Format RPP 1[Satu] Lembar Terbaru

Format RPP 1(Satu) lembar terbaru sesuai surat edaran Kemendikbud  No 14 Tahun 2019.
Pada tahun 2019 lalu,  Nadiem Makarim menjelaskan beberapa permasalahan yang terjadi pada guru khususnya pada pengadministrasian guru dalam kegiatan belajar mengajar.

format rpp 1 lembar sesuai surat edaran kemdikbud

Salah satu satu yang menjadi point penting dari hal ini yaitu menyederhanakan RPP yang dulunya beberapa lembar dengan seabrek ini itu kini diringkas menjadi satu lembar saja, dengan tidak meningkalkan inti atau tujuan pembelajaran pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Seperti inilah format RPP 1(Satu) lembar
Model Format RPP Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. ....................................
Nama Satuan Pendidikan : .........................................................................................................
Mata Pelajaran/Tema : ...............................................................................................................
Kelas/Semester : IV/Ganjil : ......................................................................................................
Materi Pokok : ...........................................................................................................................
Alokasi Waktu : ..........................................................................................................................

1. Tujuan Pembelajaran ...............................................................................................................

2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
2.1. Alat dan Bahan
2.1.1. Alat : ..................................................................................................................................
2.1.2. Bahan : ...............................................................................................................................
2.1.3. Pertanyaan ..........................................................................................................................

2.2. Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku ...................................................

2.3. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu .....................................................

2.4. Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
2.4.1. Keseimpulan Pembelajaran ...............................................................................................
2.4.2. Penilaian ................................. ..........................................................................................

                                                                                              Kota, ...................................
Mangetahui
Kepala Madrasah                                                                    Guru Mata Pelajaran/Kelas




......................................                                                         .........................................
NIP                                                                                         NIP


*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.


Nama Satuan Pendidikan diisi dengan Nama Madrasah Tau Sekolah
Mata Pelajaran diisi sesuai dengan tema atau mata pelajaran yang dipelajari
Kelas/Semester diisi dengan semeter tahun ajaran yang sedang berlangsung
Materi/Pokok diisi degan materi pembelajaran sesuai tema atau mata pelajaran
Alokasi waktu diisi dengan berapa kali tatap muka

Tuujuan Pembelajaran diisi dengan apa yang akan dicapai dalam kegiatan belajar mengajar dalam lingkup tema atau materi tersebut

Alat dan bahan diisi sesuai dengan kebutuhan materi pembelajaran pada saat itu

Pertanyaan diisi dengan pertanyaan yang berehubungan dengan matei pembelajaran yangs edang dipelajari

Siswa berlatih mengejakan halaman buku diisi  dengan tugas yang harus dikerjakan siswa bisa menggunakan LKS atau soal sendiri

Mempresentasikan hasil kerja diisi dengan perwakilan atau seluruh siswa mempresentasikan hasil kerjanya berdasarkan materi atau tema yang sedang dipelajari

Menyimpulkan hasil pembelajaran diisi dengan kesimpulan hasil pembelajaran pada saat itu, berapa persen siswa dapat menagkap materi, apakah harus diulang atau lanjut

Demikian apa yang dapat kami sampaikan mengenai RPP 1(satu) lembar sesuai surat edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019