Soal TKB Bidang Pendidikan Beserta Jawaban [TKB Keguruan]
Thursday, February 13, 2020
Soal TKB Bidang Pendidikan (TKB Keguruan) lengkap beserta Jawaban
1. Seperangkat rencana dan
pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan
sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan
pendidikan tertentu disebut .....
A.
Silabus
B.
RPP
C.
Kurikulum
D.
Standar Isi
E. Standar nasional pendidikan
2. Sebuah kurikulum operasional
pendidikan yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan
pendidikan di Indonesia adalah .....
A.
Kurikulm Berbasis
Kompetensi (KBK)
B.
Kurikulum Berkesinambungan
C.
Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP)
D.
Kurikulum 1999
E. Kurikulum 2004
3. Penyusunan KTSP harus mengacu
pada .....
A.
Standar Isi dan Standar
kompetensi Lulusan (SKL)
B.
Standar Kompetensi Lulusan
Peserta didik
C.
Silabus
D. RPP E. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SKKD)
4. Kriteria atau acuan atau pedoman dasar dalam menentukan
pencapaian Minimal hasil belajar peserta didik dinamakan ..... A. Standar
Kompetensi Lulusan (SKL)
B.
Standar Batas Minimum
Kelulusan
C.
Ambang Batas Minimum Lulus
D.
Nilai Kentuntasan Minimal
E. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
5. Istilah pedagogik berasal dari
bahasa Yunani yaitu .....
A.
Pedagogie
B.
pedagogos
C.
Pedago dan logos
D.
Pedagogics
E. Peudae dan logos
6. Karakteristik, ciri-ciri, tanda-tanda, perbuatan,
atau respons, yang harus dapat dilakukan atau ditampilkan oleh siswa, untuk
menunjukkan bahwa siswa itu telah memiliki kompetensi dasar tertentu disebut
.....
A.
Kemampuan peserta didik
B.
Kompetensi dasar
C.
Indikator
D.
Kecakapan hidup
E. Kompetensi lulusan
7. Suatu strategi pengembangan
materi pokok berdasarkan atas urutan penyelesaian suatu tugas pembelajaran
dinamakan .....
A.
Pendekatan hierarkis
B.
Pendekatan spiral
C.
Pendekatan terjala
D.
Pendekatan berkesinambungan
E. Pendekatan prosedural
8. Aspek yang berkaitan dengan
perasaan, emosi, sikap, derajat penerimaan atau penolakan terhadap suatu obyek
peserta didik disebut ....
A.
Afektif
B.
Kognitif
C.
Psikomotorik
D.
Emotif
E. Sensitif
9. Kemampuan yang dapat dilakukan
atau ditampilkan untuk satu mata pelajaran atau kompetensi dalam mata pelajaran
tertentu yang harus dimiliki oleh siswa disebut......
A.
Kompetensi dasar
B.
Standar kompetensi
C.
Indikator
D.
Kompetensi lulusan
E. Kecakapan hidup (lifeskill)
10. Badan mandiri dan independen
yang bertugas mengembangkan, memantau pelaksanaan, dan mengevaluasi standar
nasional pendidikan adalah ....
A.
Badan Standar Nasional
Pendidikan (BSNP)
B.
Badan Kurikulum Nasional
C.
Badan Standarisasi Nasional
(BSN)
D.
Direktorat Pendidikan dan
Kebudayaan
E. Direktorat Pendidikan Nasional
11. Berikut ini adalah
prinsip-prinsip dalam penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) kecuali
.....
A.
Memperhatikan perbedaan
individu peserta didik
B.
Mendorong partisipasi aktif
peserta didik
C.
Memberikan umpan balik dan
tindak lanjut
D.
Menerapkan teknologi informasi
dan komunikasi
E.
Keterkaitan dan keterpaduan
isi dengan silabus
12. Yang tidak termasuk dalam 4
kompetensi yang harus dimiliki oleh guru profesional adalah.....
A.
Kompetensi Pedagogik
B.
Kompetensi Kepribadian
C.
Kompetensi Profesional
D.
Kompetensi Sosial
E. Kompetensi Keahlian
13. Komponen RPP terdiri dari
beberapa hal berikut kecuali .....
A.
Identitas mata pelajaran
B.
standar kompetensi
C.
kompetensi dasar
D.
Presensi peserta didik
E. kegiatan pembelajaran
14. Yang tidak termasuk aspek
kompetensi pedagogik guru berdasarkan Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja
Guru (PK Guru) adalah ......
A.
Mengenal karakteristik
peserta didik
B.
Menguasai teori belajar dan
prinsip‐prinsip pembelajaran
C.
Mampu mengembangkan
kurikulum
D.
Mampu menciptakan RPP yang
berbeda minimal 5 buah setiap minggunya
E. Mengembangkan potensi peserta didik
15. Standar kompetensi pedagogik
sesuai dengan .......
A.
Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007
B.
Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Nomor 21 Tahun 2007
C.
Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Nomor 26 Tahun 2007
D.
Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Nomor 32 Tahun 2007
E. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 52 Tahun 2007
16. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
adalah sebagai berikut kecuali .....
A.
Menguasasi teori belajar
dan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif
B.
Merencanakan dan
mengembangkan kurikulum
C.
Mengenal latar belakang
peserta didik untuk menunjang proses KBM
D.
Melaksanakan pembelajaran
yang efektif
E. Menilai dan mengevaluasi pembelajaran
17. Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 32 Tahun 2008 mengatur tentang .....
A.
Standar Kualifikasi
Akademik dan Kompetensi Konselor
B.
Standar Kualifikasi
Akademik dan Kompetensi Guru Pendidikan Khusus
C.
Spektrum Keahlian
Pendidikan Menengah Kejuruan
D.
Standar Kualifikasi
Akademik dan Kompetensi Guru E. Standar isi
18. Berikut ini adalah beberapa
inovasi pendidikan yang pernah dicetuskan oleh pemerintah, kecuali ....
A.
Cara Belajar Siswa Aktif
(CBSA)
B.
Guru pamong
C.
Sistem belajar jarak jauh
D.
Sekolah bebas
E. Sekolah kecil
19. Undang-undang yang mengatur
tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah ......
A.
Undang-undang RI nomor 9
tahun 2003
B.
Undang-undang RI nomor 11
tahun 2003
C.
Undang-undang RI nomor 20
tahun 2003
D.
Undang-undang RI nomor 14
tahun 2003
E. Undang-undang RI nomor 25 tahun 2003
20. Pasal yang menyebutkan
mengenai sertifikasi pendidik harus diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang
memiliki program pengadaan tenaga kependidikan yang terakreditasi adalah ....
A.
Undang-undang RI nomor 20
tahun 2003 pasal 41 ayat 1
B.
Undang-undang RI nomor 14
tahun 2003 pasal 41 ayat 2
C.
Undang-undang RI nomor 20
tahun 2003 pasal 43 ayat 1
D.
Undang-undang RI nomor 20
tahun 2003 pasal 43 ayat 2
E. Undang-undang RI nomor 14 tahun 2003 pasal 14 ayat 1
21. Permasalahan mengenai
pendanaan pendidikan diatur dalam ....
A.
Peraturan Pemerintah RI
nomor 14 tahun 2008
B.
Peraturan Pemerintah RI
nomor 20 tahun 2008
C.
Peraturan Pemerintah RI
nomor 48 tahun 2008
D.
Peraturan Pemerintah RI
nomor 50 tahun 2008
E. Peraturan Pemerintah RI nomor 61 tahun 2008
22. Adapun masalah pengelolaan
dan penyelenggaraan pendidikan telah diatur dalam ....
A.
PP RI Nomor 17 tahun 2007
B.
PP RI Nomor 14 tahun 2007
C.
PP RI Nomor 17 tahun 2009
D.
PP RI Nomor 17 tahun 2010
E. PP RI Nomor 14 tahun 2010
23. Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional nomor 20 tahun 2007 mengatur tentang ....
A.
Standar Penilaian
Pendidikan
B.
Standar Proses Belajar
Mengajar
C.
Penilaian Berbasis Kelas
D.
Sertifikasi Guru
E. Guru dan Dosen
24. Kedudukan Dosen sebagai
tenaga profesional ditetapkan dalam ....
A.
Bab II pasal 3 UU Guru dan
Dosen No.14 tahun 2005
B.
Bab II pasal 3 UU Guru dan
Dosen No. 4 tahun 2005
C.
Bab II pasal 3 UU Guru dan
Dosen No.20 tahun 2005
D.
Bab I pasal 2 UU Guru dan
Dosen No.14 tahun 2005
E.
Bab I pasal 3 UU Guru dan
Dosen No.14 tahun 2005
25. Sistem Penjaminan Mutu
Pendidikan diatur dalam ....
A.
Permendiknas RI Nomor 63
Tahun 2009
B.
Permendiknas Nomor 69 Tahun
2009
C.
Peraturan Pemerintah Nomor
48 Tahun 2008
D.
Peraturan Pemerintah Nomor
53 Tahun 2010
E. Permendiknas RI Nomor 24 Tahun 2008
26. Permendiknas RI Nomor 26
Tahun 2008 membahas dan mengatur tentang ....
A.
Standar Pembiayaan
B.
Standar Tenaga Perpustakaan
Sekolah/ Madrasah
C.
Standar Tenaga Laboratorium
Sekolah/Madrasah
D.
Standar Tenaga Administrasi
Sekolah/ Madrasah
E. Standar Sarana dan Prasarana Sekolah
27. Peraturan tentang ijin
belajar telah ditetapkan dalam ....
A.
PMA Nomor 28 Tahun 2013
B.
KMA Nomor 175 Tahun 2010
C.
PMA Nomor 1 Tahun 2010
D.
KMA Nomor 9 Tahun 2007
E. KMA Nomor 493 Tahun 2003
28. Permendiknas No.12 Tahun 2009
tentang .....
A.
Kriteria dan Perangkat
Akreditasi SD-MI
B.
Kriteria dan Perangkat
Akreditasi SMP-MTs
C.
Kriteria dan Perangkat
Akreditasi SMA-MA
D.
Badan Akreditasi Nasional
Sekolah-Madrasah
E. Perguruan Tinggi Penyelenggara Sertifikasi Dosen
29. Permen PAN dan Reformasi
Birokrasi No. 16 Tahun 2009 mengatur tentang ....
A.
Sistem Penjaminan Mutu
Pendidikan
B.
Jabatan Fungsional Guru Dan
Angka Kreditnya
C.
Jabatan Fungsional Pengawas
Sekolah dan Angka Kreditnya
D.
Petunjuk Teknis Pelaksanaan
Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan
E. Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi
30. Penilaian hasil belajar
peserta didik pada jenjang pendidikan
dasar dan menengah didasarkan pada prinsip-prinsip berikut ini kecuali.....
A.
sahih
B.
objektif
C.
subjektif
D.
terpadu
E. Akuntabel
31. Penilaian hasil belajar yang
dilakukan oleh satuan pendidikan untuk melihat pencapaian kompetensi peserta
didik pada semua mata pelajaran meliputi hal berikut, kecuali.....
A. menentukan KKM setiap mata
pelajaran dengan memperhatikan peserta didik, karakteristik mata pelajaran, dan
kondisi satuan pendidikan melalui rapat dewan pendidik
B. mengkoordinasikan
ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas
C. menentukan kriteria
kenaikan kelas bagi satuan pendidikan yang menggunakan sistem paket melalui
rapat dewwan pendidik
D. menerbitkan ijazah setiap
peserta didik yang lulus UN
E. menginformasikan silabus
mata pelajaran yang di dalamnya memuat rancangan dan kriteria penilaian awal
semester
32. Pada Juli 2013 lalu Sekretaris Jenderal
Kemenag Bahrul Hayat menyatakan bahwa Kemenag akan memprioritaskan 4 kebijakan
pendidikan pada 2014. Berikut kebijakan tersebut, kecuali.....
A.
Pendidikan Menengah
Universal (PMU)
B.
Jenjang pendidikan tingkat
dasar dan menengah yang berbasis internasional
C.
implementasi kurikulum 2013
D.
alokasi bantuan siswa
miskin
E. membangun sekitar 12 Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia ( MAN
IC ) baru di beberapa provinsi
33. Permendikbud No. 81A Tahun
2013 menyertakan 5 lampiran yang memuat tentang beberapa pedoman yang berkaitan
dengan Implementasi Kurikulum 2013, yaitu kecuali....
A.
Pedoman Penyusunan dan
Pengelolaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
B.
Pedoman Pengembangan Muatan
Lokal
C.
Pedoman Kegiatan
Ekstrakurikuler
D.
Pedoman Umum Pembelajaran
E. Pedoman Evaluasi dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
34. Prinsip profesionalitas yang
harus dimiliki dosen sesuai UU guru dan Dosen adalah sebagai berikut kecuali....
A.
Memiliki bakat, minat,
panggilan jiwa dan idealisme
B.
Memiliki komitmen untuk
meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia
C.
Mampu mengenal
karakteristik setiap mahasiswa di perguruan tinggi
D.
Memiliki kualifikasi
akademik dan latar belakang pendidikan sesuai dengan bidang tugas
E.
Memiliki kompetensi yang
diperlukan sesuai dengan bidang tugas
35. Yang termasuk kewajiban
seorang dosen adalah ......
A. Melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian
kepada masyarakat
B. Memperoleh penghasilan diatas kebutuhan minimum dan
jaminan kesejahteraan sosial
C. Mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan
tugas dan prestasi kerja D. Memperoleh perlindungan dalam melaksanakan tugas
dan hak atas kekayaan intelektual
E. Memiliki kebebasan dalam memberikan penilaiaan dan
penentuan kelulusan peserta didik
36. Berikut ini adalah hak
seorang dosen, kecuali.....
A. Memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensi, akses
sumber belajar, informasi, sarana dan prasarana pembelajaran serta penelitian
dan pengabdian kepada masyarakat
B. Memiliki kebebasan dalam memberikan penilaiaan dan penentuan
kelulusan peserta didik
C. Memiliki kebebasan untuk berserikat dalam organisasi
profesi/organisasi keilmuan
D. Mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan tugas dan
prestasi kerja E. Bertindak objektif dan tidak diskriminatif atas dasar
pertimbangan jenis kelamin, agama, suku, ras, kondisi fisik tertentu, atau
latar belakang sosial ekonomi peserta didik dalam pembelajaran
37. Pengembangan muatan lokal
untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK perlu memperhatikan beberapa prinsip
pengembangan sebagai berikut kecuali.....
A.
Utuh
B.
Objektif
C.
Kontekstual
D.
Apresiatif
E. Fleksibel
38. Inspektorat
Jenderal Departemen melakukan audit kinerja terhadap lembaga-lembaga berikut
kecuali ...... A. Instansi Kepala Sekolah
B.
Kantor Pusat Unit Utama
Departemen
C.
LPMP
D.
BSNP
E. BAN-PT
39. Yang tidak termasuk aspek
evaluasi kurikulum adalah .......
A.
Evaluasi hasil implementasi
kurikulum
B.
Evaluasi implementasi
kurikulum
C.
Evaluasi dokumen kurikulum
D.
Evaluasi reflektif
E.
Evaluasi komprehensif
40. Berikut ini merupakan
permasalahan pendidikan yang mendasar kecuali....
A.
Mahalnya biaya pendidikan
B.
Korupsi dana pendidikan
C.
Kurangnya minat masyarakat
akan pendidikan
D.
Kurangnya fasilitas
pendidikan
E. Diskriminasi status guru
41. Menyikapi permasalahan
mengenai profesionalisme guru yang dirasa kurang, maka tindakan yang harus
dilakukan adalah ...
A.
Memberikan otoritas kepada
guru dalam melaksanakan profesinya
B.
Meningkatkan gaji dan atau
insentif untuk guru yang dilakukan baik pemerintah pusat maupun daerah
C.
Melakukan redistribusi
berdasarkan kebutuhan daerah dengan memberikan insentif yang sesuai dengan
kondisi geografis
D.
Menghapuskan diskriminasi
status guru PNS, swasta, honorer, kontrak, bantu, sukarelawan dengan membangun
sistem manajemen guru dalam satu kesatuan yang tidak diskriminatif
E. Memberikan kebebasan kepada guru untuk berserikat, menyatakan
pendapat, dan menjamin peranserta guru dalam pemberantasan KKN, khususnya
pemberantasan korupsi dana pendidikan
42. Pro kontra mengenai tes
keperawanan dalam seleksi masuk sekolah yang menuai banyak kecaman dan beredar
belum lama ini digagas oleh ....
A.
Dinas Pendidikan Kota
Prabumulih, Sumatera Selatan
B.
Dinas Pendidikan Kota Depok
C.
Dinas Pendidikan Kota
Tangerang, Jawa barat
D.
Dinas Pendidikan Kabupaten
Balangan, Kalimantan Selatan
E. Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara, Sumut
43. Contoh-contoh permasalahan
yang dihadapi guru yang berkenaan dengan relevansi mutu pendidikan, antara lain
.....
A.
Perkiraan yang tidak tepat
terhadap inovasi
B.
Belum meratanya kemampuan
hasil belajar diantara siswa di dalam kelas
C.
Konflik antar siswa dan
motivasi yang kurang sehat
D.
Kurang adanya hubungan
sosial dan publikasi
E. Lemahnya berbagai faktor penunjang sehingga mengakibatkan tidak
berkembangnya inovasi pembelajaran
44. Permasalahan yang sering
dihadapi oleh guru berkenaan dengan efisiensi pendidikan, antara lain sebagai
berikut kecuali....
A.
Tidak terselesaikannya
seluruh bahan kurikulum dalam pembelajaran karena keterbatasan waktu
B.
Belum oftimalnya penggunaan
media dan sumber belajar
C.
Kurangnya pemberian
perhatian, pengakuan, penguatan (reinforcement, reward) kepada murid yang
kurang pandai
D.
Kurang aktifnya siswa dalam
proses pembelajaran
E. kurang memiliki sarana dan prsarana pendidikan yang memadai
45. Salah satu masalah pokok
pendidikan di Indonesia adalah Elitisme. Contoh dari elitisme adalah ...
A.
Lembaga pendidikan dibentuk
berdasarkan fungsi dan peranan pendidikan yang sudah ketinggalan jaman
B.
Kepincangan pemberian
subsidi
C.
Alat bantu proses belajar
mengajar belum memadai
D.
Biaya pendidikan yang mahal
membuat siswa putus sekolah atau tidak melanjutkan
E.
Tidak meratanya lulusan
yang dihasilkan untuk semua jenjang pendidikan
46. Tidak adanya kesesuaian antara output (lulusan)
pendidikan dengan tuntutan perkembangan ekonomi dapat diatasi dengan ..... A.
Membuat kurikulum baru sesuai karakter orang Indonesia
B.
Meningkatkan anggaran untuk
pendidikan
C.
Meningkatkan efisiensi
pendidikan
D. Mengganti kurikulum yang sudah tidak sesuai dengan tuntutan
zaman
E.
Menekankan pentingnya
sekolah
47. Dalam mengatasi meningkatnya
angka putus sekolah, hal yang bisa dilakukan antara lain.....
A.
Meningkatkan subsidi untuk
pendidikan menengah dan tinggi
B.
Menggratiskan semua jenjang
pendidikan untuk warga miskin
C.
Mencukupi fasilitas
pembelajaran sesuai standar minimal pendidikan.
D. Refungsi dan restrukturisasi LPTK menuju spesialisasi guru
setingkat master E. Menghapuskan segala ‘pungutan’ di sekolah yang tidak ada
korelasi dengan peningkatan mutu pendidikan
48. Berikut ini adalah beberapa
cara inovatif pemerintah untuk meningkatkan pemerataan pendidikan dalam rangka
mencerdaskan kehidupan bangsa, kecuali....
A.
SD keallpada daerah terpencil
B.
Sistem guru kunjung
C.
SMP Terbuka (isosa –in
school out off school approach)
D.
Kejar PAKETA dan B
E. membangun gedung sekolah seperti SD inpres dan atau ruangan
belajar
49. Hal berikut merupakan masalah
efisiensi pendidikan yang penting, kecuali....
A.
Bagaimana tenaga pendidikan
difungsikan
B.
Bagaimana prasarana dan
sarana pendidikan digunakan
C.
Mengapa masih banyak siswa
yang belum berkompeten
D.
Bagaimana pendidikan
diselenggarakan
E. Masalah efisiensi dalam memfungsikan tenaga
50. Masalah-masalah makro yang
merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi berkembangnya masalah pendidikan
adalah sebagai berikut kecuali.....
A.
Perkembangan IPTEK dan seni
B.
Laju pertumbuhan penduduk
C.
Aspirasi masyarakat
D.
Keterbelakangan budaya dan
sarana kehidupan
E.
Gerakan perluasan
pendidikan
Jawaban:
1.
C. Kurikulum
2.
C. Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP)
3.
A. Standar Isi dan Standar
kompetensi Lulusan (SKL)
4.
E. Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM)
5.
B. Pedagogos
6.
C. Indikator
7.
E. Pendekatan prosedural
8.
A. Afektif
9.
B. Standar kompetensi
10. A. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)
11. E. Keterkaitan dan keterpaduan isi dengan silabus
12. E. Kompetensi Keahlian
13. D. Presensi peserta didik
14. D. Mampu menciptakan RPP yang berbeda minimal 5 buah setiap
minggunya
15. A. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007
16. C. Mengenal latar belakang peserta didik untuk menunjang proses
KBM
17. B. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Pendidikan
Khusus
18. D. Sekolah bebas
19. C. Undang-undang RI nomor 20 tahun 2003
20. D. Undang-undang RI nomor 20 tahun 2003 pasal 43 ayat 2
21. C. Peraturan Pemerintah RI nomor 48 tahun 2008
22. D. PP RI Nomor 17 tahun 2010
23. A. Standar Penilaian Pendidikan
24. A. Bab II pasal 3 UU Guru dan Dosen No.14 tahun 2005
25. A. Permendiknas RI Nomor 63 Tahun 2009
26. C. Standar Tenaga Laboratorium Sekolah/Madrasah
27. B. KMA Nomor 175 Tahun 2010
28. B. Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMP-MTs
29. B. Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya
30. C. subjektif
31. E. menginformasikan silabus mata pelajaran yang di dalamnya
memuat rancangan dan kriteria penilaian awal semester
32. B. Jenjang pendidikan tingkat dasar dan menengah yang berbasis
internasional
33. E. Pedoman Evaluasi dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
34. C. Mampu mengenal karakteristik setiap mahasiswa di perguruan
tingg
35. A. Melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada
masyarakat
36. E. Bertindak objektif dan tidak diskriminatif atas dasar
pertimbangan jenis kelamin, agama, suku, ras, kondisi fisik tertentu, atau
latar belakang sosial ekonomi peserta didik dalam pembelajaran
37. B. Objektif
38. A. Instansi Kepala Sekolah
39. E. Evaluasi komprehensif
40. C. Kurangnya minat masyarakat akan pendidikan
41. A. Memberikan otoritas kepada guru dalam melaksanakan profesinya
42. A. Dinas Pendidikan Kota Prabumulih, Sumatera Selatan
43. B. Belum meratanya kemampuan hasil belajar diantara siswa di
dalam kelas
44. D. Kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran
45. B. Kepincangan pemberian subsidi
46. D. Mengganti kurikulum yang sudah tidak sesuai dengan tuntutan
zaman
47. A. Meningkatkan subsidi untuk pendidikan menengah dan tinggi
48. E. membangun gedung sekolah seperti SD inpres dan atau ruangan
belajar
49. C. Mengapa masih banyak siswa yang belum berkompeten
50. E. Gerakan perluasan pendidikan