Cara Daftar Sertifikasi Guru Madrasah Online

Bisakah mendaftar peserta sertifikasi guru madrasah online ?
Jawabnya sangat bisa, karena sekarang pendataan siswa, guru, karyawan serta perangkat pembelajaranpun serba online.
Lalu bagaimana caranya? 
Cara daftar sebagai peserta sertifikasi guru madrasah adalahi mengikuti prosedur atau sistem yang mengatur tentang PTK madrasah yaitu Simpatika.
Bagimana sih, makin bingung saja nih? 
Begini teman-teman..... Guru yang ada di madrasah maka akan didata online oleh operator madrasah lewat aplikasi simpatika.
Setelah kurang lebih 2 tahun maka anda akan mendapatkan Nomor Pendidik Kemenag (NPK) kemudian baru muncul Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).
Setelah anda mendapatkan NPK dan NUPTK maka anda berhak untuk dapat mendaftar sebagai guru serifikasi.
Apakah cuma seperti itu daftar online sertifikasi guru?
Tidak sampai situ, jadi guru yang sudah memenuhi syarat yaitu mempunyai NPK dan NUPTK serta telah mengabdi sekurangya 5 tahun di madrasah maka PTK akan diundang untuk mengikuti Pretest PPG.
Apalagi tuh min pretes PPG?
Oke, mimin jelaskan dulu apa itu pretes PPG, jadi pretes PPG adalah tes sebelum kita masuk sebagai mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG).
Seandainya kita lulus pretes PPG maka selanjutnya kita harus mengikuti perkuliahan di kampus yang telah ditentukan oleh kemenag, dan biasanya sudah tertulis lengkap di akun simpatika dimana lokasi perkuliahan PPG.
Berarti setelah lulus PPG kita sudah sertifikasi donk?
Iya betul, ketika kita sudah lulus dalam pendidikan PPG maka selanjutnya kita akan menerima sertifikat PPG yang didalam sertifikat tersebut sudah tercantum Nomor Regristrasi Guru (NRG).
Selanjutnya sertifikat dan NRG yang anda miliki akan di sinkronkan di di aplikasi Simpatika, setelah disetujui admin kabupaten/kota maka selamat....... Anda sekarang menjadi Guru Sertifikasi Madrasah.
Begitulah sedikit info mengenai cara daftar sertifikasi guru madrasah online.
Semoga bisa menambah wawasan anda semua, terima kasih.