RPP Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
RPP Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Pembelajaran 1 sampai 6
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (RPPJJ) (Disusun Berdasarkan SE
Mendikbud
Nomor: 14 Tahun 2019) |
Satuan Pendidikan :
Kelas /
Semester : 3 (Satu) / 1
Tema 1 :
Pertumbuhan dan
Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Ciri-ciri
Makhluk Hidup
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
(4 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)& INDIKATOR
Bahasa Indonesia -- Kompetensi Dasar (KD) :
3.4 Mencermati
kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat
hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan
setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
4.4 Menyajikan
laporan tentang konsep cir-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup),
pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat
secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
Matematika --- Kompetensi Dasar (KD) :
3.1 Menjelaskan
sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
4.1
Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi
hitung pada bilangan cacah.
SBdP
--- Kompetensi Dasar (KD) :
3.2
Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dan lagu
4.2
Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah mengamati, peserta didik dapat
mengidentifikasikan bentuk pola irama sederhana dengan benar.
2.
Setelah mengamati, peserta didik dapat memembuat pola
irama sederhana dengan benar.
3.
Setelah mengamati gambar, peserta didik dapat menyebutkan
minimal 4 ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat
4.
Setelah membandingkan gambar, peserta didik dapat
menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat
5.
Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang
bilangan, peserta didik dapat membilang secara urut bilangan 1.000 sampai
10.000 dengan benar
6.
Setelah mengamati contoh,
peserta didik dapat membilang dan menuliskan bilangan 1.000 sampai
10.000 secara panjang (sepuluh ribu, ribuan, ratusan, puluhan dan satuan)
II. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Guru mempelajari Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan
Makhluk Hidup Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2018, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2018). Hal : 1-8
2. Guru melakukan absensi peserta didik
melalui group whatsap kelas 3
3. Peserta didik berdoa sebelum memulai pelajaran agar kegiatan berjalan
lancar
4. Peserta didik bersiap untuk melakukan kegiatan belajar
5. Peserta didik memberitahu pada orang tua bahwa hari ini ada
tugas dari Bapak Guru
6. Peserta didik membaca teks bacaan “Makhluk Hidup di Sekitar Kita” pada
buku siswa halaman 1
7. Peserta didik dikenalkan dengan lagu Cicak di
Dinding
8. Peserta didik mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada teks lagu
9. Peserta didik mengamati tanda (kotak pendek) (kotak panjang) yang ada pada syair
lagu
10. Jika ada tanda (kotak pendek) artinya menyanyi dengan bunyi
pendek
11. Jika ada tanda
(kotak panjang) artinya menyanyi dengan bunyi panjang
Misalnya
: ci-cak-ci-cak-di-din-diiing
12. Peserta didik menyelesaikan soal
latihan pada buku siswa
13. Peserta didik mengamati gambar cicak dan ikan pada buku siswa halaman : 4
14. Peserta didik berdiskusi dengan orang
tua tentang ciri-ciri makhluk hidup
15. Peserta didik menyelesaikan soal
latihan pada buku siswa halaman : 5
16. Peserta didik membaca teks pada buku siswa halaman : 6 tentang nama dan lambang bilangan ribuan
17. Peserta didik
menyelesaikan soal latihan pada buku siswa halaman : 6-7
III. PENILAIAN
A. Bentuk : Penugasan
B. Instrumen Penilaian
: Lembar Kerja pada buku siswa
C. Rubik Penilaian : Terlampir
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (RPPJJ) (Disusun Berdasarkan SE
Mendikbud
Nomor: 14 Tahun 2019) |
Satuan Pendidikan :
Kelas /
Semester : 3 (Satu) / 1
Tema 1 :
Pertumbuhan dan
Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Ciri-ciri
Makhluk Hidup
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
(4 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)& INDIKATOR
Bahasa Indonesia -- Kompetensi Dasar (KD) :
3.4 Mencermati
kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat
hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan
setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep cir-ciri,
kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk
hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku
dalam kalimat efektif.
PPKn --- Kompetensi Dasar (KD) :
1.1
Menerima
arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala bateng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.1
Bersikap
jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang
negara “Garuda Pancasila”
1.1
Memahami
arti gambar lambang negara “Garuda Pancasila”
1.1
Menceriterakan arti gambar pada lambang negara “Garuda
Pancasila”
PJOK
--- Kompetensi Dasar (KD) :
3.1
Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh,
ruang, usaha,dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional
4.1
Mempraktikkan kombinasi gerak
dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,dan keterhubungan
dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah mengamati gambar dan teks yang dibaca, peserta
didik dapat menemukan kata/ istilah khusus tentang ciri-ciri makhluk hidup
dengan tepat
2.
Setelah mengamati contoh, peserta didik dapat menyusun
informasi lisan/tulis/visual tentang ciri-ciri makhluk hidup dalam bentuk
kalimat efektif
3.
Setelah mengamati gambar, peserta
didik dapat mempraktikkan prosedur berbagai gerakan jalan dengan benar
4.
Peserta didik berdiskusi dengan orang tua mengenai cara
melakukan gerakan berjalan dan berlari dengan benar
5.
Setelah mengamati, peserta didik dapat menyebutkan makna
simbol sila-sila Pancasila dengan benar
6.
Setelah membaca, peserta didik dapat menyebutkan arti
penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila
Pancasila yang pertama dengan benar
II. LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Guru mempelajari Buku Siswa
Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan
Makhluk Hidup Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2018, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2018). Hal : 9-21
2.
Guru melakukan absensi peserta didik melalui group whatsap kelas 3
3.
Peserta
didik berdoa sebelum memulai pelajaran agar
kegiatan berjalan lancar
4.
Peserta didik bersiap untuk melakukan kegiatan
belajar
5.
Peserta didik memberitahu pada orang tua bahwa
hari ini ada tugas dari Bapak/ibu Guru
6.
Peserta didik membaca teks pada buku siswa halaman 9-14,
7.
Setelah membaca teks, peserta didik dapat mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup
8.
Peserta
didik melengkapi tabel pada buku siswa halaman 13
9.
Peserta
didik menyelesaikan soal latihan pada buku siswa halaman 15
10.
Peserta didik dibimbing orang tua untuk mempraktikkan
variasi gerakan berjalan dan berlari dengan benar
11.
Pesrta
didik membaca teks bacaan “Bersyukur pada Tuhan” pada buku siswa halaman 19
12.
Peserta
didik menuliskan cara-cara bersyukur atas rahmat Tuhan berkaitan dengan karunia
keragaman makhluk hidup dan alat geraknya
13.
Peserta
didik menyelesaikan soal latihan pada buku siswa halaman 20
III. PENILAIAN
D. Bentuk : Penugasan
E. Instrumen Penilaian
: Lembar Kerja pada buku siswa
F. Rubik Penilaian : Terlampir
|
|
||
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (RPPJJ) (Disusun Berdasarkan SE
Mendikbud
Nomor: 14 Tahun 2019) |
||
Satuan Pendidikan :
Kelas /
Semester : 3 (Satu) / 1
Tema 1 :
Pertumbuhan dan
Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Ciri-ciri
Makhluk Hidup
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
(4 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)& INDIKATOR
Bahasa Indonesia -- Kompetensi Dasar (KD) :
3.4 Mencermati
kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat
hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan
setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep cir-ciri,
kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk
hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku
dalam kalimat efektif.
Matematika --- Kompetensi Dasar (KD) :
3.1 Sifat-sifat operasi hitung pada bilangan
cacah
4.1
Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi
hitung pada bilangan cacah
SBdP
--- Kompetensi Dasar (KD) :
3.2
Mengetahui bentuk dan variasi
pola irama dalam lagu
4.2
Menampilkan bentuk dan variasi
irama melalui lagu
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah mengamati teks dan gambar, peserta didik dapat mengidentifikasikan
ide pokok dari informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk
hidup dengan tepat
2.
Setelah mengamati teks dan gambar, peserta didik dapat
menuliskan pokok-pokok informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri
makhluk hidup dengan tepat
3.
Setelah mengamati contoh, peserta didik dapat menemukan
nilai tempat sampai puluh ribuan dengan benar
4.
Setelah mengamati contoh, peserta didik dapat mengurutkan
sekelompok bilangan yang diberikan antara 1.000 sampai 10.000 dengan benar
5.
Setelah mendengarkan penjelasan guru, peserta didik dapat
mengidentifikasikan bentuk pola irama sederhana pada lagu “Anak Ayam” dengan
benar
6.
Setelah mengamati contoh, peserta
didik dapat memperagakan pola irama sederhana melalui kegiatan bernyanyi lagu “Anak Ayam” dengan percaya diri
II. LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Guru melakukan absensi peserta didik melalui group whatsap kelas 3
2.
Peserta
didik berdoa sebelum memulai pelajaran agar
kegiatan berjalan lancer
3.
Peserta didik bersiap untuk melakukan kegiatan
belajar
4.
Peserta didik memberitahu pada orang tua bahwa
hari ini ada tugas dari Bapak/ibu Guru
5.
Peserta
didik mengamati ciri-ciri makhluk hidup pada gambar
6.
Peserta
didik menuliskan hasil pengamatan pada tempat yang tersedia halaman : 23
7.
Peserta
didik didampingi orang tua berlatih menyanyi lagu “Anak Ayam”
8.
Peserta
didik mengidentifikasi jenis pola irama yang ada pada lagu “Anak Ayam” dengan
cara memberi simbol bunyi panjang dan bunyi pendek pada syair lagu
9.
Peserta
didik mengamati contoh suatu data hasil dari sebuah peternakan
10.
Peserta
didik berlatih menyelesaikan soal latihan mengenai nama dan lambang bilangan
pada buku siswa halaman : 29
III. PENILAIAN
G. Bentuk : Penugasan
H. Instrumen Penilaian
: Lembar Kerja pada buku siswa
I. Rubik Penilaian : Terlampir
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPPJJ )
Satuan
Pendidikan :
Kelas
/ Semester : 3/ 1
Tema
/ Sub tema : 1. Pertumbuhan dan
Perkembangan Makhluk Hidup/ 1. Ciri-ciri Makhluk Hidup.
Sub tema : 1
Pembelajaran : 4
Alokasi
waktu : 5 x 35 menit
Kompetensi
Dasar :
Bahasa
Indonesia :
3.4
Mencermati kosakata dalam teks tentang ciri-ciri makhluk hidup.
4.4
Menyajikan laporan tentang ciri-ciri makhluk hidup.
PPKn
:
1.1
Menerima arti pada lambang negara ( Garuda Pancasila) sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa
2.1
Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila pancasila dalam
lambang negara “Garuda Pancasila”
3.1 Memahami
arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 menceritakan arti gambar pada lambang negara
“Garuda Pancasila”
I.
Tujuan Pembelajaran:
1.
Setelah membaca teks siswa dapat menemukan kata/ istilah khusus tentang
ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
2. Dengan
mengamati siswa dapat menceritakan kembali pokok –pokok informasi yang
disajikan tentang ciri- ciri makhluk hidup dengan benar.
3. Setelah
membaca siswa dapat menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan Yang Maha
Esa sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama dengan
benar.
4.
Setelah mengamati contoh , siswa dapat menceritakan pengalaman bersyukur kepada
Tuhan Yang Maha Esa dengan benar.
II.
Langkah Pembelajaran
·
Siswa bersiap untuk melakukan kegiatan belajar
·
Siswa menbaca teks “Menjaga Kesehatan Tubuh” pada
buku siswa halaman 35.
·
Dengan bantuan orang tua/ anggota keluarga yang lain
siswa menulis,kembali informasi penting tentang ciri-ciri makhluk hidup yang
terdapat dalam teks.
·
Siswa
mengemas semua tugas yang dikerjakan dalam map yang aman
·
Siswa membaca dan mematuhi pesan moral dan motivasi
pada panduan belajar
III.
Penilaian
A. Bentuk: Penugasan
B. Instrumen
Penilaian :Lembar kerja pada buku siswa
C. Rubrik
Penilaian: Terlampir
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPPJJ )
Satuan
Pendidikan :
Kelas
/ Semester : 3 / 1
Tema
/ Sub tema : 1. Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk
Hidup/ 1. Ciri-ciri Makhluk Hidup.
Subtema :
1
Pembelajaran : 5
Alokasi
waktu : 5 x 35 menit
Kompetensi
Dasar :
PPkn :
1.1 Menerima arti
bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang
negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
1.2 Bersikap jujur,
peduli , kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara
“Garuda Pancasila”
1.3 Memahami arti
gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
1.4 Menceritakan
arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
Bahasa Indonesia :
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat
hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada dilingkungan
setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri,
kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan . dan perkembangan makhluk
hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku
dalam kalimat efektif.
Matematika :
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada
bilangan cacah.
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan
sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
I.
Tujuan Pembelajaran:
1.
Dengan mengamati siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang
disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
2.
Setelah mengamati siswa dapat menuliskan informasi tentang ciri-ciri makhluk
hidup dengan benar.
3.
Setelah mengamati siswa dapat menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan
sebagai salah satu makna dari simbol sila pancasila yang pertama dengan benar.
4.
Setelah mengamati siswa dapat menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan
YME dengan benar.
5.
Setelah mengamati siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa
menyimpan dengan benar.
6.
Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan soal cerita sehari-hari yang
berkaitan dengan penjumlahan tanpa menyimpan dengan benar.
II.
Langkah Pembelajaran
·
Siswa bersiap untuk melakukan kegiatan belajar yang
dijelaskan oleh Guru
·
Siswa mengamati gambar berseri pada buku siswa
halaman 37
·
Setelah mengamati siswa diberi tugas untuk membuat
cerita berdasarkan gambar berseri pada buku siswa halaman 37 secara individu
·
Dengan bimbingan orang tua/ anggota keluarga yang
lain, siswa berdiskusi, menulis dan memperhatikan kembali gambar berseri pada
buku siswa halaman 37 dan menjelaskan sebab “salah satu teman Udin jatuh sakit”
·
Siswa
mengemas semua tugas yang dikerjakan dalam map yang aman
·
Setelah menyelesaikan tugas sebelumnya, siswa
diminta untuk membaca buku siswa halaman 40 tentang “Aturan sebelum Makan”
·
Setelah selesai membaca, siswa menuliskan kebiasaan
yang dilakukan sebelum makan
·
Siswa diberi tugas untuk mengamati gambar dan
membaca buku siswa halaman 42
·
Setelah mengamati siswa diminta untuk mengerjakan
tugas pada buku siswa halaman 43 dan 44
·
Siswa membaca dan mematuhi pesan moral dan motivasi
pada panduan belajar
III.
Penilaian
A. Bentuk : Penugasan
B. Instrumen
Penilaian : Lembar kerja pada buku siswa
C. Rubrik Penilaia : Terlampir
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPPJJ )
Satuan
Pendidikan :
Kelas
/ Semester : 3 / 1
Tema
/ Sub tema : 1. Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk
Hidup/ 1. Ciri-ciri Makhluk Hidup.
Subtema :
1
Pembelajaran :
6
Alokasi
waktu : 5 x 35 menit
Kompetensi
Dasar :
Matematika :
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada
bilangan cacah
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan
sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
Bahasa Indonesia
:
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep
ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup) pertumbuhan, dan perkembangan
makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk
lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri,
kebutuhan (makanan dan tempat hidup) , pertumbuhan, dan perkembangan makhluk
hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku
dalam kalimat efektif
SBdP :
3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam
lagu
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui
lagu
I.
Tujuan Pembelajaran:
1.
Setelah mengamati, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa
menyimpan dengan benar
2.
Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang
disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
3.
Setelah mengamati, siswa dapat menuliskan informasi tentang ciri-ciri makhluk
hidup dengan tepat
4.
Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan arti penting bersyukur pada Tuhan
sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama dengan benar
5.
Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan
YME dengan benar
II.
Langkah Pembelajaran
·
Siswa bersiap untuk melakukan kegiatan belajar yang
dijelaskan oleh Guru
·
Siswa mengamati gambar berseri pada buku siswa
halaman 45
·
Setelah mengamati siswa diberi tugas untuk
mengingat, mengamati dan membaca kembali ciri-ciri makhluk hidup buku siswa
halaman 45
·
Siswa mengamati gambar pada buku siswa halaman 46
dan 47, lalu menuliskan ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada gambar tersebut
·
Siswa juga diminta untuk membaca dan memahami buku
siswa halaman 47 dan 48 yang berisi tentang cara bersyukur atas karunia yang
diberikan oleh Tuhan YME, yang merupakan salah satu cara mengamalkan sila
pertama Pancasila
·
Siswa diminta untuk menyelesaikan soal yang ada pada
gambar ikan di buku siswa halaman 48
·
Setelah menyelesaikan soal, siswa diminta untuk
mewarnai gambar ikan sesuai dengan petunjuk pada buku siswa halaman 49
·
Siswa
mengemas semua tugas yang dikerjakan dalam map yang aman
·
Siswa membaca dan mematuhi pesan moral dan motivasi
pada panduan belajar
III.
Penilaian
D. Bentuk : Penugasan
E. Instrumen
Penilaian : Lembar kerja pada buku siswa
F. Rubrik Penilaian : Terlampir
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan :
Kelas/Semester :
III/1
Tema : 1 Pertumbuhan dan Perkembangan
Makhluk Hidup/
Subtema : 2
.Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
Pembelajaran : 1
Alokasi waktu :
3 x 30 menit
Kompetensi
Dasar :
Matematika |
Bahasa
Indonesia |
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah. |
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat
hidup),pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan
dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan. |
4.1Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat
operasi hitung pada bilangan cacah. |
4.1 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk
hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat
efektif. |
A. Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah
membaca, siswa dapat mengidentifikasi perbedaan pertumbuhan dan perkembangan
dengan tepat.
2.
Setelah
membaca, siswa dapat menjelaskan perbedaan pertumbuhan dan
perkembangan dengan tepat.
3.
Setelah
membaca, siswa dapat mengidentifikasi pertumbuhan dan perkembangan dirinya
dengan tepat.
4.
Setelah
mengamati, siswa dapat menuliskan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan
dirinya dengan tepat.
5.
Setelah
mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dengan benar.
6.
Setelah
mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari terkait
penjumlahan dengan benar
B. .Langkah Kegiatan
·
Guru
menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari dan siwa menyiapkan
peralatan belajarnya
·
Siswa
mengamati gambar tentang pertumbuhan dan perkembangan manusia.
·
Siswa
membaca teks yang ada pada Buku Siswa dan membaca bacaan di bawahnya
·
Siswa
melakukan wawancara kepada orang tua tentang pertumbuhan dan perkembangan
·
Siswa
mengingat kembali cara penyelesaian soal penjumlahan.
·
Siswa
mengamati penjelasan tentang cara penyelesaian soal penjumlahan dengan nilai
bilangan ribuan.
·
Siswa
dikenalkan dengan cara penjumlahan dengan teknik menyimpan.
·
Siswa
diberi tugas mengerjakan soal latihan pada buku tugas
·
Siswa
menyimak motivasi yang diberikan guru
·
Siswa
mengakhiri pelajaran jarak jauhnya setelah menyelelesaikan semua tugasnya dan mengemasi peralatan belajarnya
C. Penilaian:
a.
Penilaian
Sikap : Lembar
Observasi
b.
Penilaian
Pengetahuan : Tes
c.
Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja
d.
Bentuk
Instrumen Penilaian : Terlampir
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan :
Tema : 1 Pertumbuhan dan Perkembangan
Makhluk Hidup/
Subtema : 2 Pertumbuhan
dan Perkembangan Manusia
Pembelajaran : 2
Alokasi waktu :
3 x 30 menit
Kompetensi
Dasar :
PPKN |
PJOK |
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”. |
3.1 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. |
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”. |
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. |
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi
gerakan
merangkak dan berlari melalui permainan sederhana dengan benar.
2. Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan prosedur kombinasi
gerakan merangkak dan berlari melalui permainan sederhana dengan benar.
3. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan manfaat bersatu
dalam keberagaman di sekolah
4. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menceritakan pengalaman
berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan di sekolah.
E.
Langkah Kegiatan
·
Guru
menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari dan siwa menyiapkan
peralatan belajarnya
·
Siswa
diajak bermain adu kecepatan berjalan merangkak dan berlari.
·
Siswa
membaca teks tentang “Menghargai Perbedaan”.
·
Siswa
berlatih menuliskan pendapatnya jika melihat perbedaan yang ada disekitar.
·
Siswa
mendengarkan penjelasan guru mengenai pertambahan kekuatan tangan saat bayi dan
sesudah besar.
·
Kuat
dan lemah tenaga juga digunakan dalam melakukan gerak tangan pada sebuah
tarian.
·
Siswa
berlatih menunjukkan gerakan tangan sedang mendorong meja.
·
Lalu
siswa mencoba menunjukkan gerakan tangan saat memegang kapas.
·
Siswa
diberi tugas mengerjakan soal latihan pada buku tugas
·
Siswa
menyimak motivasi yang diberikan guru
·
Siswa
mengakhiri pelajaran jarak jauhnya setelah menyelelesaikan semua tugasnya dan mengemasi peralatan belajarnya
F. Penilaian:
e.
Penilaian
Sikap : Lembar
Observasi
f.
Penilaian
Pengetahuan : Tes
g.
Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja
h.
Bentuk
Instrumen Penilaian : Terlampir
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan :
Tema : 1 Pertumbuhan dan Perkembangan
Makhluk Hidup/
Subtema : 2 .Pertumbuhan
dan Perkembangan Manusia
Pembelajaran : 3
Alokasi waktu :
3 x 30 menit
Kompetensi
Dasar :
Matematika
|
SBDP |
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah. |
3.1 Mengetahui dinamika gerak tari. |
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah. |
4.1 Meragakan dinamika gerak tari. |
G. Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan
melakukan kegiatan menari, siswa dapat mengidentifikasi gerak kuat dan lemah
tangan dalam suatu tari dengan benar.
2.
Setelah
mengamati contoh, siswa dapat memeragakan gerak kuat dan lemah tangan dalam
suatu tari dengan percaya diri.
3.
Setelah
membaca, siswa dapat mengidentifikasi makanan yang baik untuk prose pertumbuhan
dan perkembangan dengan tepat.
4.
Setelah
membaca, siswa dapat menjelaskan pengaruh makanan pada proses pertumbuhan dan
perkembangan dengan tepat.
5.
Setelah
mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan teknik menyimpan
dengan benar.
6.
Setelah
mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari terkait penjumlahan
teknik menyimpan dengan benar.
H.
Langkah Kegiatan
·
Guru
menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari dan siwa menyiapkan
peralatan belajarnya
·
Siswa
mengingat kembali gerakan tari yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·
siswa
diajak mempraktikkan gerakan tari yang digabungkan dengan sebuah nyanyian.
·
Siswa
berlatih kembali untuk menyelesaikan soal penjumlahan dengan teknik menyimpan.
·
Siswa
diberi tugas mengerjakan soal latihan pada buku tugas
·
Siswa
menyimak motivasi yang diberikan guru
·
Siswa
mengakhiri pelajaran jarak jauhnya setelah menyelelesaikan semua tugasnya dan mengemasi peralatan belajarnya
I. Penilaian:
i.
Penilaian
Sikap : Lembar
Observasi
j.
Penilaian
Pengetahuan : Tes
k.
Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja
l.
Bentuk
Instrumen Penilaian : Terlampir
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (RPPJJ) (Disusun Berdasarkan SE
Mendikbud
Nomor: 14 Tahun 2019) |
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester :
3 ( TIGA ) / 1
Tema : 1
Sub Tema : 2 ( Pertumbuhan dan perkembangan
manusia )
Pembelajaran :
4
AlokasiWaktu : 1 x Pertemuan (4 x 35 menit)
A. KOMPETENSI DASAR (KD)& INDIKATOR
Bahasa Indonesia -- Kompetensi Dasar (KD) :
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep
ciri – ciri , kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembanganmahluk
hidup yang ada dilingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis,
visual, dan eksplorasi lingkungan.
4.4 Menyajikanlaporan
tentang konsep ciri – ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan
dan perkembanganmahluk hidup yang ada dilingkungan setempat secara tertulis
menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif
PPKn-- Kompetensi Dasar (KD) :
1.1 Menerima arti bintang,rantai,pohon beringin,kepala banteng,padi
dan kapas pada lambing negara “Garuda Pancasila”sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa
2.1 Bersikap
jujur,peduli,kasih saying,sesuai dengan sila sila pancasila dalam lambing
Negara
3.1 Memahami
arti Gambar pada lambing Negara
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca,
siswa dapat menjelaskan manfaat makanan pada
proses pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan benar.
2. Setelah membaca, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang hubungan makanan dan kesehatan pada proses pertumbuhan dan perkembangan
manusia dengan
tepat.
3. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi
keberagaman
kebiasaan, kesukaan/hobi individu dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dengan benar.
4. Setalah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi individu dalam kehidupan
sehari-hari di sekolah dengan benar.
5. Setelah mengamati contoh,
siswa dapat
menceritakan pengalaman
adanya perbedaan kebiasaan,
kesukaan/hobi dalam kehidupan
sehari-hari
di rumah dengan benar.
C. LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Siswa berdoa sebelum belajar
Inti
•
Siswa membaca teks yang ada pada buku.
• Siswa mendiskusikan mengenai teks.
Teks menjelaskan mengenai pentingnya sarapan dengan makanan sehat sebelum
pergi ke sekolah.
• Siswa berlatih menjawab latihan sesuai dengan
teks yang dibacanya.
• Siswa juga
mengamati contoh sikap dalam menghadapi perbed
• Siswa menceritakan
makanan
kesukaannya. Mulai dari ciri-ciri, rasa, bentuk, warna, dan alasannya.
Penutup
• Guru
dan siswa melakukan
refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
a.
Apa saja yang sudah dipelajari pada hari ini?
b. Bagaimana perasaan setelah
melakukan kegiatan bermain kijang
dan rusa?
c. Apa kegiatan yang paling disukai?
d. Informasi apa yang
ingin diketahui
lebih lanjut?
e. Bagaimana cara siswa mendapatkan informasi tersebut?
• Pertanyaan yang diajukan guru dapat dijawab
secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menuliskan jawaban pertanyaan
refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku tulis khusus untuk refleksi.
D. PENILAIAN
1. Penilaian Sikap
Observasi selama
kegiatan berlangsung (Lihat
pedoman penilaian sikap).
2. Penilaian Pengetahuan
Menjawab pertanyaan sesuai teks bacaan.
Banyaknya soal sebanyak 7 buah
Nilai = (jawaban benar : 7) × 100
1) Bermain tarik tambang
2) Karena Edo terjatuh
3) Teman-teman membantu dan menghibur
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (RPPJJ) (Disusun
Berdasarkan SE Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019) |
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester :
3 ( TIGA ) / 1
Tema : 1
Sub Tema : 2 ( Pertumbuhan dan perkembangan
manusia )
Pembelajaran :
5
AlokasiWaktu : 1 x Pertemuan (4 x 35 menit)
A. KOMPETENSI DASAR (KD)& INDIKATOR
Bahasa Indonesia -- Kompetensi Dasar (KD) :
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang
konsep ciri – ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan
perkembangan mahluk hidup yang ada dilingkungan setempat yang disajikan dalam
bentuk lisan, tulis, visual, dan eksplorasi lingkungan.
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri
– ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan
mahluk hidup yang ada dilingkungan setempat secara tertulis menggunakan
kosakata baku dalam kalimat efektif
PPKn --- Kompetensi Dasar (KD) :
1.1. Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng,
dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih
sayang sesuai dengan
sila-sila Pancasila
dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
3.1 Memahami arti gambar
pada
lambang negara
“Garuda Pancasila”.
3.3 Menjelaskan makna
keberagaman karakteristik
individu di lingkungan sekitar.
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
4.1 Menceritakan arti gambar
pada
lambang negara
“Garuda Pancasila”.
4.3 Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
4.4 Menyajikan bentuk- bentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar
Matematika --- Kompetensi Dasar (KD) :
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
4.1 Menyelesaikan masalah
yang melibatkan
penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada
bilangan cacah.
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca, siswa
dapat menjelaskan
manfaat olahraga
pada proses pertumbuhan dan perkembangan
manusia dengan benar.
2. Setelah membaca, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang pengaruh olahraga pada proses pertumbuhan
dan perkembangan manusia dengan tepat.
3. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi
keberagaman
kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga setiap individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
4. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga setiap individu
dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan benar.
5. Setelah mengamati contoh,
siswa dapat
menceritakan pengalaman
adanya perbedaan kebiasaan,
kesukaan/hobi olahraga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
6. Setelah mengamati contoh,
siswa dapat
menceritakan pengalaman
adanya perbedaan kebiasaan,
kesukaan/hobi olahraga dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan percaya diri.
7. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil pengurangan dengan teknik tanpa meminjam dengan benar.
8. Setelah mengamati
contoh, siswa dapat menyelesaikan soal cerita sehari- hari yang berkaitan dengan pengurangan dengan teknik meminjam dengan benar.
C. LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Siswa berdoa sebelum belajar
Inti
• Kegiatan dilanjutkan dengan
membandingkan perbedaan
kesukaan antarteman dan cara menghargai perbedaan.
• Siswa menjawab
pertanyaan tentang
pentingnya menghargai perbedaan dan
manfaat bekerja sama.
• pengurangan tanpa teknik
meminjam
Penutup
Siswa menyimpan
hasil belajarnya pada stopmap.
Siswa berdoa
selesai kegiatan.
D. PENILAIAN
1. Penilaian Sikap
Observasi selama
kegiatan berlangsung (Lihat
pedoman penilaian sikap)
2. Penilaian Pengetahuan
a.
Menyampaikan pendapat
tentang cara menghargai
perbedaan.
Banyaknya soal
3 buah.
Nilai = (jawaban benar :
3) × 100
Jawaban sangat beragam sesuai pendapat
siswa.
b.
Mengidentifikasi jenis olahraga kesukaan minimal
5 teman.
Nilai maksimal 100.
Nilai = Jumlah benar ×
20 = 100
Jawaban bisa beragam sesuai dengan
kondisi siswa.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (RPPJJ) (Disusun
Berdasarkan SE Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019) |
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester :
3 ( TIGA ) / 1
Tema : 1
Sub Tema : 2 ( Pertumbuhan dan perkembangan
manusia )
Pembelajaran :
6
AlokasiWaktu : 1 x Pertemuan (4 x 35 menit)
A. KOMPETENSI DASAR (KD)& INDIKATOR
Bahasa Indonesia -- Kompetensi Dasar (KD) :
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang
konsep ciri – ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan
perkembangan mahluk hidup yang ada dilingkungan setempat yang disajikan dalam
bentuk lisan, tulis, visual, dan eksplorasi lingkungan.
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri
– ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan
mahluk hidup yang ada dilingkungan setempat secara tertulis menggunakan
kosakata baku dalam kalimat efektif
Matematika --- Kompetensi Dasar (KD) :
3.1 Menjelaskan sifat – sifat operasi
hitung pada bilangan cacah.
4.1Menyelesaikan masalah yang melibatkan
penggunaan sifat – sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
PPKn-- Kompetensi Dasar (KD) :
1.3 Mensyukuri keberagaman karakteristik individu
di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman
karakteristik individu di lingkungan sekitar.
3.3 Menjelaskan makna
keberagaman karakteristik
individu di lingkungan sekitar.
4.3 Menyajikan
makna keberagaman karakteristik
individu di lingkungan sekitar.
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati gambar,
siswa dapat menjelaskan pentingnya tidur dalam proses pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan benar.
2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menuliskan cerita tentang kebiasaan yang baik
sebelum tidur dengan benar.
3. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman kebiasaan berdoa setiap individu
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
4. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman kebiasaan berdoa setiap individu
dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan benar.
5. Setelah mengamati contoh,
siswa dapat
menceritakan pengalaman
adanya perbedaan kebiasaan berdoa dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
6. Setelah mengamati contoh,
siswa dapat
menceritakan pengalaman
adanya perbedaan kebiasaan berdoa dalam kehidupan
sehari-hari di sekolah dengan percaya diri.
7. Setelah mengamati, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan dengan benar.
8. Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan soal cerita sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan tanpa menyimpan dengan benar.
C. LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Siswa berdoa sebelum belajar
Inti
• Siswa mengamati gambar berseri yang ada di buku.
• Siswa berlatih membuat cerita sesuai
gambar.
• Gambar menunjukkan cerita tentang
kegiatan Siti sebelum tidur.
• Tidur
termasuk faktor yang mempengaruhi perkembangan
dan pertumbuhan manusia.
Setiap hari badan kita melakukan
kegiatan. Tubuh kita
menjadi lelah dan butuh
istirahat. Salah satu cara istirahat tubuh kita adalah tidur. Saat tidur
badan terasa lebih santai dan tidak tegang.
Manusia juga mengalami
pertumbuhan saat tidur.
Oleh karena itu, kita perlu tidur
yang cukup untuk kesehatan tubuh kita, tidur juga tidak boleh terlalu lama,
karena membuat badan menjadi lemas dan tidak sehat. Ada
hal yang dilakukan sebelum
tidur. Mencuci kaki, menggosok gigi, dan berdoa.
Cara berdoa
setiap agama berbeda-beda. Kita harus menghargai perbedaan.
• Siswa mengamati cara berdoa setiap agama melalui gambar.
• Siswa berlatih menceritakan cara berdoa sesuai agama yang
dianutnya.
• Siswa menulis
pada tempat yang tersedia.
• Siswa mengingat kembali cara menyelesaikan soal pengurangan dengan
teknik meminjam.
• Siswa berlatih memasangkan soal
dengan jawaban.
Penutup
Siswa menyimpan
hasil belajarnya pada stopmap.
Siswa berdoa
selesai kegiatan.
D. PENILAIAN
1. Penilaian Sikap
Observasi selama kegiatan berlangsung (Lihat
pedoman penilaian sikap).
2. Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
Latihan soal matematika.
Jumlah soal 4 nilai
masing-masing adalah 25. Nilai = jawaban benar ×
25
Kunci jawaban ada pada langkah-langkah kegiatan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPPJJ )
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : III/
1
Tema / Sub tema
:1. Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup/
Subtema : 3. Pertumbuhan Hewan
Pembelajaran :
1
Alokasi waktu :
Kompetensi Dasar:
Bahasa Indonesia : 3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep
cri-ciri,kebutuhan (makanan dan tempat
hidup) pertumbuhan,dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan
setempat yang disajikan dalam bentuk lisan,tulis,visual,dan atau eksplorasi
lingkungan
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri,kebutuhan(makanan dan
tempat hidup),pertumbuhan,dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan
setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif
Matematika : 3.1 Menjelaskan sifat-sifat
operasi hitung pada bilangan cacah
4.1 Menyelesaikan
masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung
Pada bilangan
cacah
I. Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah mengamati gambar,siswa dapat
menemukan kata/istilah yang berhubungan dengan pertumbuhan ayam dengan tepat
2. Setelah
mengamati gambar,siswa dapat menjelaskan makna kata/istilah yang berhubungan
dengan pertumbuhan ayam dengan tepat
3. Setelah
mengamati contoh,siswa dapat menentukan hasil kali dua bilangan cacah dengan
hasil sampai 1.000 dengan benar
4. Setelah mengamati contoh,siswa dapat
memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benar
II. Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Guru menyapa siswa,menanyakan kabar,dan melakukan
absensi peserta didik melalui grup Whatsapp Kelas III
2. Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan
3. Peserta didik
siap untuk melaksanakan kegiatan
4. Peserta didik mengamati gambar pertumbuhan dan
perkembangan hewan ayam pada buku siswa halaman 99 dengan didampingi orang tua
5. Peserta didik membaca teks bacaan “Pertumbuhan
Ayam” pada buku siswa halaman 99 dengan didampingi orang tua
6. Peserta didik diminta untuk menuliskan beberapa
hewan yang memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan ayam
7. Peserta didik menuliskan tahapan perkembangan ayam
sesuai gambar yang diamatinya
8. Peserta didik menyelesaikan soal perkalian dengan
penjumlahan berulang
9. Peserta didik menyelesaikan soal yang melibatkan soal perkalian
10. Peserta didik mengemas semua tugas yang dikerjakan
III.
Penilaian
G. Bentuk:
Penugasan
H. Instrumen
Penilaian :Lembar kerja pada buku siswa
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPPJJ )
Satuan
Pendidikan :
Kelas / Semester : III/
1
Tema / Sub tema : 1.Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk
Hidup/
Subtema : 3.Pertumbuhan Hewan
Pembelajaran : 2
Alokasi waktu :
Kompetensi Dasar:
B.Ind : 3.4 Mencermati kosakata
dalam teks tentang konsep ciri-ciri,kebutuhan(makanan dan tempat hidup),pertumbuhan,dan
perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam
bentuk lisan,tuli,visual,dan atau eksplorasi lingkungan
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri,kebutuhan (makanan dan
tempat hidup),pertumbuhan,dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan
setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
PPKn : 1.4 Mensyukuri makna bersatu
dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.4 Menampilkan
sikap kerjasama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar
3.4 Memahami
makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar
4.4 Menyajikan
bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar
I.
Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah membaca,peserta
didik dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang
pertumbuhan dan perkembangan kucing dengan tepat
2.
Setelah membaca, peserta
didik dapat menuliskan pokok-pokok informasi tentang pertumbuhan dan
perkembangan kucing dengan tepat
3.
Setelah mengamati
permainan,peserta didik dapat menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman di
lingkungan sekolah dengan benar
4.
Setelah mengamati
permainan,peserta didik dapat menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat
bersatu dalam menjalankan satu kegiatan yang dilakukan di lingkungan sekolah
dengan benar
II.
Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Guru melakukan absensi peserta
didik melalui grup whatsapp kelas 3.
2.
Peserta didik bersiap untuk
melakukan kegiatan belajar.
3.
Peserta didik dibimbing
orangtua untuk mengamati dan membaca teks yang berjudul “Pertumbuhan Kucing”
pada buku siswa halaman 108 untuk mengetahui informasi tentang pertumbuhan
kucing
4.
Peserta didik dibimbing
orang tua mengerjakan buku siswa halaman 109 tentang bacaan yang berjudul
pertumbuhan kucing.
5.
Peserta didik dapat
menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekolah dengan benar
dengan mengamati gambar permainan dalam buku siswa halaman 113
6.
Peserta didik menceritakan
pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan
yang dilakukan di lingkungan sekolah dengan benar
7.
Guru memberikan kesimpulan
mengenai pembelajaran yang telah dilakukan melalui grup whatsapp kelas.
8.
Guru memberikan motivasi
kepada peserta didik untuk tetap semangat belajar dan selalu menjaga kebersihan serta kesehatan.
III.
Penilaian
1.
Bentuk: Penugasan
2.
Instrumen Penilaian :Lembar
kerja pada buku siswa
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPPJJ )
Satuan
Pendidikan :
Kelas / Semester : III/
1
Tema / Sub tema : 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhlik
Hidup/3. Pertumbuhan Hewan
Pembelajaran : 3
Alokasi waktu :
Kompetensi Dasar:
B.Ind: 3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep
ciri-ciri,kebutuhan(makanan dan tempat hidup),pertumbuhan danperkembangan
makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk
liusan,tulis,visual,dan atau eksplorasi lingkungan
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri,kebutuhan(makanan dan
tempat hidup),pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan
setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif
Mtk: 3.1 Menjelaskan sifat-sifat
operasi hitung pada bilangan cacah
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi
hitung pada bilangan cacah
I.
Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah mengamati
teks,peserta didik dapat
mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan
dan perkembangan ikan dengan tepat
2.
Setelah mengamati
teks,peserta didik dapat menjelaskan makna kata/istilah yang berhubungan dengan
pertumbuhan dan perkembangan ikan dengan tepat
3.
Setelah mengamati
contoh,peserta didik menentukan hasil kali dua bilangan cacah dengan hasil
sampai 1.000 dengan benar
4.
Setelah mengamati
contoh,siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian
dengan benar
II.
Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Guru melakukan absensi peserta
didik melalui grup whatsapp kelas 3.
2.
Peserta didik bersiap untuk
melakukan kegiatan belajar.
3.
Peserta didik membaca teks
tentang ciri-ciri ikan
4.
Peserta didik menuliskan
lima informasi tentang jenis-jenis ikan dan ciri-cirinya
5.
Peserta didik menyelesaikan
soal perkalian
6.
Peserta didik menyelesaikan
soal latihan pada buku siswa halaman 120-121
III.
Penilaian
A. Bentuk:
Penugasan
B. Instrumen
Penilaian :Lembar kerja pada buku siswa
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : Kelas / Semester :
3 /1 Tema : 1 Pertumbuhan dan
Perkembangan Makhluk Hidup Sub Tema : 2 Pertumbuhan Hewan Muatan Terpadu
: Bahasa Indonesia, PPkN, Pembelajaran ke :
4 Alokasi waktu : 1 X Pertemuan |
KOMPETENSI DASAR |
Bahasa Indonesia 3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep
ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan
perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan
dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan. 4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri,
kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk
hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata
baku dalam kalimat efektif. |
PPKn 1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan
sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 2.4 Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu
dalam keberagaman di lingkungan sekitar. 3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di
lingkungan sekitar. 4.4 Menyajikan bentukbentuk kebersatuan dalam
keberagaman di lingkungan sekitar. |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN |
Pembukaan 1.
Berdoa
sebelum belajar 2.
Orang
tua memberi petunjuk belajar hari ini sesuai dengan petunjuk dari guru. |
Kegiatan Inti
|
Kegiatan Penutup
|
PENILAIAN
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : Kelas / Semester :
3 /1 Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
(Tema 1) Sub Tema : Pertumbuhan Hewan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu
: Bahasa Indonesia,
PPKn,Matematika Pembelajaran ke :
5 Alokasi waktu : 1 X Pertemuan |
KOMPETENSI DASAR |
Bahasa Indonesia 3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep
ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan
perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan
dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan. 4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri,
kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk
hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata
baku dalam kalimat efektif. |
PPKn 1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di
lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 2.4 Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu
dalam keberagaman di lingkungan sekitar. 3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di
lingkungan sekitar. 4.4 Menyajikan bentukbentuk kebersatuan dalam
keberagaman di lingkungan sekitar. |
MATEMATIKA |
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada
bilangan cacah. 4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan
sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah. |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN |
Pembukaan 3.
Berdoa
sebelum belajar 4.
Orang
tua memberi petunjuk belajar hari ini sesuai dengan petunjuk dari guru. |
Kegiatan Inti
» 7 × 130 = 910 » 4 × 300 = 1.200
|
Kegiatan Penutup
|
PENILAIAN
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : Kelas / Semester :
3 /1 Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
(Tema 1) Sub Tema : Pertumbuhan Hewan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu
: Bahasa Indonesia,
PPKn,Matematika Pembelajaran ke : 6 Alokasi waktu : 1 X Pertemuan |
KOMPETENSI DASAR |
Bahasa Indonesia 3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep
ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan
perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan
dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan. 4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri,
kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk
hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata
baku dalam kalimat efektif. |
PPKn 1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di
lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 2.4 Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu
dalam keberagaman di lingkungan sekitar. 3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di
lingkungan sekitar. 4.4 Menyajikan bentukbentuk kebersatuan dalam
keberagaman di lingkungan sekitar. |
MATEMATIKA |
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada
bilangan cacah. 4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan
sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah. |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
1.
Setelah membaca,dan mendapat
penjelasan dari orang tua sesuai petunjuk guru, siswa dapat mengidentifikasi
ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan
nyamuk dengan tepat. 2.
Setelah membaca, siswa dapat
menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan dalam sebuah poster tentang
pertumbuhan dan perkembangan nyamuk dengan tepat. 3.
Setelah mengamati gambar,dan
mendapat penjelasan dari orang tua sesuai petunjuk guru, siswa dapat
memberikan saran sebagai pemahaman arti
bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar dengan bahasa yang
santun. 4.
Setelah mengamati contoh, siswa
dapat menceritakan pengalaman memberikan saran sebagai pemahaman arti bersatu dalam keberagaman di lingkungan
sekitar dengan bahasa yang santun. 5.
Setelah mengamati contoh,dan
penjelasan orang tua sesuai petunjuk guru, siswa dapat menentukan hasil kali
dua bilangan cacah dengan hasil sampai 1000 dengan benar. 6.
Setelah mengamati contoh, siswa
dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan
perkalian dengan benar. |
KEGIATAN PEMBELAJARAN |
Pembukaan 5.
Berdoa
sebelum belajar 6.
Orang
tua memberi petunjuk belajar hari ini sesuai dengan petunjuk dari guru. |
Kegiatan Inti
Ø Gambar daur hidup nyamuk. Ø Jenis nyamuk dan bahayanya. Ø Cara pencegahan perkembangbiakan
nyamuk. ( SESUAI YANG ADA PADA BUKU SISWA) Ø Hal-hal yang dapat dilakukan untuk
mengurangi masalah penyebaran penyakit demam berdarah
|
Kegiatan Penutup
|
PENILAIAN
|
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (RPPJJ) (Disusun
Berdasarkan SE Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019) |
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester :
3 ( TIGA ) / 1
Tema : 1
Sub Tema : 4
Pembelajaran :
1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (4 x 35 menit)
A. KOMPETENSI DASAR (KD)& INDIKATOR
Bahasa Indonesia -- Kompetensi Dasar (KD) :
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang
konsep ciri – ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan
perkembangan mahluk hidup yang ada dilingkungan setempat yang disajikan dalam
bentuk lisan, tulis, visual, dan eksplorasi lingkungan.
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri
– ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan
mahluk hidup yang ada dilingkungan setempat secara tertulis menggunakan
kosakata baku dalam kalimat efektif
SBdP --- Kompetensi Dasar (KD) :
3.1 Mengetahui unsur – unsur seni rupa
dalam karya dekoratif.
4.1 Membuat karya dekoratif
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
7. Dengan mengamati gambar siswa dapat
menentukan jenis perkembangan tumbuhan dengan tepat.
8. Dengan diskusi dengan orang tua
siswa dapat membuat laporan sederhana tentang jenis – jenis tumbuhan beserta
cara perkembanganya dengan benar.
9. Dengan mengamati gambar siswa dapat
mengetahui unsur yang ada dalam karya dekoratif dengan benar.
10. Dengan kerjasama dengan orang tua
siswa dapat membuat karya dekoratif dengan benar dan tanggung jawab .
C. LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Siswa berdoa sebelum belajar
Inti
·
Siswa mengamati gambar tentang beberapa tumbuhan beserta cara
perkembang biakannya di buku Tema 1 kelas 3 halaman 144.
·
Dengan pengawasan orang tua siswa mencari beberapa daun
kering.
·
Siswa mebuat laporan sederhana tentang daun kering
tersebut, meliputi nama tumbuhan beserta cara perkembang biakanya.
·
Siswa mengamati gambar cara membuat karya dekoratif
menggunakan daun kering di buku tema 1 kelas 3 halaman 148.
·
Siswa membuat karya dekoratif seperti pada contoh.
Penutup
Siswa menyimpan
hasil belajarnya pada stopmap.
Siswa berdoa
selesai kegiatan.
D. PENILAIAN
J. Penugasan
K. Portofolio
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (RPPJJ) (Disusun
Berdasarkan SE Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019) |
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester :
3 ( TIGA ) / 1
Tema : 1
Sub Tema : 4
Pembelajaran :
II
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (4 x 35 menit)
A. KOMPETENSI DASAR (KD)& INDIKATOR
Bahasa Indonesia -- Kompetensi Dasar (KD) :
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang
konsep ciri – ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan
perkembangan mahluk hidup yang ada dilingkungan setempat yang disajikan dalam
bentuk lisan, tulis, visual, dan eksplorasi lingkungan.
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri
– ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan
mahluk hidup yang ada dilingkungan setempat secara tertulis menggunakan
kosakata baku dalam kalimat efektif
PPKn --- Kompetensi Dasar (KD) :
3.4 Memahami makna bersatu dalam
keberagaman dilingkungan sekitar..
4.4 Menyajikan bentuk – bentuk kebersatuan
dalam keberagaman di lingkungan sekitar
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan membaca teks bacaan siswa
dapat mengetahui urutan siklus tumbuhan dengan benar.
2. Dengan mengerjakan soal siswa dapat
membuat laporan siklus tumbuhan dengan benar.
3. Dengan mengamati gambar siswa dapat mengetahui makna persatuan dengan
tepat.
4. Dengan mengerjakan soal siswa dapat
mengetahui betapa pentingnya persatuan.
C. LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Siswa berdoa sebelum belajar
Inti
·
Siswa mengamati gambar tentang siklus tumbuhan beserta cara
perkembang biakannya di buku Tema 1 kelas 3 halaman 154.
·
Siswa mengerjakan soal melengkapi siklus daur hidup tanaman
semangka
·
Siswa menuliskan dengan kalimat sederhana tentang siklus
dau hidup tanaman semangka.
·
Siswa membaca didampingi orang tua tentang perkembangan
tumbuhan dengan tunas halaman 156 buku tema 1 kelas 3.
·
Siswa memahami dan belajar mandiri tentang cara bermain
lompat bambu di halaman 158 buku tema 1 kelas 3.
·
Siswa mengerjakan latihan soal tentang pentingnya
persatuan.
Penutup
Siswa menyimpan
hasil belajarnya pada stopmap.
Siswa berdoa
selesai kegiatan.
D. PENILAIAN
L. Penugasan
M. Portofolio
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (RPPJJ) (Disusun
Berdasarkan SE Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019) |
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester :
3 ( TIGA ) / 1
Tema : 1
Sub Tema : 4
Pembelajaran :
III
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (4 x 35 menit)
A. KOMPETENSI DASAR (KD)& INDIKATOR
Bahasa Indonesia -- Kompetensi Dasar (KD) :
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang
konsep ciri – ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan
perkembangan mahluk hidup yang ada dilingkungan setempat yang disajikan dalam
bentuk lisan, tulis, visual, dan eksplorasi lingkungan.
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri
– ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan
mahluk hidup yang ada dilingkungan setempat secara tertulis menggunakan
kosakata baku dalam kalimat efektif
Matematika --- Kompetensi Dasar (KD) :
3.1 Menjelaskan sifat – sifat operasi
hitung pada bilangan cacah.
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan
penggunaan sifat – sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan membaca teks bacaan siswa
dapat mengetahui bunga sebagai bagian dari tumbuhan dengan benar.
2. Dengan berlatih soal siswa dapat
menjelaskan ciri – ciri tumbuhan dengan tepat.
3. Dengan bekerjasama dengan orang tua
siswa dapat mengetahui cara menyelsaikan operasi bilangan cacah dengan benar.
4. Dengan mengerjakan soal siswa dapat menyelesaikan
penggunaan operasi bilangan cacah.
C. LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Siswa berdoa sebelum belajar
Inti
·
Siswa membaca bacaan Bunga Nasional Indonesia di buku tema 1
kelas 3 halaman 161.
·
Siswa mengerjakan soal untuk mencari ciri – ciri bunga pada
tumbuhan
·
Siswa bersama orang tua memahami bagaimana cara penggunaan
pembagian di buku tema 1 kelas 3 halaman 165.
·
Siswa mengerjakan soal yang berkaitan dengan pembagian.
Penutup
Siswa menyimpan
hasil belajarnya pada stopmap.
Siswa berdoa
selesai kegiatan.
D. PENILAIAN
N. Penugasan
O. Portofolio
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP
JJ)
Satuan Pendidikan :
Kelas/Semester : III/I
Tema/Sub tema: Pertumbuhan dan
Perkembangan Makhluk Hidup/
Subtema :4 Pertumbuhan
dan Perkembangan Tumbuhan
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu :4 X 30 menit
Kompetensi Dasar:
PPKn : 3.4 Memahami makna bersatu dalam
keberagaman di lingkungan sekitar
4.4 Menyajikan bentuk- bentuk kebersatuan dalam keberagaman di
lingkungan sekitar
B.Ind: 3.4 Mencermati kosakata dalam teks
tentang konsep ciri – ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup),pertumbuhan,dan perkembangan
makhluk hidupyang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk
,tulisan,visual,dan/atau eksplorasi lingkungan
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri,kebutuhan(makanan dan
tempat hidup),pertumbuhan,dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan
setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif
I. Tujuan Pembelajaran
1.Setelah mengamati, siswa dapat
mengidentifikasi ide pokok dan informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan
perkembangan umbi dengan tepat
2. Setelah mengamati,siswa dapat
menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan
tumbuhan umbi dengan tepat.
3. Setelah mengamati,siswa dapat
menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan benar
4. Setelah mengamati,siswa dapat
menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu
kegiatan yang dilakukan di sekolah dengan benar
II. Langkah Kegiatan Pembelajaran
-
Siswa
bersiap untuk melakukan kegiatan belajar
-
Siswa
membaca bacaan ‘Perkembangbiakan Tumbuhan dengan Umbi’di buku siswa halaman 167
-
Siswa
menuliskan hasil perbandingan di tempat yang disediakan pada halaman 168
-
Siswa
berdiskusi untuk menyimpulkan bawang merah disebut umbi lapis pada kolom yang
tersedia
-
Dengan
bantuan orang tua/ anggota keluarga yang lain siswa mengerjakan tugas mengamati
tahapan perkembangbiakan bawang merah
-
Siswa
mengemas semua tugas yang dikerjakan
-
Siswa
membaca dan mematuhi pesan moral dan motivasi pada panduan belajar
III.Penilaian
A.
Bentuk
: Penugasan
B.
Instrumen
Penilaian : Lembar kerja pada buku siswa
C.
Rubrik
Penilaian : Terlampir
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP
JJ)
Satuan Pendidikan :
Kelas/Semester : III/I
Tema/Sub tema: Pertumbuhan dan
Perkembangan Makhluk Hidup/Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu :4 X 30 menit
Kompetensi Dasar
B.Ind: 3.4 Mencermati kosakata dalam teks
tentang konsep ciri – ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup),pertumbuhan,dan perkembangan
makhluk hidupyang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk
,tulisan,visual,dan/atau eksplorasi lingkungan
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep
ciri-ciri,kebutuhan(makanan dan tempat hidup),pertumbuhan,dan perkembangan
makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan
kosakata baku dalam kalimat efektif
MTK: 3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi
hitungpada bilangan cacah
4.1 Menyelesaikan
masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan
cacah
I. Tujuan Pembelajaran
1.Setelah mengamati, siswa dapat
mengidentifikasi ide pokok dan informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan
perkembangan tumbuhan spora dengan tepat
2. Setelah mengamati,siswa dapat
menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan
perkembangan tumbuhan spora dengan tepat.
3. Setelah mengamati,siswa dapat
menentukan hasil bagi dua bilangan cacah tanpa sisa dengan benar
4. Setelah mengamati contoh,siswa dapat
memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian dengan benar
II. Langkah Kegiatan Pembelajaran
-
Siswa
bersiap untuk melakukan kegiatan belajar
-
Siswa
membaca teks dialog ‘Perkembangbiakan Tumbuhan dengan Spora’di buku siswa
halaman 173
-
Siswa
menuliskan kata-kata baru yang ditemui pada kolom yang tersedia halaman 175 dan
mencari arti kata tersebut pada kamus
-
Siswa
berlatih membuat kalimat dari kata-kata baru yang ditemuinya
-
Dengan
bantuan orang tua/ anggota keluarga yang lain siswa mengerjakan tugas
menyelesaikan soal-soal pembagian sesuai contoh yang diberikan
-
Siswa
mengemas semua tugas yang dikerjakan
-
Siswa
membaca dan mematuhi pesan moral dan motivasi pada panduan belajar
III.Penilaian
D.
Bentuk
: Penugasan
E.
Instrumen
Penilaian : Lembar kerja pada buku siswa
F.
Rubrik
Penilaian : Terlampir
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP
JJ)
Satuan Pendidikan :
Kelas/Semester : III/I
Tema/Sub tema: Pertumbuhan dan
Perkembangan Makhluk Hidup/Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu :4 X 30 menit
Kompetensi Dasar:
PPKn : 3.4 Memahami makna bersatu dalam
keberagaman di lingkungan sekitar
4.4 Menyajikan bentuk- bentuk kebersatuan dalam keberagaman di
lingkungan sekitar
B.Ind: 3.4 Mencermati kosakata dalam teks
tentang konsep ciri – ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup),pertumbuhan,dan perkembangan
makhluk hidupyang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk
,tulisan,visual,dan/atau eksplorasi lingkungan
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri,kebutuhan(makanan dan
tempat hidup),pertumbuhan,dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan
setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif
I. Tujuan Pembelajaran
1.Setelah mengamati, siswa dapat
mengidentifikasi ide pokok dan informasi yang disajikan tentang perkembangbiakan tumbuhan dengan mencangkok
2. Setelah mengamati,siswa dapat
menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan
perkembangan tumbuhan yang berkembangbiak dengan cara mencangkok.
3. Setelah mengamati,siswa dapat
menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah dengan
benar
4. Setelah mengamati,siswa dapat
menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu
kegiatan yang dilakukan di sekolah dengan benar
II. Langkah Kegiatan Pembelajaran
-
Siswa
bersiap untuk melakukan kegiatan belajar
-
Siswa
membaca teks tentang proses mencangkok tanaman
-
Siswa
berlatih menyelesaikan latihan soal terkait proses pencangkokan pada buku siswa
halaman 181-182
-
Siswa
berdiskusi tentang berbagai kegiatan kerja sama yang biasa dilakukan di rumah
-
Dengan
bantuan orang tua/ anggota keluarga yang lain siswa mengerjakan tugas mengamati
tanaman hasil mencangkok
-
Siswa
mengemas semua tugas yang dikerjakan
-
Siswa
membaca dan mematuhi pesan moral dan motivasi pada panduan belajar
III.Penilaian
G.
Bentuk
: Penugasan
H.
Instrumen
Penilaian : Lembar kerja pada buku siswa
I.
Rubrik
Penilaian : Terlampir