40 Butir Soal UP Pedagogik PPG 2021

Latihan Ujian Pengetahuan (UP) PPG Tahun 2021 materi pedagogi merupakan soal utama dalam PPG Daljab karena untuk menjadi guru profesional harus mampu mengetahui cara atau metode dalam pembelajaran. 

Soal UP Pedagogik ini diperuntukan bagi seluruh peserta PPG daljab , dari PGSD, PAI, Fikih, Akidah Akhlak, Matematika, Bahasa Indonesia dan mata pelajaran lainya, karena materi pedagogi ini adalah ilmu yang membahas tentang pendidikan anak.

soal UP PPG 2021

Berikut adalah beberapa soal latihan Uji Pengetahuan (UP) mnateri pedagogi 1 yang terdiri dari 40 butir soal, silahkan anda baca dan pahami sebagai latihan sebelum pelaksanaan ujian yang sesungguhnya.

Semoga anda lulus PPG tahun ini, silahkan share sebanyak-banyaknya latihan soal ini agar teman-teman anda tidak ketinggalan.


01. Sebagai humanisasi pendidikan bukan berarti pembentukan manusia (peserta didik) oleh manusia lainnya (pendidik). Sebab asumsinya bahwa manusia atau peserta didik adalah... 2 poin

a.       Pribadi yang berkembang dan berakal

b.       Makhluk sosial yang dapat mempengaruhi satu sama lain

c.       Makhluk religius yang diciptakan oleh Tuhan

d.       Manusia merupakan makhluk otonom

e.       Makhluk yang memiliki moral sehingga dapat membedakan baik dan buruk

02. Pendidikan harus dilakukan sesuai dengan tahap-tahap dan tugas pekermbangan peserta didik. Oleh kareananya pendidikan dilaksanakan dengan mengacu pada landasan.... 2 poin

a.       Psikologi pendidikan

b.       Ekonomi pendidikan

c.       Sosiologi pendidikan

d.       Religi pendidikan

e.       Ilmu pengetahuan dan Teknologi

03. Berikut ini implikasi landasan historis dalam proses pendidikan di Indonesia adalah... Pilih salah satu: 2 poin

a.       Pembentukan komite sekolah sebagai bentuk kerjasama antar sekolah dengan masyarakat

b.       Kurikulum pendidikan dikembangkan dengan memperhatikan psiklogi perkembangan peserta didik

c.       Guru mengajarkan mata pelajaran bermuatan lokal sesuai dengan daerah tempat mengajarnya

d.       Terdapat program Bantuan Operasional Sekolah untuk sekolah-sekolah negeri

04. Salah satu tripusat pendidikan bagi anak adalah keluarga. Orang tua yang dalam kesehariannya rajin melaksanakan ibadah sesuai dengan waktu yang ditentukan. Pada hakekatnya menanamkan pada anak... 2 poin

a.       Kejujuran dan toleransi

b.       Gotong royong dan tangung jawab

c.       Kejujuran dan Tenggang rasa

d.       Hak dan kewajiban

e.       Kedisiplinan dan tanggung jawab

05. Tujuan pendidikan Bangsa Indonesia yaitu pembentukan manusia yang ideal. Berikut ini implementasi sila ke 5 dalam pendidikan sebagai upaya pencapaian tujuan tersebut adalah....Pilih salah satu: 2 poin

a.       Peserta didik diajarkan untuk mencintai dan mengkonsumsi produk dalam negeri

b.       Guru mengarahkan peserta didik untuk taat terhadap Tuhan YME

c.       Orang tua memberi contoh pada anak untuk tidak melakukan diskriminasi pada siapapun

d.       Sekolah melakukan program kegiatan bakti sosial dengan melibatkan peserta didiknya

e.       Pendidik mengikuti PPG untuk meningkatkan kreativitas dan profesionalitasnya

06. Berikut ini contoh kegiatan yang tergolong ke dalam praktik pendidikan adalah...Pilih salah satu: 2 poin

a.         Pak Budi sedang mencari ide untuk memotivasi peserta didiknya agar giat belajar

b.         Pak Hajar sedang mendownload file materi Pendidikan Pancasila

c.         Ibu Ani sedang membaca buku psikologi pendidikan

d.         Ibu Heni dan pak didi sedang berdiskusi tentang pengertian pendidikan

07. Seorang guru mengajar di dalam kelas dengan metode ceramah sehingga proses pembelajaran lebih terpusat pada guru sedangkan siswa pasif karena hanya mendengarkan. Hal tersebut termasuk dalam proses pendidikan yang beraliran... Pilih salah satu:  2 poin

a.       Humanisme

b.       Behavioristik

c.       Perenialisme

d.       Esesnialisme

e.       Rekonstuksionisme

08. Sila pertama pancalisa adalah keTuhanan YME oleh sebab itu pendidikan hendaknya bertujuan agar peserta didik beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME. Hal tersebut merupakan contohPilih salah satu: 2 poin

a.       Landasan sosilogis

b.       Landasan religius

c.       Landasan yuridis

d.       Landasan psikologis

e.       Landasan historis

09. Seorang pendidik perlu memahami landasan pendidikan. Salah satu manfaat mempelajari landasan pendidikan bagi pendidik adalah.....Pilih salah satu: 2 poin

a.       Memahami berbagai karakteristik peserta didik sehingga memandang peserta didik sebagai pribadi yang unik

b.       Membantu pendidik dalam menentukan metode pembalajaran yang tepat digunakan dalam situasi tertentu di kelas

c.       Meningkatkan perkembangan pola pikir dan pola kerja pendidik tentang bagaimana seharusnya melaksanakan praktek pendidikan

d.       Memahami berbagai pasal-pasal dalam UUD dan peraturan yang berlaku di Indoensia terkait dengan pendidikan

e.       Menumbuhkan sikap berpikir kritis pendidik terhadap perkembangan peserta didik

10. Pengertian landasan dibagi dua yaitu landasan fisik dan konseptual. Berikut ini yang termasuk dalam landasan konseptual adalah.... Pilih salah satu: 2 poin

a.       Kerangka Berpikir

b.       Kurikulum dan silabus

c.       Pancasila dan UUD 1945

d.       Desain bangunan

e.       Tujuan pendidikan

11. Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu: 2 poin

a.       Menggunakan media audio, video, dan percobaan.

b.       Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.

c.       Menggunakan modul dan powerpoint.

d.       Menggunakan program audio dan modul.

e.       Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.

12. Pak Aris merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik, memilih lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Tindakan guru tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta didik terutama: 2 poin

a.       Minat

b.       Etnik

c.       Status social

d.       Kultural

e.       Gender

13. Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut berarti memperhatikan aspek: 2 poin

a.       Status sosial

b.       Etnik

c.       Motivasi

d.       Sosial

e.       Kultural

14. Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena pertimbangan: 2 poin

a.       Gender peserta didik

b.       Kultural peserta didik

c.       Minat peserta didik

d.       Gaya belajar peserta didik

e.       Etnik peserta didik

15. Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta didik terutama:...... Pilih salah satu: 2 poin

a.       Motivasi

b.       Minat

c.       Etnik

d.       Kultural

e.       Status social

16. Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing. Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama aspek: 2 poin

a.       Motivasi

b.       Minat

c.       Etnik

d.       Moral

e.       Status Sosial

17. Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf ?operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan:..... Pilih salah satu: 2 poin

a.       Media poster

b.       Media grafis

c.       Media gambar

d.       Media cetak

e.       Media benda nyata

18. Perkembangan moral peserta didik/anak menurut Kohberg terdiri dari beberapa tahap. Tahap naively egoistic orientation, yaitu tahap dimana anak menilai baik-buruk berdasarkan:..... Pilih salah satu: 2 poin

a.       Akibat perbuatan

b.       Hati nurani

c.       Kontrak/imbal jasa

d.       Ketertiban sosial

e.       Persetujuan orang lain

19. Pak Anton ketika akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan topik Tata Surya melakukan pre tes terlebih dahulu, dengan maksud ingin mengetahui pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki peserta didiknya sebagai patokan untuk memulai pembahasan topik tersebut. Hal ini berarti Pak Anton memperhatikan karakteristik peserta didik dalam hal: 2 poin

a.       Perkembangan motoriknya

b.       Kemampuan awalnya

c.       Perkembangan sosialnya

d.       Motivasi belajarnya

e.       Perkembangan emosinya

20. Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:.....Pilih salah satu: 2 poin

a.       Mewarnai pola

b.       Meronce membuat kalung

c.       Memasang puzzle

d.       Menjiplak huruf

e.       Menendang bola

21. Aliran ini lebih menekankan pada keaktifan siswa selama kegiatan belajar, aktif berpikir, menyusun konsep-konsep serta memberi makna tentang hal- hal yang dipelajari dan yang paling penting terwujudnya belajar adalah niat peserta didik itu sendiri. Pernyataan tersebut merupakan aliran dari teori .... 2 poin

a.       Behavioristik

b.       Humanistik

c.       Kognitivistik

d.       Sibernetik

e.       Konstruktivistik

22. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar.... 2 poin

a.       Sibernetik

b.       Kognitivistik

c.       Konstruktivistik

d.       Behavioristik

e.       Humanistic

23. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah....Pilih salah satu: 2 poin

a.       Kemampuan mengemukakan pendapat

b.       Kemampuan untuk mengintegrasikan diri

c.       Kemampuan untuk memecahkan masalah

d.       Kemampuan berinteraksi

e.       Kemampuan berkomunikasi

24. Dibawah ini adalah tipe belajar menurut Habermas, kecuali .... 2 poin

a.       Belajar teknis

b.       Belajar emansipatoris

c.       Belajar konsep

d.       Belajar aktif

e.       Belajar praktis

25. Apabila dalam proses belajar peserta didik melakukan sesuatu sampai dengan mendapatkan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan serta menghilangkannya apabila dirasakan tidak sesuai, hal ini merupakan prinsip belajar dari .... 2 poin

a.       Conditioning

b.       Stimulus respon

c.       Shaping

d.       Konseptualisasi

e.       Trial and error

26. Menurut Bruner, apabila seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain peserta didik belajar melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini merupakan tahapan dari...... 2 poin

a.       Simbolik

b.       Intuitif

c.       Enaktif

d.       Ikonik

e.       Konflik

27. Teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku pada individu yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon merupakan teori belajar.... 2 poin

a.       Behavioristik

b.       Rekonstruktivistik

c.       Konstruktivistik

d.       Humanistik

e.       Kognitivistik

28. Seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari teori .... 2 poin

a.       Sibernetik

b.       Kognitivistik

c.       Humanistik

d.       Konstruktivistik

e.       Behavioristik

29. Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik adalah..... 2 poin

a.       Mampu mengalami sebuah kejadian

b.       Mampu memecahkan masalah

c.       Mampu membuat peraturan

d.       Mampu memahami sebuah kejadian

e.       Mampu memahami permasalahan

30. Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah.... 2 poin

a.       Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baru

b.       Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa dan membantu mereka kengekspresikan gagasannya

c.       Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar

d.       Memberikan penjelasan pengetahuan baru

e.       Memahami tahap-tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut

31. Seperti apa yang dikatakan oleh Friedman, perkembangan teknologi begitu cepat namun manusia belum bisa mengimbangi percepatan perkembangan teknologi. Sebagai seorang guru, maka yang harus dilakukan dalam rangka menyesuaikan dengan perkembangan teknologi adalah ... 3 poin

a.       Mengintegrasikan teknologi ke ruang kelas dan memberikan penjelasan cara penggunaannya

b.       Membebaskan peserta didik menggunakan alat teknologi di dalam kelas

c.       Guru tidak melarang, membatasi, maupun memberikan edukasi

d.       Tidak menganjurkan peserta didik untuk membawa alat teknologi

e.       Memberi kebebasan belajar dengan HP

32. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh seorang guru dalam mengembangkan kurikulum yaitu tujuan Pendidikan nasional, visi, misi, tujuan yang diharapkan masyarakat. Hal ini berarti ... 3 poin

a.       Guru menyusun program pembelajaran di kelas diterjemahkan ke dalam sebuah tujuan nasional

b.       Guru menyusun program pembelajaran menyesuaikan dengan kurikulum yang ada berdasarkan tujuan yang ditetapkan.

c.       Guru menyusun program pembelajaran dengan mengacu kepada tujuan Pendidikan nasional, visi, misi, tujuan juga disesuaikan dengan kondisi masyarakat

d.       Guru melakukan pembelajaran hanya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat.

e.       Guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan pengalamannya yang menurutnya penting.

33. Di bawah ini merupakan kajian pokok implementasi kurikulum, kecuali ... 3 poin

a.       Merancang dokumen kurikulum

b.       Mengembangkan program

c.       Pelaksanaan Pembelajaran pembelajaran

d.       Pengembangan kurikulum

e.       Evaluasi proses yang dilaksanakan

34. Menurut Friedman, perkembangan teknologi begitu cepat namun manusia belum bisa mengimbangi percepatan perkembangan teknologi. Dalam pengembangan sebuah kurikulum, fenomena tersebut bisa diartikan dan digunakan untuk ... 3 poin

a.       Mengidentifikasi perkembangan teknologi, menyiapkan strategi antisipasi untuk mengejar ketertinggalan dalam beradaptasi dengan teknologi

b.       Identifikasi perkembangan zaman, sehingga pembelajaran harus mengikuti perkembangan teknologi.

c.       Guru tidak melarang, membatasi, maupun memberikan edukasi

d.       Memberi kebebasan belajar dengan HP

e.       Mengintegrasikan teknologi ke ruang kelas dan memberikan penjelasan cara penggunaannya

35. Kurikulum Indonesia telah mengalami perubahan sebanyak sepuluh kali. Jika dikelompokkan dalam jenisnya, kurikulum yang dikembangkan pada tahun 2004-2013, termasuk jenis kurikulum... 3 poin

a.       Kurikulum berbasis pada pencapaian tujuan

b.       Kurikulum berbasis pada pencapaian proses

c.       Kurikulum berbasis pada kompetensi

d.       Kurikulum sebagai rencana pelajaran

e.       Kurikulum berbasis konten pembelajaran

36. Dalam kurikulum 2013, terdapat integrasi antara ilmu pengetahuan dan karakter. Hal ini sesuai dengan arah baru program baru UNESCO yaitu ... 3 poin

a.       Pikiran dan benda terintegrasi dalam pengembangan

b.       Sains dan nilai religius terintegrasi

c.       Pendidikan untuk semua

d.       Ekonomi, manusia, lingkungan, dan sosial diintegrasikan

e.       Pendidikan merupakan integral dari semua perkembangan

37. Nilai-nilai kehidupan dan budaya dalam masyarakat senantiasa berkembang, maka peran kurikulum tidak hanya mewariskan nilai dan budaya melainkan juga berperan untuk menilai dan memilih nilai budaya serta pengetahuan baru yang akan diwariskan. Penjelasan tersebut merupakan ... 2 poin

a.       Peran kreatif

b.       Peran konservatif

c.       Peran kritis dan evaluatif

d.       Peran sumatif

e.       Peran sosial

38. Dalam pelaksanan kurikulum 2013, peserta didik memerlukan berbagai macam sumber literasi untuk menunjang berbagai macam bacaan dan literasi. Namun, masih ada sekolah yang tidak memilikinya. Hal tersebut merupakan hambatan dari salah satu faktor ... 2 poin

a.       Faktor sarana dan fasilitas

b.       Faktor administrasi

c.       Faktor budaya dan ideologi

d.       Faktor sekolah

e.       Faktor lingkungan sekolah

39. Kurikulum bukan hanya dipandang sebagai seperangkat mata pelajaran dan silabus, namun juga harus dipandang sebagai ... 3 poin

a.       Materi yang harus disampaikan kepada peserta didik

b.       Seperangkat alat pembelajaran yang harus disesuaikan dengan peserta didik

c.       Seperangkat tujuan pembelajaran

d.       Seperangkat dokumen yang harus dilaksanakan

e.       Rincian jadwal pelajaran

40. Kurikulum sebagai seluruh aktivitas peserta didik baik yang dilakukan di dalam maupun di luar kelas berarti.... 3 poin

a.       Menyusun aktivitas pembelajaran yang disajikan dalam RPP untuk menjadi dokumen sekolah

b.       Menyusun daftar mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa selama menempuh pembelajaran di kelas

c.       Menyusun rancangan kunjungan ke kebun binatang untuk menyelesaikan projek pembelajaran sain

d.       Menyusun modul pembelajaran yang memuat aktivitas belajar siswa

e.       Menyusun daftar isi bahan pembelajaran agar mudah dipelajari oleh siswa dalam proses pembelajaran