RPP Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

 RPP Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Pembelajaran 1 sampai 6


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (RPPJJ)

 (Disusun Berdasarkan SE Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan            :  

Kelas / Semester               :  3 (Satu) / 1

Tema 1                              :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Sub Tema 1                       :  Ciri-ciri Makhluk Hidup

Pembelajaran                     :  1

Alokasi Waktu                  :  1 x Pertemuan (4 x 35 menit)

 

A.     KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru

KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah

KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)& INDIKATOR

Bahasa Indonesia  --  Kompetensi Dasar (KD) :

3.4          Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan. 

4.4  Menyajikan laporan tentang konsep cir-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.

Matematika  ---  Kompetensi Dasar (KD) :

3.1  Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah

4.1  Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

SBdP --- Kompetensi Dasar (KD) :

3.2  Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dan lagu

4.2  Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu

 

I.       TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Setelah mengamati, peserta didik dapat mengidentifikasikan bentuk pola irama sederhana dengan benar.

2.      Setelah mengamati, peserta didik dapat memembuat pola irama sederhana dengan benar.

3.      Setelah mengamati gambar, peserta didik dapat menyebutkan minimal 4 ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat

4.      Setelah membandingkan gambar, peserta didik dapat menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat

5.      Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, peserta didik dapat membilang secara urut bilangan 1.000 sampai 10.000 dengan benar

6.      Setelah mengamati contoh,  peserta didik dapat membilang dan menuliskan bilangan 1.000 sampai 10.000 secara panjang (sepuluh ribu, ribuan, ratusan, puluhan dan satuan)

 

II.      LANGKAH PEMBELAJARAN

 

1.       Guru mempelajari Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2018, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2018). Hal : 1-8

2.       Guru melakukan absensi peserta didik melalui group whatsap kelas 3

3.        Peserta didik berdoa sebelum memulai pelajaran agar kegiatan berjalan lancar

4.       Peserta didik bersiap untuk melakukan kegiatan belajar

5.       Peserta didik memberitahu pada orang tua bahwa hari ini ada tugas dari Bapak Guru

6.       Peserta didik membaca teks bacaan “Makhluk Hidup di Sekitar Kita” pada buku siswa halaman 1

7.       Peserta didik dikenalkan dengan lagu Cicak di Dinding

8.       Peserta didik mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada teks lagu

9.       Peserta didik mengamati tanda      (kotak pendek)        (kotak panjang) yang ada pada syair lagu

10.    Jika ada tanda      (kotak pendek) artinya menyanyi dengan bunyi pendek

11.    Jika ada tanda           (kotak panjang) artinya menyanyi dengan bunyi panjang

Misalnya : ci-cak-ci-cak-di-din-diiing

12.    Peserta didik menyelesaikan soal latihan pada buku siswa

13.    Peserta didik mengamati gambar cicak dan ikan pada buku siswa halaman : 4

14.    Peserta didik berdiskusi dengan orang tua tentang ciri-ciri makhluk hidup

15.    Peserta didik menyelesaikan soal latihan pada buku siswa halaman : 5

16.    Peserta didik membaca teks pada buku siswa halaman : 6 tentang nama dan lambang bilangan ribuan

17.    Peserta didik menyelesaikan soal latihan pada buku siswa halaman : 6-7

 

III.    PENILAIAN

A.    Bentuk                     : Penugasan

B.    Instrumen Penilaian : Lembar Kerja pada buku siswa

C.    Rubik Penilaian        : Terlampir

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (RPPJJ)

 (Disusun Berdasarkan SE Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan            :  

Kelas / Semester               :  3 (Satu) / 1

Tema 1                              :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Sub Tema 1                       :  Ciri-ciri Makhluk Hidup

Pembelajaran                     :  2

Alokasi Waktu                  :  1 x Pertemuan (4 x 35 menit)

 

A.     KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru

KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah

KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)& INDIKATOR

Bahasa Indonesia  --  Kompetensi Dasar (KD) :

3.4     Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan. 

4.4    Menyajikan laporan tentang konsep cir-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.

PPKn  ---  Kompetensi Dasar (KD) :

1.1         Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala bateng, dan padi kapas pada   lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.1         Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”

1.1         Memahami arti gambar lambang negara “Garuda Pancasila”

1.1         Menceriterakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”

PJOK --- Kompetensi Dasar (KD) :

3.1  Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

4.1    Mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

 

 

 

I.       TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Setelah mengamati gambar dan teks yang dibaca, peserta didik dapat menemukan kata/ istilah khusus tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat

2.      Setelah mengamati contoh, peserta didik dapat menyusun informasi lisan/tulis/visual tentang ciri-ciri makhluk hidup dalam bentuk kalimat efektif

3.      Setelah mengamati gambar, peserta didik dapat mempraktikkan prosedur berbagai gerakan jalan dengan benar

4.      Peserta didik berdiskusi dengan orang tua mengenai cara melakukan gerakan berjalan dan berlari dengan benar

5.      Setelah mengamati, peserta didik dapat menyebutkan makna simbol sila-sila Pancasila dengan benar

6.      Setelah membaca, peserta didik dapat menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama dengan benar

II.      LANGKAH PEMBELAJARAN

1.        Guru mempelajari Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2018, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2018). Hal : 9-21

2.        Guru melakukan absensi peserta didik melalui group whatsap kelas 3

3.        Peserta didik berdoa sebelum memulai pelajaran agar kegiatan berjalan lancar

4.        Peserta didik bersiap untuk melakukan kegiatan belajar

5.        Peserta didik memberitahu pada orang tua bahwa hari ini ada tugas dari Bapak/ibu Guru

6.        Peserta didik membaca teks pada buku siswa halaman 9-14,

7.        Setelah membaca teks, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup

8.        Peserta didik melengkapi tabel pada buku siswa halaman 13

9.        Peserta didik menyelesaikan soal latihan pada buku siswa halaman 15

10.    Peserta didik dibimbing orang tua untuk mempraktikkan variasi gerakan berjalan dan berlari dengan benar

11.    Pesrta didik membaca teks bacaan “Bersyukur pada Tuhan” pada buku siswa halaman 19

12.    Peserta didik menuliskan cara-cara bersyukur atas rahmat Tuhan berkaitan dengan karunia keragaman makhluk hidup dan alat geraknya

13.    Peserta didik menyelesaikan soal latihan pada buku siswa halaman 20

 

III.    PENILAIAN

D.    Bentuk                     : Penugasan

E.    Instrumen Penilaian : Lembar Kerja pada buku siswa

F.    Rubik Penilaian        : Terlampir

 

 

 


 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (RPPJJ)

 (Disusun Berdasarkan SE Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan            :  

Kelas / Semester               :  3 (Satu) / 1

Tema 1                              :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Sub Tema 1                       :  Ciri-ciri Makhluk Hidup

Pembelajaran                     :  3

Alokasi Waktu                  :  1 x Pertemuan (4 x 35 menit)

 

A.     KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru

KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah

KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)& INDIKATOR

Bahasa Indonesia  --  Kompetensi Dasar (KD) :

3.4     Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan. 

4.4    Menyajikan laporan tentang konsep cir-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.

Matematika  ---  Kompetensi Dasar (KD) :

3.1    Sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah

4.1   Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada  bilangan cacah    

SBdP --- Kompetensi Dasar (KD) :

3.2    Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu

4.2    Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu

 

I.       TUJUAN PEMBELAJARAN

1.             Setelah mengamati teks dan gambar, peserta didik dapat mengidentifikasikan ide pokok dari informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat

2.             Setelah mengamati teks dan gambar, peserta didik dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat

3.             Setelah mengamati contoh, peserta didik dapat menemukan nilai tempat sampai puluh ribuan dengan benar

4.             Setelah mengamati contoh, peserta didik dapat mengurutkan sekelompok bilangan yang diberikan antara 1.000 sampai 10.000 dengan benar

5.             Setelah mendengarkan penjelasan guru, peserta didik dapat mengidentifikasikan bentuk pola irama sederhana pada lagu “Anak Ayam” dengan benar

6.             Setelah mengamati contoh, peserta didik dapat memperagakan pola irama sederhana melalui kegiatan bernyanyi  lagu “Anak Ayam” dengan percaya diri

 

II.     LANGKAH PEMBELAJARAN

 

1.           Guru melakukan absensi peserta didik melalui group whatsap kelas 3

2.           Peserta didik berdoa sebelum memulai pelajaran agar kegiatan berjalan lancer

3.           Peserta didik bersiap untuk melakukan kegiatan belajar

4.           Peserta didik memberitahu pada orang tua bahwa hari ini ada tugas dari Bapak/ibu Guru

5.           Peserta didik mengamati ciri-ciri makhluk hidup pada gambar

6.           Peserta didik menuliskan hasil pengamatan pada tempat yang tersedia halaman : 23

7.           Peserta didik didampingi orang tua berlatih menyanyi lagu “Anak Ayam”

8.           Peserta didik mengidentifikasi jenis pola irama yang ada pada lagu “Anak Ayam” dengan cara memberi simbol bunyi panjang dan bunyi pendek pada syair lagu

9.           Peserta didik mengamati contoh suatu data hasil dari sebuah peternakan

10.       Peserta didik berlatih menyelesaikan soal latihan mengenai nama dan lambang bilangan pada buku siswa halaman : 29

 

III.    PENILAIAN

G.    Bentuk                     : Penugasan

H.   Instrumen Penilaian : Lembar Kerja pada buku siswa

I.      Rubik Penilaian        : Terlampir

 

 



 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPPJJ )

Satuan Pendidikan : 

 

Kelas / Semester  :  3/ 1

Tema / Sub tema  : 1. Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup/ 1. Ciri-ciri Makhluk Hidup.

Sub tema              : 1

Pembelajaran       : 4

Alokasi waktu      : 5 x 35 menit

 

Kompetensi Dasar :

Bahasa Indonesia :

3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang ciri-ciri makhluk hidup.

4.4 Menyajikan laporan tentang ciri-ciri makhluk hidup.

              

PPKn :

1.1 Menerima arti pada lambang negara ( Garuda Pancasila) sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”

3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”

4.1 menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”

I. Tujuan Pembelajaran:

1. Setelah membaca teks siswa dapat menemukan kata/ istilah khusus tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.

2. Dengan mengamati siswa dapat menceritakan kembali pokok –pokok informasi yang disajikan tentang ciri- ciri makhluk hidup dengan benar.

3. Setelah membaca siswa dapat menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama dengan benar.

4. Setelah mengamati contoh , siswa dapat menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan benar.

 

II. Langkah Pembelajaran

·         Siswa bersiap untuk melakukan kegiatan belajar

·         Siswa menbaca teks “Menjaga Kesehatan Tubuh” pada buku siswa halaman  35.

·         Dengan bantuan orang tua/ anggota keluarga yang lain siswa menulis,kembali informasi penting tentang ciri-ciri makhluk hidup yang terdapat dalam teks.

·         Siswa  mengemas semua tugas yang dikerjakan dalam map yang aman

·         Siswa membaca dan mematuhi pesan moral dan motivasi pada panduan belajar

III. Penilaian

A.    Bentuk: Penugasan

B.     Instrumen Penilaian :Lembar kerja pada buku siswa

C.     Rubrik Penilaian: Terlampir




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPPJJ )

 

Satuan Pendidikan   

Kelas / Semester          :  3 / 1

Tema / Sub tema          : 1. Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup/ 1. Ciri-ciri Makhluk Hidup.

Subtema                      : 1

Pembelajaran                : 5

Alokasi waktu               : 5 x 35 menit

 

Kompetensi Dasar :

PPkn :

1.1   Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

1.2   Bersikap jujur, peduli , kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”

1.3   Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”

1.4   Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”

Bahasa Indonesia :

3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada dilingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan . dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.

Matematika :

3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

I. Tujuan Pembelajaran:

1. Dengan mengamati siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.

2. Setelah mengamati siswa dapat menuliskan informasi tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan benar.

3. Setelah mengamati siswa dapat menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila pancasila yang pertama dengan benar.

4. Setelah mengamati siswa dapat menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar.

5. Setelah mengamati siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan dengan benar.

6. Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan soal cerita sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan tanpa menyimpan dengan benar.

 

II. Langkah Pembelajaran

·         Siswa bersiap untuk melakukan kegiatan belajar yang dijelaskan oleh Guru

·         Siswa mengamati gambar berseri pada buku siswa halaman 37

·         Setelah mengamati siswa diberi tugas untuk membuat cerita berdasarkan gambar berseri pada buku siswa halaman 37 secara individu

·         Dengan bimbingan orang tua/ anggota keluarga yang lain, siswa berdiskusi, menulis dan memperhatikan kembali gambar berseri pada buku siswa halaman 37 dan menjelaskan sebab “salah satu teman Udin jatuh sakit”

·         Siswa  mengemas semua tugas yang dikerjakan dalam map yang aman

·         Setelah menyelesaikan tugas sebelumnya, siswa diminta untuk membaca buku siswa halaman 40 tentang “Aturan sebelum Makan”

·         Setelah selesai membaca, siswa menuliskan kebiasaan yang dilakukan sebelum makan

·         Siswa diberi tugas untuk mengamati gambar dan membaca buku siswa halaman 42

·         Setelah mengamati siswa diminta untuk mengerjakan tugas pada buku siswa halaman 43 dan 44

·         Siswa membaca dan mematuhi pesan moral dan motivasi pada panduan belajar

 

III. Penilaian

A.    Bentuk                      : Penugasan

B.     Instrumen Penilaian  : Lembar kerja pada buku siswa

C.     Rubrik Penilaia         : Terlampir

 


 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPPJJ )

Satuan Pendidikan   

 

Kelas / Semester          :  3 / 1

Tema / Sub tema          : 1. Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup/ 1. Ciri-ciri Makhluk Hidup.

Subtema                      : 1

Pembelajaran              : 6

Alokasi waktu              : 5 x 35 menit

 

Kompetensi Dasar :

Matematika :

3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah

4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah

Bahasa Indonesia :

3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup) pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan

4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup) , pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif

SBdP :

3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu

4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu

I. Tujuan Pembelajaran:

1. Setelah mengamati, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan dengan benar

2. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.

3. Setelah mengamati, siswa dapat menuliskan informasi tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat

4. Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan arti penting bersyukur pada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama dengan benar

5. Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar

 

 

 

 

II. Langkah Pembelajaran

·         Siswa bersiap untuk melakukan kegiatan belajar yang dijelaskan oleh Guru

·         Siswa mengamati gambar berseri pada buku siswa halaman 45

·         Setelah mengamati siswa diberi tugas untuk mengingat, mengamati dan membaca kembali ciri-ciri makhluk hidup buku siswa halaman 45

·         Siswa mengamati gambar pada buku siswa halaman 46 dan 47, lalu menuliskan ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada gambar tersebut

·         Siswa juga diminta untuk membaca dan memahami buku siswa halaman 47 dan 48 yang berisi tentang cara bersyukur atas karunia yang diberikan oleh Tuhan YME, yang merupakan salah satu cara mengamalkan sila pertama Pancasila

·         Siswa diminta untuk menyelesaikan soal yang ada pada gambar ikan di buku siswa halaman 48

·         Setelah menyelesaikan soal, siswa diminta untuk mewarnai gambar ikan sesuai dengan petunjuk pada buku siswa halaman 49

·         Siswa  mengemas semua tugas yang dikerjakan dalam map yang aman

·         Siswa membaca dan mematuhi pesan moral dan motivasi pada panduan belajar

 

III. Penilaian

D.    Bentuk                      : Penugasan

E.     Instrumen Penilaian  : Lembar kerja pada buku siswa

F.      Rubrik Penilaian       : Terlampir

 

 


 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan   

 

Kelas/Semester            :  III/1

Tema                           : 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup/

Subtema                      : 2  .Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Pembelajaran              : 1

Alokasi waktu             : 3 x 30 menit

Kompetensi Dasar      :

Matematika

Bahasa Indonesia

3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada

bilangan cacah.

3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang

konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup),pertumbuhan, dan perkembangan

makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

4.1Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

4.1 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan

(makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan

setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.

 

A.    Tujuan Pembelajaran

1.      Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi perbedaan pertumbuhan dan perkembangan dengan tepat.

2.      Setelah membaca, siswa dapat menjelaskan perbedaan pertumbuhan dan                                                               perkembangan dengan tepat.

3.      Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi pertumbuhan dan perkembangan dirinya dengan tepat.

4.      Setelah mengamati, siswa dapat menuliskan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan dirinya dengan tepat.

5.      Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dengan benar.

6.      Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari terkait penjumlahan dengan benar

B.  .Langkah Kegiatan

·         Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari dan siwa menyiapkan peralatan belajarnya

·         Siswa mengamati gambar tentang pertumbuhan dan perkembangan manusia.

·         Siswa membaca teks yang ada pada Buku Siswa dan membaca bacaan di bawahnya

·         Siswa melakukan wawancara kepada orang tua tentang pertumbuhan dan perkembangan

·         Siswa mengingat kembali cara penyelesaian soal penjumlahan.

·         Siswa mengamati penjelasan tentang cara penyelesaian soal penjumlahan dengan nilai bilangan ribuan.

·         Siswa dikenalkan dengan cara penjumlahan dengan teknik menyimpan.

·         Siswa diberi tugas mengerjakan soal latihan pada buku tugas

·         Siswa menyimak motivasi yang diberikan guru

·         Siswa mengakhiri pelajaran jarak jauhnya setelah menyelelesaikan semua tugasnya  dan mengemasi peralatan belajarnya

 

C.  Penilaian:

a.       Penilaian Sikap                          : Lembar Observasi

b.      Penilaian Pengetahuan              : Tes

c.       Penilaian Keterampilan             : Unjuk Kerja

d.      Bentuk Instrumen Penilaian      : Terlampir

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan   

 Kelas/Semester            :  III/1

Tema                           : 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup/

Subtema                      :  2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Pembelajaran              : 2

Alokasi waktu             : 3 x 30 menit

Kompetensi Dasar      :

PPKN

PJOK

3.1 Memahami arti gambar

pada lambang negara

“Garuda Pancasila”.

 

3.1 Memahami kombinasi

gerak dasar lokomotor

sesuai dengan konsep

tubuh, ruang, usaha, dan

keterhubungan dalam

berbagai bentuk permainan

sederhana dan atau

tradisional.

4.1 Menceritakan arti gambar

pada lambang negara

“Garuda Pancasila”.

4.1 Mempraktikkan kombinasi

gerak dasar lokomotor

sesuai dengan konsep

tubuh, ruang, usaha, dan

keterhubungan dalam

berbagai bentuk permainan

sederhana dan atau

tradisional.

 

D.    Tujuan Pembelajaran

1.      Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi gerakan

merangkak dan berlari melalui permainan sederhana dengan benar.

2.      Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan merangkak dan berlari melalui permainan sederhana dengan benar.

3.      Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan manfaat bersatu dalam keberagaman di sekolah

4.      Setelah mengamati gambar, siswa dapat menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan di sekolah.

E.     Langkah Kegiatan

·         Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari dan siwa menyiapkan peralatan belajarnya

·         Siswa diajak bermain adu kecepatan berjalan merangkak dan berlari.

·         Siswa membaca teks tentang “Menghargai Perbedaan”.

·         Siswa berlatih menuliskan pendapatnya jika melihat perbedaan yang ada disekitar.

·         Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai pertambahan kekuatan tangan saat bayi dan sesudah besar.

·         Kuat dan lemah tenaga juga digunakan dalam melakukan gerak tangan pada sebuah tarian.

·         Siswa berlatih menunjukkan gerakan tangan sedang mendorong meja.

·         Lalu siswa mencoba menunjukkan gerakan tangan saat memegang kapas.

·         Siswa diberi tugas mengerjakan soal latihan pada buku tugas

·         Siswa menyimak motivasi yang diberikan guru

·         Siswa mengakhiri pelajaran jarak jauhnya setelah menyelelesaikan semua tugasnya  dan mengemasi peralatan belajarnya

 

F.   Penilaian:

e.       Penilaian Sikap                          : Lembar Observasi

f.        Penilaian Pengetahuan              : Tes

g.      Penilaian Keterampilan             : Unjuk Kerja

h.      Bentuk Instrumen Penilaian      : Terlampir

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan   

 Kelas/Semester            :  III/1

Tema                           : 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup/

Subtema                      :  2 .Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Pembelajaran              : 3

Alokasi waktu             : 3 x 30 menit

Kompetensi Dasar      :

Matematika

SBDP

3.1 Menjelaskan sifat-sifat

operasi hitung pada

bilangan cacah.

3.1 Mengetahui dinamika

gerak tari.

 

4.1 Menyelesaikan masalah

yang melibatkan

penggunaan sifat-sifat

operasi hitung pada

bilangan cacah.

 

4.1 Meragakan dinamika gerak

tari.

 

 

G.    Tujuan Pembelajaran

1.      Dengan melakukan kegiatan menari, siswa dapat mengidentifikasi gerak kuat dan lemah tangan dalam suatu tari dengan benar.

2.      Setelah mengamati contoh, siswa dapat memeragakan gerak kuat dan lemah tangan dalam suatu tari dengan percaya diri.

3.      Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi makanan yang baik untuk prose pertumbuhan dan perkembangan dengan tepat.

4.      Setelah membaca, siswa dapat menjelaskan pengaruh makanan pada proses pertumbuhan dan perkembangan dengan tepat.

5.      Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan teknik menyimpan dengan benar.

6.      Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari terkait penjumlahan teknik menyimpan dengan benar.

H.    Langkah Kegiatan

·         Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari dan siwa menyiapkan peralatan belajarnya

·         Siswa mengingat kembali gerakan tari yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

·         siswa diajak mempraktikkan gerakan tari yang digabungkan dengan sebuah nyanyian.

·         Siswa berlatih kembali untuk menyelesaikan soal penjumlahan dengan teknik menyimpan.

·         Siswa diberi tugas mengerjakan soal latihan pada buku tugas

·         Siswa menyimak motivasi yang diberikan guru

·         Siswa mengakhiri pelajaran jarak jauhnya setelah menyelelesaikan semua tugasnya  dan mengemasi peralatan belajarnya

 

I.     Penilaian:

i.        Penilaian Sikap                          : Lembar Observasi

j.        Penilaian Pengetahuan              : Tes

k.      Penilaian Keterampilan             : Unjuk Kerja

l.        Bentuk Instrumen Penilaian      : Terlampir



 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (RPPJJ)

(Disusun Berdasarkan SE Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan        :  

Kelas / Semester          :  3 ( TIGA ) / 1

Tema                          :  1

Sub Tema                   : 2 ( Pertumbuhan dan perkembangan manusia )

Pembelajaran               :  4

AlokasiWaktu               : 1 x Pertemuan (4 x 35 menit)

 

A.    KOMPETENSI DASAR (KD)& INDIKATOR

Bahasa Indonesia  --  Kompetensi Dasar (KD) :

3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri – ciri , kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembanganmahluk hidup yang ada dilingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan eksplorasi lingkungan.

4.4   Menyajikanlaporan tentang konsep ciri – ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembanganmahluk hidup yang ada dilingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif

PPKn--  Kompetensi Dasar (KD) :

1.1   Menerima arti bintang,rantai,pohon beringin,kepala banteng,padi dan kapas pada lambing negara “Garuda Pancasila”sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.1   Bersikap jujur,peduli,kasih saying,sesuai dengan sila sila pancasila dalam lambing Negara

3.1   Memahami arti Gambar pada lambing Negara

 

B.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Setelah membaca, siswa dapat  menjelaskan manfaat  makanan  pada  proses pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan benar.

2.       Setelah membaca, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang hubungan makanan dan kesehatan pada proses pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan tepat.

3.       Setelah   membaca,   siswa   dapat   mengidentifikasi  keberagaman   kebiasaan, kesukaan/hobi individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.

4.       Setalah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan benar.

5.       Setelah  mengamati  contoh,  siswa  dapat  menceritakan  pengalaman  adanya perbedaan  kebiasaan,  kesukaan/hobi  dalam  kehidupan  sehari-hari  di  rumah dengan benar.

 

 

C.    LANGKAH PEMBELAJARAN

Pendahuluan

  Siswa berdoa sebelum belajar

Inti

     Siswa membaca teks yang  ada pada buku.

      Siswa mendiskusikan mengenai  teks. Teks  menjelaskan mengenai pentingnya sarapan dengan makanan sehat sebelum pergi ke sekolah.

     Siswa berlatih menjawab latihan sesuai dengan teks yang  dibacanya.

     Siswa juga mengamati contoh sikap dalam menghadapi perbed

      Siswa menceritakan  makanan  kesukaannya. Mulai     dari   ciri-ciri,   rasa, bentuk, warna, dan alasannya.

 

Penutup

      Guru  dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.

       a.    Apa saja yang  sudah dipelajari pada hari ini?

b.   Bagaimana perasaan setelah melakukan kegiatan bermain kijang dan rusa?

c.   Apa kegiatan yang  paling disukai?

d.   Informasi apa yang  ingin diketahui lebih  lanjut?

e.    Bagaimana cara siswa mendapatkan informasi tersebut?

 

 

      Pertanyaan yang  diajukan guru dapat dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menuliskan jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku  tulis  khusus untuk refleksi.

 

 

D.    PENILAIAN

                     1.    Penilaian Sikap

Observasi selama kegiatan berlangsung (Lihat pedoman penilaian sikap).

2.    Penilaian Pengetahuan

 Menjawab pertanyaan sesuai teks bacaan.

Banyaknya soal sebanyak 7 buah

Nilai = (jawaban benar : 7) × 100

1)   Bermain tarik  tambang

2)   Karena Edo terjatuh

3)   Teman-teman membantu dan menghibur

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (RPPJJ)

 (Disusun Berdasarkan SE Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan        :  

Kelas / Semester          :  3 ( TIGA ) / 1

Tema                          :  1

Sub Tema                   : 2 ( Pertumbuhan dan perkembangan manusia )

Pembelajaran               :  5

AlokasiWaktu               : 1 x Pertemuan (4 x 35 menit)

 

A.    KOMPETENSI DASAR (KD)& INDIKATOR

Bahasa Indonesia  --  Kompetensi Dasar (KD) :

3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri – ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup yang ada dilingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan eksplorasi lingkungan.

4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri – ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup yang ada dilingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif

PPKn  ---  Kompetensi Dasar (KD) :

1.1. Menerima arti  bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

2.1   Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan

sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila.

3.1   Memahami arti  gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila.

3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.

3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

4.1   Menceritakan arti  gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila.

4.3 Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.

4.4     Menyajikan bentuk- bentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar

Matematika  ---  Kompetensi Dasar (KD) :

3.1   Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

4.1   Menyelesaikan masalah yang  melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

 

B.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Setelah  membaca,  siswa  dapat  menjelaskan  manfaat  olahraga  pada  proses pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan benar.

2.     Setelah membaca, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang pengaruh olahraga pada proses pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan tepat.

3.     Setelah   membaca,   siswa   dapat   mengidentifikasi  keberagaman   kebiasaan, kesukaan/hobi  olahraga setiap individu dalam kehidupan sehari-hari  di  rumah dengan benar.

4.     Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga setiap individu dalam kehidupan sehari-hari di  sekolah dengan benar.

5.     Setelah  mengamati  contoh,  siswa  dapat  menceritakan  pengalaman  adanya perbedaan kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.

6.     Setelah  mengamati  contoh,  siswa  dapat  menceritakan  pengalaman  adanya perbedaan kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan percaya diri.

7.     Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil pengurangan dengan teknik tanpa meminjam dengan benar.

8.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan soal cerita sehari- hari yang berkaitan dengan pengurangan dengan teknik meminjam dengan benar.

C.    LANGKAH PEMBELAJARAN

Pendahuluan

  Siswa berdoa sebelum belajar

Inti

        Kegiatan dilanjutkan dengan membandingkan perbedaan kesukaan antarteman dan cara menghargai perbedaan.

        Siswa menjawab pertanyaan tentang pentingnya menghargai perbedaan dan manfaat bekerja sama.

        pengurangan tanpa teknik meminjam

 

 

Penutup

  Siswa menyimpan hasil belajarnya pada stopmap.

  Siswa berdoa selesai kegiatan.

 

D.    PENILAIAN

1.    Penilaian Sikap

Observasi selama kegiatan berlangsung (Lihat pedoman penilaian sikap)

 

 

2.    Penilaian Pengetahuan

a.    Menyampaikan pendapat tentang cara menghargai perbedaan.

Banyaknya soal  3 buah.

Nilai = (jawaban benar : 3) × 100

Jawaban sangat beragam sesuai pendapat siswa.

b.   Mengidentifikasi jenis olahraga kesukaan minimal 5 teman.

Nilai maksimal 100.

Nilai = Jumlah benar × 20 = 100

Jawaban bisa beragam sesuai dengan kondisi siswa.

 

 



 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (RPPJJ)

 (Disusun Berdasarkan SE Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan        :  

Kelas / Semester          :  3 ( TIGA ) / 1

Tema                          :  1

Sub Tema                   : 2 ( Pertumbuhan dan perkembangan manusia )

Pembelajaran               :  6

AlokasiWaktu               : 1 x Pertemuan (4 x 35 menit)

 

A.    KOMPETENSI DASAR (KD)& INDIKATOR

Bahasa Indonesia  --  Kompetensi Dasar (KD) :

3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri – ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup yang ada dilingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan eksplorasi lingkungan.

4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri – ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup yang ada dilingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif

Matematika  ---  Kompetensi Dasar (KD) :

3.1 Menjelaskan sifat – sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

4.1Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat – sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

PPKn--  Kompetensi Dasar (KD) :

1.3       Mensyukuri keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

2.3       Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.

3.3       Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.

4.3       Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.

 

B.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.         Setelah mengamati  gambar,  siswa dapat  menjelaskan pentingnya tidur dalam proses pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan benar.

2.         Setelah mengamati gambar, siswa dapat menuliskan cerita tentang kebiasaan yang baik  sebelum tidur dengan benar.

3.         Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman kebiasaan berdoa setiap individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.

4.         Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman kebiasaan berdoa setiap individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan benar.

5.         Setelah  mengamati  contoh,  siswa  dapat  menceritakan  pengalaman  adanya perbedaan kebiasaan berdoa dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.

6.         Setelah  mengamati  contoh,  siswa  dapat  menceritakan  pengalaman  adanya perbedaan  kebiasaan berdoa dalam kehidupan sehari-hari  di  sekolah dengan percaya diri.

7.          Setelah mengamati, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan dengan benar.

8.         Setelah  mengamati,  siswa dapat  menyelesaikan soal   cerita  sehari-hari  yang berkaitan dengan penjumlahan tanpa menyimpan dengan benar.

 

C.    LANGKAH PEMBELAJARAN

Pendahuluan

  Siswa berdoa sebelum belajar

Inti

       Siswa mengamati gambar berseri yang  ada di buku.

     Siswa berlatih membuat cerita sesuai gambar.

     Gambar menunjukkan cerita tentang kegiatan Siti sebelum tidur.

      Tidur  termasuk  faktor yang   mempengaruhi perkembangan dan  pertumbuhan manusia.

Setiap hari badan kita  melakukan kegiatan. Tubuh  kita  menjadi lelah dan butuh istirahat. Salah satu cara istirahat tubuh kita  adalah tidur. Saat tidur badan terasa lebih  santai dan tidak tegang. Manusia juga mengalami pertumbuhan saat tidur. Oleh  karena itu, kita perlu tidur yang  cukup untuk kesehatan tubuh kita, tidur juga tidak boleh terlalu lama, karena membuat badan menjadi lemas dan tidak sehat. Ada hal  yang  dilakukan sebelum tidur. Mencuci kaki, menggosok gigi, dan berdoa. Cara berdoa setiap agama berbeda-beda. Kita harus menghargai perbedaan.

     Siswa mengamati cara berdoa setiap agama melalui gambar.

     Siswa berlatih menceritakan cara berdoa sesuai agama yang  dianutnya.

     Siswa menulis pada tempat yang  tersedia.

 

      Siswa mengingat kembali cara menyelesaikan soal  pengurangan dengan teknik meminjam.

     Siswa berlatih memasangkan soal  dengan jawaban.

 

 

Penutup

  Siswa menyimpan hasil belajarnya pada stopmap.

  Siswa berdoa selesai kegiatan.

 

D.    PENILAIAN

1.    Penilaian Sikap

Observasi selama kegiatan berlangsung (Lihat pedoman penilaian sikap).

 

 

2.    Penilaian Pengetahuan: tes  tertulis

Latihan soal  matematika.

Jumlah soal  4 nilai  masing-masing adalah 25. Nilai = jawaban benar × 25

 

 

Kunci jawaban ada pada langkah-langkah kegiatan

 


 


 

                                                 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPPJJ )

Satuan Pendidikan   

Kelas / Semester          :  III/ 1

Tema / Sub tema           :1. Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup/

Subtema                                 : 3. Pertumbuhan Hewan

Pembelajaran              : 1

Alokasi waktu                :

Kompetensi Dasar:

Bahasa Indonesia : 3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep cri-ciri,kebutuhan (makanan    dan tempat hidup) pertumbuhan,dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan,tulis,visual,dan atau eksplorasi lingkungan

                                  4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri,kebutuhan(makanan dan tempat hidup),pertumbuhan,dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif

Matematika : 3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah

                         4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung

                               Pada bilangan cacah 

 

I.     Tujuan Pembelajaran

1. Setelah mengamati gambar,siswa dapat menemukan kata/istilah yang berhubungan dengan pertumbuhan ayam dengan tepat

2. Setelah mengamati gambar,siswa dapat menjelaskan makna kata/istilah yang berhubungan dengan pertumbuhan ayam dengan tepat

3. Setelah mengamati contoh,siswa dapat menentukan hasil kali dua bilangan cacah dengan hasil sampai 1.000 dengan benar

4. Setelah mengamati contoh,siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benar

 

II.    Langkah Kegiatan Pembelajaran

1.       Guru menyapa siswa,menanyakan kabar,dan melakukan absensi peserta didik melalui grup Whatsapp Kelas III

2.       Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan

3.       Peserta didik  siap untuk melaksanakan kegiatan

4.       Peserta didik mengamati gambar pertumbuhan dan perkembangan hewan ayam pada buku siswa halaman 99 dengan didampingi orang tua

5.       Peserta didik membaca teks bacaan “Pertumbuhan Ayam” pada buku siswa halaman 99 dengan didampingi orang tua 

6.       Peserta didik diminta untuk menuliskan beberapa hewan yang memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan ayam

7.       Peserta didik menuliskan tahapan perkembangan ayam sesuai gambar yang diamatinya

8.       Peserta didik menyelesaikan soal perkalian dengan penjumlahan berulang

9.       Peserta didik menyelesaikan soal  yang melibatkan soal perkalian

10.  Peserta didik mengemas semua tugas yang dikerjakan

III.             Penilaian

G.    Bentuk: Penugasan

H.    Instrumen Penilaian :Lembar kerja pada buku siswa

 

 

 



 

                                                 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPPJJ )

Satuan Pendidikan : 

Kelas / Semester       :  III/ 1

Tema / Sub tema      : 1.Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup/

Subtema                    : 3.Pertumbuhan Hewan

Pembelajaran           : 2

Alokasi waktu         :

 

Kompetensi Dasar:

B.Ind : 3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri,kebutuhan(makanan dan tempat hidup),pertumbuhan,dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan,tuli,visual,dan atau eksplorasi lingkungan

4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri,kebutuhan (makanan dan tempat hidup),pertumbuhan,dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.

PPKn : 1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.4 Menampilkan sikap kerjasama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar

3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar

4.4 Menyajikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar

 

       I.            Tujuan Pembelajaran

1.      Setelah membaca,peserta didik dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan kucing dengan tepat

2.      Setelah membaca, peserta didik dapat menuliskan pokok-pokok informasi tentang pertumbuhan dan perkembangan kucing dengan tepat

3.      Setelah mengamati permainan,peserta didik dapat menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekolah dengan benar

4.      Setelah mengamati permainan,peserta didik dapat menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan yang dilakukan di lingkungan sekolah dengan benar

 

    II.            Langkah Kegiatan Pembelajaran

1.      Guru melakukan absensi peserta didik melalui grup whatsapp kelas 3.

2.      Peserta didik bersiap untuk melakukan kegiatan belajar.

3.      Peserta didik dibimbing orangtua untuk mengamati dan membaca teks yang berjudul “Pertumbuhan Kucing” pada buku siswa halaman 108 untuk mengetahui informasi tentang pertumbuhan kucing

4.      Peserta didik dibimbing orang tua mengerjakan buku siswa halaman 109 tentang bacaan yang berjudul pertumbuhan kucing.

5.      Peserta didik dapat menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekolah dengan benar dengan mengamati gambar permainan dalam buku siswa halaman 113

6.      Peserta didik menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan yang dilakukan di lingkungan sekolah dengan benar

7.                  Guru memberikan kesimpulan mengenai pembelajaran yang telah dilakukan melalui grup whatsapp kelas.

8.                  Guru memberikan motivasi kepada peserta didik untuk tetap semangat belajar dan  selalu menjaga kebersihan serta kesehatan.

 

 III.            Penilaian

1.      Bentuk: Penugasan

2.      Instrumen Penilaian :Lembar kerja pada buku siswa

 

 

 



 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPPJJ )

Satuan Pendidikan :             

Kelas / Semester  :  III/ 1

Tema / Sub tema  : 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhlik Hidup/3. Pertumbuhan Hewan

Pembelajaran       : 3

Alokasi waktu      :

 

Kompetensi Dasar:

B.Ind:  3.4  Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri,kebutuhan(makanan dan tempat hidup),pertumbuhan danperkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk liusan,tulis,visual,dan atau eksplorasi lingkungan

4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri,kebutuhan(makanan dan tempat hidup),pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif

Mtk:    3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah

4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah

       I.            Tujuan Pembelajaran

1.      Setelah mengamati teks,peserta didik  dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan ikan dengan tepat

2.      Setelah mengamati teks,peserta didik dapat menjelaskan makna kata/istilah yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan ikan dengan tepat

3.      Setelah mengamati contoh,peserta didik menentukan hasil kali dua bilangan cacah dengan hasil sampai 1.000 dengan benar

4.      Setelah mengamati contoh,siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benar

 

    II.            Langkah Kegiatan Pembelajaran

1.      Guru melakukan absensi peserta didik melalui grup whatsapp kelas 3.

2.      Peserta didik bersiap untuk melakukan kegiatan belajar.

3.      Peserta didik membaca teks tentang ciri-ciri ikan

4.      Peserta didik menuliskan lima informasi tentang jenis-jenis ikan dan ciri-cirinya

5.      Peserta didik menyelesaikan soal perkalian

6.      Peserta didik menyelesaikan soal latihan pada buku siswa halaman 120-121

 

 

 III.            Penilaian

A.  Bentuk: Penugasan

B.  Instrumen Penilaian :Lembar kerja pada buku siswa

 



 

 

                                                 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Satuan Pendidikan     

Kelas / Semester           :  3 /1

Tema                             : 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Sub Tema                      : 2  Pertumbuhan Hewan

Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, PPkN,

Pembelajaran ke           :  4

Alokasi waktu                :  1 X Pertemuan

 

 

KOMPETENSI DASAR

Bahasa Indonesia

3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

 

4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.

PPKn

1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.4 Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

 

3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

4.4 Menyajikan bentukbentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Setelah membaca dengan bimbingan orang tua sesuai petunjuk guru, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan kupu-kupu dengan tepat.
  2. Setelah membaca, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan kupu-kupu dengan tepat.
  3. Setelah mengamati bacaan tentang permainan dengan bimbingan orang tua sesuai petunjuk dari guru, siswa dapat memberikan saran sebagai pemahaman arti  bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan benar.
  4. Setelah mengamati  bacaan permainan, siswa dapat menceritakan memberikan saran sebagai pemahaman arti  bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan benar.

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pembukaan

1.      Berdoa sebelum belajar

2.      Orang tua memberi petunjuk belajar hari ini sesuai dengan petunjuk dari guru.

Kegiatan Inti

  1. Siswa membaca teks tentang pertumbuhan dan perkembangan kupu-kupu.
  2. Siswa mengamati gambar daur hidup kupu-kupu
  3. Siswa mendengarkan tahapan dan proses yang terjadi selama daur hidup kupu-kupu dari penjelasan orang tua sesuai petunjuk guru..
  4. Siswa menuliskan tahapan perkembangan/daur hidup kupu-kupu dengan bahasanya sendiri.
  5. Siswa membaca dengan bimbingan orang tua tentang permainan.
  6. Orang tua menjelaskan cara memberikan saran tentang pentingnya persatuan.
  7. Siswa berlatih dengan bimbingan orang tua untuk membuat saran tentang pentingya persatuan.

Kegiatan Penutup

  1. Berdoa setelah belajar
  2. Menyimpan LK dalam map

PENILAIAN

  1. Bentuk: Penugasan
  2. Instrumen Penilaian :Lembar kerja pada buku siswa

 

 

 


 

                                                 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Satuan Pendidikan     

Kelas / Semester           :  3 /1

Tema                             :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)

Sub Tema                      :  Pertumbuhan Hewan (Sub Tema 3)

Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, PPKn,Matematika

Pembelajaran ke           :  5

Alokasi waktu                :  1 X Pertemuan

 

KOMPETENSI DASAR

Bahasa Indonesia

3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

 

4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.

PPKn

1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.4 Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

4.4 Menyajikan bentukbentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

MATEMATIKA

3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Setelah membaca,dan penjelasan dari orang tua sesuai petunjuk guru siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan katak dengan tepat.
  2. Setelah membaca, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan katak dengan dibimbing oleh orang tua sesuai petunjuk guru
  3. Setelah mengamati gambar, siswa dapat memberikan saran sebagai pemahaman arti  bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan benar.
  4. Setelah mengamati contoh siswa dapat menceritakan memberikan saran sebagai pemahaman arti  bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan benar.
  5. Setelah mengamati contoh,dan penjelasan dari orang tua sesuai petunjuk guru siswa dapat menentukan hasil kali dua bilangan cacah dengan hasil sampai 1000 dengan benar.
  6. Setelah mengamati contoh, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benardengan bimbingan orang tua sesuai petunjuk guru

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pembukaan

3.      Berdoa sebelum belajar

4.      Orang tua memberi petunjuk belajar hari ini sesuai dengan petunjuk dari guru.

Kegiatan Inti

  1. Siswa mengamati gambar daur hidup katak.
  2. Siswa membaca teks tentang daur hidup katak dengan bimbingan orang tua
  3. Selain kupu-kupu, katak juga memiliki 4 tahapan daur hidup. Mulai dari telur, berudu, katak muda sampai katak dewasa. Katak mengalami perubahan bentuk yang sangat berbeda. Daur hidup katak dimulaidari telur. Telur berubah menjadi berudu. Berudu kemudian berubah menjadi katak muda yang memiliki ekor. Katak muda kemudian berkembang menjadi katak dewasa yang dijelaskan oleh orang tua sesuai petunjuk guru.
  4. Katak termasuk hewan yang ditakuti beberapa anak.
  5. Terkadang ada siswa yang suka menggoda teman lainnya menggunakan kedua hewan tersebut.
  6. Pentingnya untuk saling menyayangi dan menghargai, agar dapat berteman dengan baik dan disukai semua teman.
  7. Siswa berlatih menuliskan saran tentang hal tersebut.
  8. Siswa berlatih menyampaikan saran dengan dibimbing oleh orang tua
  9. Orang tua menjelaskan masalah perkalian sesuai dengan petunjuk guru.
  10. Siswa berlatih menyelesaikan soal perkalian dengan bimbingan orang tua

» 7 × 130 = 910

» 4 × 300 = 1.200

  1. Siswa berlatih membuat soal cerita dengan bimbingan orang tua.

Kegiatan Penutup

  1. Berdoa setelah belajar
  2. Menyimpan LK dalam map

PENILAIAN

  1. Bentuk: Penugasan
  2. Instrumen Penilaian :Lembar kerja pada buku siswa

 

 


 

 

                                                 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Satuan Pendidikan     

Kelas / Semester           :  3 /1

Tema                             :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)

Sub Tema                      :  Pertumbuhan Hewan (Sub Tema 3)

Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, PPKn,Matematika

Pembelajaran ke           : 6

Alokasi waktu                :  1 X Pertemuan

 

KOMPETENSI DASAR

Bahasa Indonesia

3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

 

4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.

PPKn

1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.4 Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

4.4 Menyajikan bentukbentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

MATEMATIKA

3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Setelah membaca,dan mendapat penjelasan dari orang tua sesuai petunjuk guru, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan nyamuk dengan tepat.

2.    Setelah membaca, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan dalam sebuah poster tentang pertumbuhan dan perkembangan nyamuk dengan tepat.

3.    Setelah mengamati gambar,dan mendapat penjelasan dari orang tua sesuai petunjuk guru, siswa dapat memberikan saran sebagai pemahaman arti  bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar dengan bahasa yang santun.

4.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menceritakan pengalaman memberikan saran sebagai pemahaman arti  bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar dengan bahasa yang santun.

5.    Setelah mengamati contoh,dan penjelasan orang tua sesuai petunjuk guru, siswa dapat menentukan hasil kali dua bilangan cacah dengan hasil sampai 1000 dengan benar.

6.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang

melibatkan perkalian dengan benar.

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pembukaan

5.      Berdoa sebelum belajar

6.      Orang tua memberi petunjuk belajar hari ini sesuai dengan petunjuk dari guru.

Kegiatan Inti

  1. Siswa membaca teks yang ada pada buku.
  2. Siswa berdiskusi dengan orang tua tentang berbagai penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.
  3. Siswa berdikusi dengan orang tua tentang cara dan tempat nyamuk berkembang biak.
  4. Siswa berdiskusi dengan orang tua  cara menjaga lingkungan untuk mencegah berbagai penyakit yang disebabkan nyamuk.
  5. Diskusikan bersama orang tuamu hal berikut :

Ø  Gambar daur hidup nyamuk.

Ø  Jenis nyamuk dan bahayanya.

Ø  Cara pencegahan perkembangbiakan nyamuk.

( SESUAI YANG ADA PADA BUKU SISWA)

Ø  Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi masalah penyebaran penyakit demam berdarah

  1. Menjaga lingkungan adalah tugas kita semua. Kita harus saling mengingatkan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan agar dapat hidup nyaman dan sehat. Namun apabila kita ingin menyampaikan pesan harus dilakukan dengan sikap yang baik dan bahasa yang santun.
  2. Siswa melanjutkan kegiatan untuk berlatih memberi saran pada tetangga tentang menjaga kebersihan
  3. Siswa berlatih menyelesaikan soal perkalian.

 

Kegiatan Penutup

  1. Berdoa setelah belajar
  2. Menyimpan LK dalam map

PENILAIAN

  1. Bentuk: Penugasan
  2. Instrumen Penilaian :Lembar kerja

 



 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (RPPJJ)

 (Disusun Berdasarkan SE Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan        :  

Kelas / Semester          :  3 ( TIGA ) / 1

Tema                          :  1

Sub Tema                   : 4

Pembelajaran               :  1

Alokasi Waktu              : 1 x Pertemuan (4 x 35 menit)

 

A.    KOMPETENSI DASAR (KD)& INDIKATOR

Bahasa Indonesia  --  Kompetensi Dasar (KD) :

3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri – ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup yang ada dilingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan eksplorasi lingkungan.

4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri – ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup yang ada dilingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif

SBdP  ---  Kompetensi Dasar (KD) :

3.1 Mengetahui unsur – unsur seni rupa dalam karya dekoratif.

4.1 Membuat karya dekoratif

B.    TUJUAN PEMBELAJARAN

7.    Dengan mengamati gambar siswa dapat menentukan jenis perkembangan tumbuhan dengan tepat.

8.    Dengan diskusi dengan orang tua siswa dapat membuat laporan sederhana tentang jenis – jenis tumbuhan beserta cara perkembanganya dengan benar.

9.    Dengan mengamati gambar siswa dapat mengetahui unsur yang ada dalam karya dekoratif dengan benar.

10. Dengan kerjasama dengan orang tua siswa dapat membuat karya dekoratif dengan benar dan tanggung jawab .

 

C.    LANGKAH PEMBELAJARAN

Pendahuluan

  Siswa berdoa sebelum belajar

Inti

·         Siswa mengamati gambar tentang beberapa tumbuhan beserta cara perkembang biakannya di buku Tema 1 kelas 3 halaman 144.

·         Dengan pengawasan orang tua siswa mencari beberapa daun kering.

·         Siswa mebuat laporan sederhana tentang daun kering tersebut, meliputi nama tumbuhan beserta cara perkembang biakanya.

·         Siswa mengamati gambar cara membuat karya dekoratif menggunakan daun kering di buku tema 1 kelas 3 halaman 148.

·         Siswa membuat karya dekoratif seperti pada contoh.

Penutup

  Siswa menyimpan hasil belajarnya pada stopmap.

  Siswa berdoa selesai kegiatan.

 

D.    PENILAIAN

J.      Penugasan

K.    Portofolio

 

 



 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (RPPJJ)

 (Disusun Berdasarkan SE Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan        :  

Kelas / Semester          :  3 ( TIGA ) / 1

Tema                          :  1

Sub Tema                   : 4

Pembelajaran               :  II

Alokasi Waktu              : 1 x Pertemuan (4 x 35 menit)

 

A.    KOMPETENSI DASAR (KD)& INDIKATOR

Bahasa Indonesia  --  Kompetensi Dasar (KD) :

3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri – ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup yang ada dilingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan eksplorasi lingkungan.

4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri – ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup yang ada dilingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif

PPKn  ---  Kompetensi Dasar (KD) :

3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman dilingkungan sekitar..

4.4 Menyajikan bentuk – bentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar

B.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Dengan membaca teks bacaan siswa dapat mengetahui urutan siklus tumbuhan dengan benar.

2.    Dengan mengerjakan soal siswa dapat membuat laporan siklus tumbuhan dengan benar.

3.    Dengan mengamati gambar  siswa dapat mengetahui makna persatuan dengan tepat.

4.    Dengan mengerjakan soal siswa dapat mengetahui betapa pentingnya persatuan.

 

C.    LANGKAH PEMBELAJARAN

Pendahuluan

  Siswa berdoa sebelum belajar

Inti

·         Siswa mengamati gambar tentang siklus tumbuhan beserta cara perkembang biakannya di buku Tema 1 kelas 3 halaman 154.

·         Siswa mengerjakan soal melengkapi siklus daur hidup tanaman semangka

·         Siswa menuliskan dengan kalimat sederhana tentang siklus dau hidup tanaman semangka.

·         Siswa membaca didampingi orang tua tentang perkembangan tumbuhan dengan tunas halaman 156 buku tema 1 kelas 3.

·         Siswa memahami dan belajar mandiri tentang cara bermain lompat bambu di halaman 158 buku tema 1 kelas 3.

·         Siswa mengerjakan latihan soal tentang pentingnya persatuan.

Penutup

  Siswa menyimpan hasil belajarnya pada stopmap.

  Siswa berdoa selesai kegiatan.

 

D.    PENILAIAN

L.    Penugasan

M.   Portofolio

 

 


 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (RPPJJ)

 (Disusun Berdasarkan SE Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan        :  

Kelas / Semester          :  3 ( TIGA ) / 1

Tema                          :  1

Sub Tema                   : 4

Pembelajaran               :  III

Alokasi Waktu              : 1 x Pertemuan (4 x 35 menit)

 

A.    KOMPETENSI DASAR (KD)& INDIKATOR

Bahasa Indonesia  --  Kompetensi Dasar (KD) :

3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri – ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup yang ada dilingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan eksplorasi lingkungan.

4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri – ciri , kebutuhan ( makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup yang ada dilingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif

Matematika  ---  Kompetensi Dasar (KD) :

3.1 Menjelaskan sifat – sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat – sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

B.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Dengan membaca teks bacaan siswa dapat mengetahui bunga sebagai bagian dari tumbuhan dengan benar.

2.    Dengan berlatih soal siswa dapat menjelaskan ciri – ciri tumbuhan dengan tepat.

3.    Dengan bekerjasama dengan orang tua siswa dapat mengetahui cara menyelsaikan operasi bilangan cacah dengan benar.

4.    Dengan mengerjakan soal siswa dapat menyelesaikan penggunaan operasi bilangan cacah.

 

C.    LANGKAH PEMBELAJARAN

Pendahuluan

  Siswa berdoa sebelum belajar

Inti

·         Siswa membaca bacaan Bunga Nasional Indonesia di buku tema 1 kelas 3 halaman 161.

·         Siswa mengerjakan soal untuk mencari ciri – ciri bunga pada tumbuhan

·         Siswa bersama orang tua memahami bagaimana cara penggunaan pembagian di buku tema 1 kelas 3 halaman 165.

·         Siswa mengerjakan soal yang berkaitan dengan pembagian.

Penutup

  Siswa menyimpan hasil belajarnya pada stopmap.

  Siswa berdoa selesai kegiatan.

 

D.    PENILAIAN

N.   Penugasan

O.   Portofolio

 



 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP JJ)

Satuan Pendidikan : 

Kelas/Semester : III/I

Tema/Sub tema: Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup/

Subtema            :4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Pembelajaran : 4

Alokasi Waktu :4 X 30 menit

 

Kompetensi Dasar:

PPKn : 3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar

            4.4 Menyajikan bentuk- bentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar

B.Ind: 3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri – ciri, kebutuhan (makanan dan   tempat hidup),pertumbuhan,dan perkembangan makhluk hidupyang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk ,tulisan,visual,dan/atau eksplorasi lingkungan

           4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri,kebutuhan(makanan dan tempat hidup),pertumbuhan,dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif

I. Tujuan Pembelajaran

1.Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dan informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan umbi dengan tepat

2. Setelah mengamati,siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan umbi dengan tepat.

3. Setelah mengamati,siswa dapat menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan benar

4. Setelah mengamati,siswa dapat menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan yang dilakukan di sekolah dengan benar

 

II. Langkah Kegiatan Pembelajaran

-          Siswa bersiap untuk melakukan kegiatan belajar

-          Siswa membaca bacaan ‘Perkembangbiakan Tumbuhan dengan Umbi’di buku siswa halaman 167

-          Siswa menuliskan hasil perbandingan di tempat yang disediakan pada halaman 168

-          Siswa berdiskusi untuk menyimpulkan bawang merah disebut umbi lapis pada kolom yang tersedia

-          Dengan bantuan orang tua/ anggota keluarga yang lain siswa mengerjakan tugas mengamati tahapan perkembangbiakan bawang merah

-          Siswa mengemas semua tugas yang dikerjakan

-          Siswa membaca dan mematuhi pesan moral dan motivasi pada panduan belajar

III.Penilaian

A.    Bentuk : Penugasan

B.     Instrumen Penilaian  : Lembar kerja pada buku siswa

C.     Rubrik Penilaian : Terlampir

  



 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP JJ)

Satuan Pendidikan : 

Kelas/Semester : III/I

Tema/Sub tema: Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup/Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Pembelajaran : 5

Alokasi Waktu :4 X 30 menit

 

Kompetensi Dasar

B.Ind: 3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri – ciri, kebutuhan (makanan dan   tempat hidup),pertumbuhan,dan perkembangan makhluk hidupyang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk ,tulisan,visual,dan/atau eksplorasi lingkungan

 4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri,kebutuhan(makanan dan tempat hidup),pertumbuhan,dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif

MTK: 3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitungpada bilangan cacah

4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah

I. Tujuan Pembelajaran

1.Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dan informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan spora dengan tepat

2. Setelah mengamati,siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan spora dengan tepat.

3. Setelah mengamati,siswa dapat menentukan hasil bagi dua bilangan cacah tanpa sisa dengan benar

4. Setelah mengamati contoh,siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian dengan benar

 

II. Langkah Kegiatan Pembelajaran

-          Siswa bersiap untuk melakukan kegiatan belajar

-          Siswa membaca teks dialog ‘Perkembangbiakan Tumbuhan dengan Spora’di buku siswa halaman 173

-          Siswa menuliskan kata-kata baru yang ditemui pada kolom yang tersedia halaman 175 dan mencari arti kata tersebut pada kamus

-          Siswa berlatih membuat kalimat dari kata-kata baru yang ditemuinya

-          Dengan bantuan orang tua/ anggota keluarga yang lain siswa mengerjakan tugas menyelesaikan soal-soal pembagian sesuai contoh yang diberikan

-          Siswa mengemas semua tugas yang dikerjakan

-          Siswa membaca dan mematuhi pesan moral dan motivasi pada panduan belajar

III.Penilaian

D.    Bentuk : Penugasan

E.     Instrumen Penilaian  : Lembar kerja pada buku siswa

F.      Rubrik Penilaian : Terlampir

 

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP JJ)

Satuan Pendidikan : 

Kelas/Semester : III/I

Tema/Sub tema: Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup/Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Pembelajaran : 6

Alokasi Waktu :4 X 30 menit

 

Kompetensi Dasar:

PPKn : 3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar

            4.4 Menyajikan bentuk- bentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar

B.Ind: 3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri – ciri, kebutuhan (makanan dan   tempat hidup),pertumbuhan,dan perkembangan makhluk hidupyang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk ,tulisan,visual,dan/atau eksplorasi lingkungan

           4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri,kebutuhan(makanan dan tempat hidup),pertumbuhan,dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif

I. Tujuan Pembelajaran

1.Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dan informasi yang disajikan tentang  perkembangbiakan tumbuhan dengan mencangkok

2. Setelah mengamati,siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yang berkembangbiak dengan cara mencangkok.

3. Setelah mengamati,siswa dapat menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah dengan benar

4. Setelah mengamati,siswa dapat menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan yang dilakukan di sekolah dengan benar

 

II. Langkah Kegiatan Pembelajaran

-          Siswa bersiap untuk melakukan kegiatan belajar

-          Siswa membaca teks tentang proses mencangkok tanaman

-          Siswa berlatih menyelesaikan latihan soal terkait proses pencangkokan pada buku siswa halaman 181-182

-          Siswa berdiskusi tentang berbagai kegiatan kerja sama yang biasa dilakukan di rumah

-          Dengan bantuan orang tua/ anggota keluarga yang lain siswa mengerjakan tugas mengamati tanaman hasil mencangkok

-          Siswa mengemas semua tugas yang dikerjakan

-          Siswa membaca dan mematuhi pesan moral dan motivasi pada panduan belajar

III.Penilaian

G.    Bentuk : Penugasan

H.    Instrumen Penilaian  : Lembar kerja pada buku siswa

I.        Rubrik Penilaian : Terlampir

           

Demikian apa yang dapat kami sampaiakan tentang RPP Kelas 3 Tema 1 Sub Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup