PTK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN TPACK MATERI IMAN KEPADA KITAB ALLAH PADA SISWA KELAS IV
PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN TPACK MATERI IMAN KEPADA KITAB KITAB ALLAH PADA SISWA KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH KARANGMANGU DESA SELOMANIK KECAMATAN KALIWIRO KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2021/2022
Permasalahan yang menjadi latar belakang
penelitian ini dilandasi oleh pengalaman peneliti mengajar selama lebih kurang
12 tahun, ternyata diperoleh temuan masih rendahnya motivasi dan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak, terutama pada pokok bahasan iman
kepada kitab-kitab allah SWT. Sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan
motivasi dan hasil belajar siswa, melalui pendekatan pembelajaran TPACK.
Tujuan utama penelitian tindakan kelas
ini adalah efektivitas pendekatan TPACK untuk meningkatkan hasil belajar dalam
ruang lingkup iman kepada kitab-kitab Allah mata pelajaran akidah akhlak kelas
IV di MI Muhammadiyah Karangmangu Desa Selomanik Kecamatan Kaliwiro Kabupaten
Wonosobo.
Metode pengumpulan data yang di gunakan
adalah observasi, wawancara, pengamatan partisipasif, dan dokumentasi.
Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 dengan rincian
sebgai berikut :
Pada pra siklus, ketuntasan belajar
siswa hanya mencapai 40% atau hanya 4 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM.
Setelah dilaksanakan siklus I ketuntasan
belajar meningkat 20% menjadi 60% atau 6 siswa dari 10 siswa memperoleh nilai
di atas KKM.
Kemudian dilanjutkan pada siklus ke II
terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 40% menjasi 100% atau 10 dari
10 siswa memiliki nilai di atas KKM.
Oleh karena ketuntasan belajar yang
ditentukan oleh peneliti minimal 70% maka peneliti berkesimpulan bahwa
penelitian tindakan kelas ini sampai siklus II dinyatakan berhasil dan tidak
perlu dilanjutkan ke siklus ke III.
Berdasarkan penelitian tindakan kelas
yang telah dilaksanakan pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Karangmangu yang
dilaksanakan selama 2 siklus maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan
TPACK dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah
Karangmangu Tahun pelajaran 2021-2022. Dari hasil analisis data observasi yang
dilaksanakan pada saat pembelajaran dengan menerapkan pendekatan TPACK terdapat
peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II.
Untuk download PTK secara lengkap klik link di bawah ini