40 Butir Soal UP Pedagogik PPG 2021
Latihan Ujian Pengetahuan (UP) PPG Tahun 2021 materi pedagogi merupakan soal utama dalam PPG Daljab karena untuk menjadi guru profesional harus mampu mengetahui cara atau metode dalam pembelajaran.
Soal UP Pedagogik ini diperuntukan bagi seluruh peserta PPG daljab , dari PGSD, PAI, Fikih, Akidah Akhlak, Matematika, Bahasa Indonesia dan mata pelajaran lainya, karena materi pedagogi ini adalah ilmu yang membahas tentang pendidikan anak.
Berikut adalah beberapa soal latihan Uji Pengetahuan (UP) mnateri pedagogi 1 yang terdiri dari 40 butir soal, silahkan anda baca dan pahami sebagai latihan sebelum pelaksanaan ujian yang sesungguhnya.
Semoga anda lulus PPG tahun ini, silahkan share sebanyak-banyaknya latihan soal ini agar teman-teman anda tidak ketinggalan.
01. Sebagai humanisasi pendidikan bukan berarti pembentukan
manusia (peserta didik) oleh manusia lainnya (pendidik). Sebab asumsinya bahwa
manusia atau peserta didik adalah... 2 poin
a.
Pribadi yang berkembang dan
berakal
b.
Makhluk sosial yang dapat
mempengaruhi satu sama lain
c.
Makhluk religius yang
diciptakan oleh Tuhan
d.
Manusia merupakan makhluk
otonom
e.
Makhluk yang memiliki moral
sehingga dapat membedakan baik dan buruk
02. Pendidikan harus dilakukan sesuai dengan tahap-tahap dan
tugas pekermbangan peserta didik. Oleh kareananya pendidikan dilaksanakan dengan
mengacu pada landasan.... 2 poin
a.
Psikologi pendidikan
b.
Ekonomi pendidikan
c.
Sosiologi pendidikan
d.
Religi pendidikan
e.
Ilmu pengetahuan dan
Teknologi
03. Berikut ini implikasi landasan historis dalam proses pendidikan
di Indonesia adalah... Pilih salah satu: 2 poin
a.
Pembentukan komite sekolah
sebagai bentuk kerjasama antar sekolah dengan masyarakat
b.
Kurikulum pendidikan
dikembangkan dengan memperhatikan psiklogi perkembangan peserta didik
c.
Guru mengajarkan mata pelajaran
bermuatan lokal sesuai dengan daerah tempat mengajarnya
d.
Terdapat program Bantuan
Operasional Sekolah untuk sekolah-sekolah negeri
04. Salah satu tripusat pendidikan bagi anak adalah
keluarga. Orang tua yang dalam kesehariannya rajin melaksanakan ibadah sesuai
dengan waktu yang ditentukan. Pada hakekatnya menanamkan pada anak... 2 poin
a.
Kejujuran dan toleransi
b.
Gotong royong dan tangung
jawab
c.
Kejujuran dan Tenggang rasa
d.
Hak dan kewajiban
e.
Kedisiplinan dan tanggung
jawab
05. Tujuan pendidikan Bangsa Indonesia yaitu pembentukan
manusia yang ideal. Berikut ini implementasi sila ke 5 dalam pendidikan sebagai
upaya pencapaian tujuan tersebut adalah....Pilih salah satu: 2 poin
a.
Peserta didik diajarkan
untuk mencintai dan mengkonsumsi produk dalam negeri
b.
Guru mengarahkan peserta
didik untuk taat terhadap Tuhan YME
c.
Orang tua memberi contoh
pada anak untuk tidak melakukan diskriminasi pada siapapun
d.
Sekolah melakukan program
kegiatan bakti sosial dengan melibatkan peserta didiknya
e.
Pendidik mengikuti PPG
untuk meningkatkan kreativitas dan profesionalitasnya
06. Berikut ini contoh kegiatan yang tergolong ke dalam
praktik pendidikan adalah...Pilih salah satu: 2 poin
a.
Pak Budi sedang mencari ide
untuk memotivasi peserta didiknya agar giat belajar
b.
Pak Hajar sedang
mendownload file materi Pendidikan Pancasila
c.
Ibu Ani sedang membaca buku
psikologi pendidikan
d.
Ibu Heni dan pak didi
sedang berdiskusi tentang pengertian pendidikan
07. Seorang guru mengajar di dalam kelas dengan metode
ceramah sehingga proses pembelajaran lebih terpusat pada guru sedangkan siswa
pasif karena hanya mendengarkan. Hal tersebut termasuk dalam proses pendidikan
yang beraliran... Pilih salah satu: 2
poin
a.
Humanisme
b.
Behavioristik
c.
Perenialisme
d.
Esesnialisme
e.
Rekonstuksionisme
08. Sila pertama pancalisa adalah keTuhanan YME oleh sebab
itu pendidikan hendaknya bertujuan agar peserta didik beriman dan bertaqwa
kepada Tuhan YME. Hal tersebut merupakan contohPilih salah satu: 2 poin
a.
Landasan sosilogis
b.
Landasan religius
c.
Landasan yuridis
d.
Landasan psikologis
e.
Landasan historis
09. Seorang pendidik perlu memahami landasan pendidikan.
Salah satu manfaat mempelajari landasan pendidikan bagi pendidik
adalah.....Pilih salah satu: 2 poin
a.
Memahami berbagai
karakteristik peserta didik sehingga memandang peserta didik sebagai pribadi
yang unik
b.
Membantu pendidik dalam
menentukan metode pembalajaran yang tepat digunakan dalam situasi tertentu di
kelas
c.
Meningkatkan perkembangan
pola pikir dan pola kerja pendidik tentang bagaimana seharusnya melaksanakan
praktek pendidikan
d.
Memahami berbagai
pasal-pasal dalam UUD dan peraturan yang berlaku di Indoensia terkait dengan
pendidikan
e.
Menumbuhkan sikap berpikir
kritis pendidik terhadap perkembangan peserta didik
10. Pengertian landasan dibagi dua yaitu landasan fisik dan
konseptual. Berikut ini yang termasuk dalam landasan konseptual adalah....
Pilih salah satu: 2 poin
a.
Kerangka Berpikir
b.
Kurikulum dan silabus
c.
Pancasila dan UUD 1945
d.
Desain bangunan
e.
Tujuan pendidikan
11. Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam
ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama
ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya
belajar tersebut, guru perlu: 2 poin
a.
Menggunakan media audio,
video, dan percobaan.
b.
Menggunakan media komik
pembelajaran dan buku paket.
c.
Menggunakan modul dan
powerpoint.
d.
Menggunakan program audio
dan modul.
e.
Menggunakan metode ceramah,
diskusi, tanya jawab.
12. Pak Aris merupakan guru kelas V SD ketika memberikan
pembelajaran menyanyi/musik, memilih lagu-lagu dari asal daerah peserta
didiknya. Tindakan guru tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta
didik terutama: 2 poin
a.
Minat
b.
Etnik
c.
Status social
d.
Kultural
e.
Gender
13. Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan
peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan
guru tersebut berarti memperhatikan aspek: 2 poin
a.
Status sosial
b.
Etnik
c.
Motivasi
d.
Sosial
e.
Kultural
14. Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu
menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio,
kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan
tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya,
sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena
pertimbangan: 2 poin
a.
Gender peserta didik
b.
Kultural peserta didik
c.
Minat peserta didik
d.
Gaya belajar peserta didik
e.
Etnik peserta didik
15. Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses
pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang
kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya
menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit
memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini
sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta didik terutama:......
Pilih salah satu: 2 poin
a.
Motivasi
b.
Minat
c.
Etnik
d.
Kultural
e.
Status social
16. Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu
bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah
menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing.
Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama
aspek: 2 poin
a.
Motivasi
b.
Minat
c.
Etnik
d.
Moral
e.
Status Sosial
17. Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada
pada taraf ?operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi
pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran
tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan:..... Pilih salah satu: 2
poin
a.
Media poster
b.
Media grafis
c.
Media gambar
d.
Media cetak
e.
Media benda nyata
18. Perkembangan moral peserta didik/anak menurut Kohberg
terdiri dari beberapa tahap. Tahap naively egoistic orientation, yaitu tahap
dimana anak menilai baik-buruk berdasarkan:..... Pilih salah satu: 2 poin
a.
Akibat perbuatan
b.
Hati nurani
c.
Kontrak/imbal jasa
d.
Ketertiban sosial
e.
Persetujuan orang lain
19. Pak Anton ketika akan melakukan kegiatan pembelajaran
dengan topik Tata Surya melakukan pre tes terlebih dahulu, dengan maksud ingin
mengetahui pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki peserta didiknya
sebagai patokan untuk memulai pembahasan topik tersebut. Hal ini berarti Pak
Anton memperhatikan karakteristik peserta didik dalam hal: 2 poin
a.
Perkembangan motoriknya
b.
Kemampuan awalnya
c.
Perkembangan sosialnya
d.
Motivasi belajarnya
e.
Perkembangan emosinya
20. Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak
peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat
menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:.....Pilih salah satu: 2
poin
a.
Mewarnai pola
b.
Meronce membuat kalung
c.
Memasang puzzle
d.
Menjiplak huruf
e.
Menendang bola
21. Aliran ini lebih menekankan pada keaktifan siswa selama
kegiatan belajar, aktif berpikir, menyusun konsep-konsep serta memberi makna
tentang hal- hal yang dipelajari dan yang paling penting terwujudnya belajar
adalah niat peserta didik itu sendiri. Pernyataan tersebut merupakan aliran
dari teori .... 2 poin
a.
Behavioristik
b.
Humanistik
c.
Kognitivistik
d.
Sibernetik
e.
Konstruktivistik
22. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan
dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan
(hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan
(pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan
benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar.... 2
poin
a.
Sibernetik
b.
Kognitivistik
c.
Konstruktivistik
d.
Behavioristik
e.
Humanistic
23. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah
kognitif adalah....Pilih salah satu: 2 poin
a.
Kemampuan mengemukakan
pendapat
b.
Kemampuan untuk
mengintegrasikan diri
c.
Kemampuan untuk memecahkan
masalah
d.
Kemampuan berinteraksi
e.
Kemampuan berkomunikasi
24. Dibawah ini adalah tipe belajar menurut Habermas, kecuali
.... 2 poin
a.
Belajar teknis
b.
Belajar emansipatoris
c.
Belajar konsep
d.
Belajar aktif
e.
Belajar praktis
25. Apabila dalam proses belajar peserta didik melakukan
sesuatu sampai dengan mendapatkan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang
diinginkan serta menghilangkannya apabila dirasakan tidak sesuai, hal ini merupakan
prinsip belajar dari .... 2 poin
a.
Conditioning
b.
Stimulus respon
c.
Shaping
d.
Konseptualisasi
e.
Trial and error
26. Menurut Bruner, apabila seseorang memahami obyek-obyek
atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain
peserta didik belajar melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini
merupakan tahapan dari...... 2 poin
a.
Simbolik
b.
Intuitif
c.
Enaktif
d.
Ikonik
e.
Konflik
27. Teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku
pada individu yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon
merupakan teori belajar.... 2 poin
a.
Behavioristik
b.
Rekonstruktivistik
c.
Konstruktivistik
d.
Humanistik
e.
Kognitivistik
28. Seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama
yaitu terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu
manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri. Pernyataan tersebut merupakan
bagian dari teori .... 2 poin
a.
Sibernetik
b.
Kognitivistik
c.
Humanistik
d.
Konstruktivistik
e.
Behavioristik
29. Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki oleh
peserta didik adalah..... 2 poin
a.
Mampu mengalami sebuah
kejadian
b.
Mampu memecahkan masalah
c.
Mampu membuat peraturan
d.
Mampu memahami sebuah
kejadian
e.
Mampu memahami permasalahan
30. Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat
dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah.... 2 poin
a.
Membimbing siswa dalam
memperoleh pengetahuan baru
b.
Menyediakan atau memberikan
kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa dan membantu mereka
kengekspresikan gagasannya
c.
Memberikan stimulus kepada
peserta didik berupa penataan lingkungan belajar
d.
Memberikan penjelasan
pengetahuan baru
e.
Memahami tahap-tahap
perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan
tahap tersebut
31. Seperti apa yang dikatakan oleh Friedman, perkembangan
teknologi begitu cepat namun manusia belum bisa mengimbangi percepatan
perkembangan teknologi. Sebagai seorang guru, maka yang harus dilakukan dalam
rangka menyesuaikan dengan perkembangan teknologi adalah ... 3 poin
a.
Mengintegrasikan teknologi
ke ruang kelas dan memberikan penjelasan cara penggunaannya
b.
Membebaskan peserta didik
menggunakan alat teknologi di dalam kelas
c.
Guru tidak melarang,
membatasi, maupun memberikan edukasi
d.
Tidak menganjurkan peserta
didik untuk membawa alat teknologi
e.
Memberi kebebasan belajar
dengan HP
32. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh seorang
guru dalam mengembangkan kurikulum yaitu tujuan Pendidikan nasional, visi,
misi, tujuan yang diharapkan masyarakat. Hal ini berarti ... 3 poin
a.
Guru menyusun program
pembelajaran di kelas diterjemahkan ke dalam sebuah tujuan nasional
b.
Guru menyusun program
pembelajaran menyesuaikan dengan kurikulum yang ada berdasarkan tujuan yang
ditetapkan.
c.
Guru menyusun program
pembelajaran dengan mengacu kepada tujuan Pendidikan nasional, visi, misi,
tujuan juga disesuaikan dengan kondisi masyarakat
d.
Guru melakukan pembelajaran
hanya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat.
e.
Guru melaksanakan proses
pembelajaran sesuai dengan pengalamannya yang menurutnya penting.
33. Di bawah ini merupakan kajian pokok implementasi
kurikulum, kecuali ... 3 poin
a.
Merancang dokumen kurikulum
b.
Mengembangkan program
c.
Pelaksanaan Pembelajaran
pembelajaran
d.
Pengembangan kurikulum
e.
Evaluasi proses yang
dilaksanakan
34. Menurut Friedman, perkembangan teknologi begitu cepat
namun manusia belum bisa mengimbangi percepatan perkembangan teknologi. Dalam
pengembangan sebuah kurikulum, fenomena tersebut bisa diartikan dan digunakan
untuk ... 3 poin
a.
Mengidentifikasi
perkembangan teknologi, menyiapkan strategi antisipasi untuk mengejar
ketertinggalan dalam beradaptasi dengan teknologi
b.
Identifikasi perkembangan
zaman, sehingga pembelajaran harus mengikuti perkembangan teknologi.
c.
Guru tidak melarang,
membatasi, maupun memberikan edukasi
d.
Memberi kebebasan belajar
dengan HP
e.
Mengintegrasikan teknologi
ke ruang kelas dan memberikan penjelasan cara penggunaannya
35. Kurikulum Indonesia telah mengalami perubahan sebanyak
sepuluh kali. Jika dikelompokkan dalam jenisnya, kurikulum yang dikembangkan
pada tahun 2004-2013, termasuk jenis kurikulum... 3 poin
a.
Kurikulum berbasis pada
pencapaian tujuan
b.
Kurikulum berbasis pada
pencapaian proses
c.
Kurikulum berbasis pada
kompetensi
d.
Kurikulum sebagai rencana
pelajaran
e.
Kurikulum berbasis konten
pembelajaran
36. Dalam kurikulum 2013, terdapat integrasi antara ilmu
pengetahuan dan karakter. Hal ini sesuai dengan arah baru program baru UNESCO
yaitu ... 3 poin
a.
Pikiran dan benda
terintegrasi dalam pengembangan
b.
Sains dan nilai religius
terintegrasi
c.
Pendidikan untuk semua
d.
Ekonomi, manusia,
lingkungan, dan sosial diintegrasikan
e.
Pendidikan merupakan
integral dari semua perkembangan
37. Nilai-nilai kehidupan dan budaya dalam masyarakat
senantiasa berkembang, maka peran kurikulum tidak hanya mewariskan nilai dan
budaya melainkan juga berperan untuk menilai dan memilih nilai budaya serta
pengetahuan baru yang akan diwariskan. Penjelasan tersebut merupakan ... 2 poin
a.
Peran kreatif
b.
Peran konservatif
c.
Peran kritis dan evaluatif
d.
Peran sumatif
e.
Peran sosial
38. Dalam pelaksanan kurikulum 2013, peserta didik
memerlukan berbagai macam sumber literasi untuk menunjang berbagai macam bacaan
dan literasi. Namun, masih ada sekolah yang tidak memilikinya. Hal tersebut
merupakan hambatan dari salah satu faktor ... 2 poin
a.
Faktor sarana dan fasilitas
b.
Faktor administrasi
c.
Faktor budaya dan ideologi
d.
Faktor sekolah
e.
Faktor lingkungan sekolah
39. Kurikulum bukan hanya dipandang sebagai seperangkat mata
pelajaran dan silabus, namun juga harus dipandang sebagai ... 3 poin
a.
Materi yang harus
disampaikan kepada peserta didik
b.
Seperangkat alat
pembelajaran yang harus disesuaikan dengan peserta didik
c.
Seperangkat tujuan
pembelajaran
d.
Seperangkat dokumen yang
harus dilaksanakan
e.
Rincian jadwal pelajaran
40. Kurikulum sebagai seluruh aktivitas peserta didik baik
yang dilakukan di dalam maupun di luar kelas berarti.... 3 poin
a.
Menyusun aktivitas
pembelajaran yang disajikan dalam RPP untuk menjadi dokumen sekolah
b.
Menyusun daftar mata
pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa selama menempuh pembelajaran di
kelas
c.
Menyusun rancangan
kunjungan ke kebun binatang untuk menyelesaikan projek pembelajaran sain
d.
Menyusun modul pembelajaran
yang memuat aktivitas belajar siswa
e.
Menyusun daftar isi bahan
pembelajaran agar mudah dipelajari oleh siswa dalam proses pembelajaran