyimpan
hasil belajarnya pada stopmap.
Siswa berdoa
selesai kegiatan.
D. PENILAIAN
1. Penilaian Sikap
Observasi selama kegiatan berlangsung (Lihat
pedoman penilaian sikap).
2. Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
Latihan soal matematika.
Jumlah soal 4 nilai
masing-masing adalah 25. Nilai = jawaban benar ×
25
Kunci jawaban ada pada langkah-langkah kegiatan