Contoh Tugas Akhir PPG Daljab 2020

Berikut adalah beberapa contoh pembuatan soal untuk tugas akhir peserta Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) 2020.

Ada beberapa modul dalam contoh tugas akhir PPG Daljab, Dari modul 1 sampai modul 3 yang masing-masing modul berisi 5 buah soal pilihan.

Ditambah beberapa contoh soal tes formatif pedagogik.
mutiaraguruku.blogspot.com
mutiaraguruku.blogspot.com
Pedagogik Modul 1 

1.Dalam mewujudkan model pembelajaran yang relevan dan kondusif untuk menyiapkan siswa menjadi warga negara global dan melek teknologi maka diperlukan strategi pembelajaran sebagai berikut, kecuali: 
a. Fokus pembelajaran pada praktek belajar lebih dalam dan beljar kemitraan baru. 
b. Mengaplikasikan strategi pedagogi yang mendukung praktek deeper learning dan kemitraan baru 
c. Pembelajaran langsung ke arah model pembelajaran penemuan 
d. Pembelajaran menggunakan dengan media seadanya. 

2. Strategi pembelajaran dimana siswa bekerjasama untuk saling membantu dalam membnatu belajar merupakan strategi pembelajaran ..... 
a. Problem Based Learning 
b. Project Based Learning 
c. Cooperative Learning 
d. Driil and Practice 

3. Karakteristik pembelajaran abad 21 adalah sebagai berikut, kecuali 
a. Informasi bersifat statis dan terjadi di sekolah 
b. Komunikatif digital 
c. Guru mempersiapkan kegiatan pembelajaran dengan mempertimbangkan kondisi siswa 
d. Informasi tidak selalu valid 

4. Dalam Standard Teknologi Pendidikan Nasional untuk Siswa ( NETS-S) ada beberapa ketrampilan harus dimiliki oleh siswa diantaranya: 
a. Kreatifitas dan inovasi 
b. Penelitian dan kelancaran 
c. Berpikir kritis, pemecahan masalah, dan pembuatan keputusan 
d. Jawaban a, b. dan c benar 

5. Tipe-tipe pembelajaran yang termasuk dalam kategori model pembelajaran cooperative learning adalah sebagai berikut, kecual : 
a. Jigsaw 
b. Number Heads Together 
c. Picture and Picture 
d. Project Oriented Learning 

Pedagogik Modul 2

1. Penjelasan tentang kompetensi dan kualifikasi guru terdapat pada . . . 
a. PP No 19 tahun 2015tentangstandar nasional pendidikan 
b. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No 23 
c. Peraturan Menteri Penndidikan Nasional No 16 tahun 2001 
d. Peraturan Menteri Penndidikan Nasional No 16 tahun 2007 

2. Memahami karakteristik siswa dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional dan intelektual termasuk dalam kompetensi . . . 
a. Pedagogik 
b. Kepribadian 
c. Sosial 
d. Profesional 

3. Menerapkan berbagai pendekatan , strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogik pada aspek . . . 
a. Penguasaan terhadap karekteristik peserta didik 
b. Penguasaan pada teori pembelajaran dan prinsip-prinsip pembelajaran 
c. Pengembangan kurikulum 
d. Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik 

4. Melakukan penelitian tintakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran merupakan kompetensi pedagogik pada aspek . . . 
a. Penguasaan terhadap karekteristik peserta didik 
b. Pengembangan kurikulum 
c. Melakukan tindakan reflektif 
d. Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik 

5. Berikutaspek penting dalam pengelolaan pembelajaran abad 21, kecuali . . . 
a. Penguatan tugas utama guru sebagai perancang pembelajaran yang kreatif dan inovatif 
b. Menghindari penggunaan smatphone yang berlebihan dalam pembelajaran 
c. Menerapkan kemampuan berpikir tingkat tinggi ( higher order thinking ) 
d. Menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi 

Pedagogik Modul 3  

1. Allah maha menjaga dan memelihara semua makhlukNya atas apa yang mereka lakukan, baik dan buruk hal ini sesuai dengan sifat (al-asma al husna Allah SWT.... 
a. Al- Hafiz 
b. Al- Karim 
c. Al- Jami’ 
d. Al-Malik 

2. Meyakini bahwa Allah adalah zat yang paling Mulia, sehingga kita tidak boleh terlalu memuliakan manusia melebihi kemuliaan Allah SWT, hal ini adalah cara mengimani sifat-sifat Allah SWT.... 
a. Al- Mu’min 
b. Al – Matin 
c. Al –Karim 
d. Al- Wakil 

3. Salah satu bentuk meneladani sifat Allah SWT “al- wakil” dalam kehidupan sehari-hari adalah... 
a. Beriman kepada Allah, rasul, kitab, malaikat qodo’ dan qodar 
b. Bertawakal kepada Allah SWT setelah berusaha semaksiamal mungkin agar dikabulkan permohonan 
c. Memperbanyak membaca lahaula wala quwwata illa billah 
d. Berdoa kepada Alllah SWT agar diberikan rasa aman dan terhindar dari musibah. 

4. Allah Swt adalah pemberi dan penjamin rezeki semua makhluk-Nya, tak terkecuali manusia. Disamping itu, Allah juga menganjurkan manusia untuk mencari rezeki yang halal dan dengan cara-cara yang diridhoi-Nya. Hal ini merupakan wujud dari sifat Allah Swt . . . 
a. Ar-Razzaq 
b. Al-Hadi 
c. Al-Hasib 
d. Al-Hakim 

5. Dalam Al-Asma’ Al-Husna Allah bersifat Al-Malik berarti . . . 
a. Allah Maha Pemberi rezeki 
b. Allah Maha Pemilik dan Maha Raja 
c. Allah Maha Penghitung dan Maha mencukupi. 
d. Allah Maha pemberi Petunjuk 


TES FORMATIF PEDAGOGIK 

1. Teknologi dan media berperan penting dalam proses peningkatan kualitas hidup manusia, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Teknologi dan media memiliki sumber daya besar untuk mempengaruhi pikiran dan perilaku khalayak, termasuk guru dan siswa dalam suatu proses komunikasi pendidikan. Asumsi tersebut merupakan pernyataan teoretik dari? 
A. Diterminisme teknologi 
B. Diterminisme ICT 
C. Diterminisme teknologi dan efek media 
D. Diterminisme sosial 

2. Sebagai sebuah karya peradaban mutakhir, TIK berkembang pesat dalam perannya sebagai fasilitator pembelajaran. TIK pun juga bisa menjadi media itu sendiri, yang disebut sebagai? 
A. Media Berbasis TIK 
B. Media konvergensi 
C. Multimedia 
D. Media Berbasis web. 

3. Mediatisasi adalah sebuah proses dinamis dalam hubungan antara keberadaan media di tengah masyarakat yang bersifat insitusional. Di sini media yang mulanya merupakan hasil temuan ilmu pengetahuan dan teknologi kemudian berkembang menjadi institusi sosial, yang kemudian juga terlibat dalam pergulatan hubungan dengan institusi sosial lainnya, termasuk dalam lembaga sekolah. Ciri utama mediatisasi dalam konteks pembelajaran adalah? 
A. Media bergantung pada kebijakan lembaga sekolah dalam perannya sebagai komponen dalam pembelajaran. 
B. Media tidak bersifat menentukan terhadap perilaku guru dan siswa, karena menempatkan siswa sebagai subyek aktif dalam menerima pesan media. 
C. Media menjadi insitusi otonom atau indipenden terhadap lembaga sekolah dan kemudian menjadi lebih terintegrasi dengan institusi pendidikan. 
D. Media terus berkembang sebagai institusi otonom dan mengancam keberadaan dan peran guru dalam proses pembelajaran. 

4. Penetrasi TIK dalam pembelajaran semakin mendorong lembaga sekolah memanfaatkan teknologi canggih ini. Bukan saja sumber daya TIK memang begitu besar untuk memberikan kontribusi terhadap kualitas pembelajaran, tetapi sebagai bagian dari revolusi industri 4.0 siapa pun tidak bisa menghindar terhadap hadirnya gelombang baru ini. Dari sudut pandang teknologi pendidikan, TIK memang terbukti memiliki sumber daya besar untuk membantu peningkatan kualitas pembelajaran. Atas dasar argument itu, mana pernyataan berikut yang Anda anggap benar? 
A. Sebagai guru abad 21, guru harus menyesuaikan diri dengan cara kerja logika teknologi dan media, sehingga bagaimanapun guru harus mengikuti kehendak teknologi dan media. 
B. Tidak ada satu kekuatan apa pun yang bisa menghentikan pengaruh teknologi dan media dalam dunia pendidikan, karena itu guru harus beradaptasi dengan perkembangan baru ini. 
C. Kehadiran TIK ini tidak harus dihadapkan secara frontal pada peran guru, karena TIK bisa berjalan secara pararel dan saling mengisi di antara peran guru dan peran teknologi serta media untuk memecahkan problem pembelajaran. 
D. Guru sampai kapan pun tetap merupakan kekuatan tersendiri dalam proses pembelajaran, sehingga kehadiran TIK tidak perlu diperhitungkan karena teknologi dan media tidak bisa mengganti peran guru dalam proses pembelajaran. 

5. Salah satu pemanfaatan utama media dan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari di bidang pendidikan pada era digital ini adalah 
A. Sebagai media promosi
B. Sebagai media komunikasi 
C. Sebagai media literasi
D. Sebagai media sumber belajar 

6. Peserta didik di era digital dapat menggunakan perangkat nirkabel bergerak (internet)sebagai media peralatan interaktifkapanpun dan dimanapun saat diperlukan. Hal ini merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan media digital berbasis komputer yang disebut.... 
A. Interactive tools
B. Alternative tools 
C. Interacting with others 
D Situational tools 

7. Berikut situs media interaktif berbasis web dan media sosial yang dapat dimanfaatkan guru sebagai sarana belajar dalam komunitas belajar di seluruh penjuru dunia, kecuali ...... 
A. web
B. proquest 
C. wiki 
D. podcast 

8. Ada empat kemampuan yang harus dimiliki guru dalam pengembangan pembelajaran di era digital adalah sebagai berikut, kecuali.... 
A. Interactive Instruction (Pembelajaran Interaktif)
B. Personal Response System (PRS) 
C. Interacting with others 
D. Community of Practice (Komunitas Praktik)

9. Ilustrasi dari pesatnya penggunaan media dan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari pada abad 21 ditandai dengan... 
A. Keterampilan motorik siswa yang mulai terlihat dalam kegiatan pembelajaran 
B. Interpersonal skill siswa yang mulai nampak dalam kehidupan sehari-hari 
C. Hasil belajar siswa yang mulai meningkat setelah menggunakan media dan teknologi digital. 
D. Peningkatan penggunaan media sosial untuk melakukan interaksi sosial terkait komunitas belajar peserta didik di seluruh penjuru dunia. 

10. Guru menunjukkanpengetahuan, keterampilan, dan proses kerja yang mewakili profesional inovatif dalam masyarakat global dan digital, merupakan deskripsi dari standar.... 
A. Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa. 
B. Mempromosikan dan Model Digital Citizenship dan Tanggung Jawab 
C. Model Kerja dan Belajar Digital-Age 
D. Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa 

11. Guru dalam pembelajaran berbasisdigital menggunakan perangkat digital handlehand. Hal ini sesuai peran guru dalam pembelajaran berbasis teknologi digital berupa.... 
A. Interactive Instruction
B. Mobile Assessment Tools 
C. Personal Response System (PRS)
D. Community of Practice 

12. File multimedia berbasis internet yang diformat untuk dapat diunduh langsung ke perangkat seluler adalah pengertian dari.... 
A. wiki 
B. web 
C. podcast
D. html 

13. Salah satu contoh konkret penggunaan media interaktif saat pembelajaran di kelas pada era digital adalah.... 
A. Microsoftword
B. macroflash media 
C. powerpoint
D. Corel draw 

14. Guru secara terus-menerus meningkatkan praktik profesional mereka, memodelkan pembelajaran seumur hidup, dan memamerkan para pemimpin dalam komunitas sekolah dan profesional mereka dengan mempromosikan dan mendemonstrasikan penggunaan alat-alat digital dan sumber daya secara 
A. Terlibat dalam Pertumbuhan Profesional dan Kepemimpinan 
B. Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa. 
C. Mempromosikan dan Model Digital Citizenship dan Tanggung Jawab 
D. Model Kerja dan Belajar Digital-Age

Demikianlah contoh soal tugas akhir Pendidikan Prefesi Guru dalam Jabatan (PPG Daljab) Materi Pedagogik Mapel Akidah Akhlak