Panduan E-Learning Madrasah

Sehubungan dengan pemberlakuan masa belajar di rumah bagi siswa madrasah selama masa darurat pencegahan Covid-19, Direktorat KSKK Madrasah telah meluncurkan aplikasi e-learning bagi madrasah secara gratis.
Pada masa pencegahan Covid-19, madrasah diharapkan dapat memanfaatkan aplikasi e-learning sebagai solusi untuk dapat tetap melaksanakan pembelajaran secara daring dalam menindaklanjuti aktifitas belajar di rumah.
Optimalisasi pemanfaatan e-learning oleh madrasah agar dilakukan dengan mengintensifkan sosialisasi dan membimbing madrasah untuk mengoperasikan aplikasi e-learning yang sudah disiapkan oleh Kementerian Agama RI.
Cara penggunaan atau pengoperasianya sangat mudah, yaitu
1. Buka aplikasi web seperti mozila firefox atau chrome atau internet explorer, keudian ketikan https://www.elearning.kemenag.go.id/web maka akan tampil seperti pada gambar berikut;

2. Kemudian Klik login dan masukan kode user dan pasword e-learning madrasah yaitu dengan menggunakan NSM masing - masing madrasah.
3. Setelah masuk maka akan tampil seperti pada gambar berikut; 

4. Setelah login kita akan disuguhi dengan menu dashbor, kemudian kita harus upload SK operator e-learning dengan format jpg/ jpeg/ png dengan maksimal ukuran file 1 MB. Contoh SK e-learning 

4. Setelah berhasil upload SK operator elearning maka kita menunggu data untuk diverifikasi oleh tim E-Learning Pusat kemudian baru kita bisa mendownload Installer di laptop atau gadged kita.
5. Setelah berhasil mendownload file kemudian berhasil di instal maka kita akan memperoleh token e-learning sebagai kunci untuk mengakses e-learning madrasah.
6. Ketika aplikasi yang telah di instal tidak sinkron dengan laptop atau gadged kita, maka segera download patc yang telah disediakan di menu dashbord.
7. Setelah semuanya sudah siap, kita tinggal memilih metode e-learning madrasah yang sudah disediakan dalam menu dashbord e-learning madrasah.

Panduan di atas merupakan cara pertama untuk bisa mengakses e-learning madrasah, sesudahnya adalah pengaplikasianya untuk guru dan siswa. Tunggu panduan selanjutnya.
Terima kasih, semoga bermanfaat.